Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Denmark Melarang Sekolah Menggunakan Google Workspace dan Chromebook

Google Workspace. (Google)

Kelasmekanik.com – Denmark telah mengadopsi kebijakan yang melarang penggunaan layanan Google di sekolah. Ini termasuk perangkat Google Workspace dan Chromebook.

Kebijakan pemblokiran di Denmark diterapkan karena risiko yang terkait dengan data pribadi yang dikelola oleh Google.

Awalnya, otoritas perlindungan data Denmark, Datatilsinet, menemukan bahwa layanan berbasis cloud Google (termasuk Gmail, Google Documents, Kalender, dan Google Drive) tidak memenuhi persyaratan dan pedoman privasi data EU GDPR.

Meskipun disimpan di salah satu database Google di Uni Eropa, persyaratan layanan Google memungkinkan data tersebut ditransfer ke negara lain untuk tujuan dukungan, kata mereka.

Laptop Chromebook dan ekstensi Google Workspace saat ini digunakan di sekolah-sekolah di seluruh Denmark. Namun keputusan Datatilcinet hanya mempengaruhi kota Helsingor.

ASUS Chromebook Flip C214.  (asus)
ASUS Chromebook Flip C214. (asus)

Meski kebijakan ini hanya berlaku di satu kota, Datatilsinet tidak memungkiri bahwa kebijakan yang sama juga berlaku di kota-kota lain di Denmark. Mereka juga memberi sekolah batas waktu 3 Agustus untuk menghapus data pengguna.

UE sendiri telah mengusulkan pembatasan aliran data dari kawasan ke AS, yang dikenal sebagai EU-US Privacy Shield.

Untuk itu, raksasa teknologi seperti Google tidak boleh sembarangan mentransfer data pengguna di Uni Eropa ke kantor pusat Google di Amerika Serikat.

Sebagai tanggapan, juru bicara Google mengatakan bahwa itu hanya memproses data siswa sesuai dengan ketentuan kontrak antara kedua belah pihak. Ini juga memastikan bahwa data siswa di layanan Workspace for Education tidak pernah digunakan untuk iklan atau tujuan komersial lainnya.

Organisasi independen telah mengaudit layanan kami, dan kami terus meninjau praktik kami untuk mempertahankan tingkat keamanan dan kepatuhan setinggi mungkin.kata Google, seperti dikutip TechCrunch, Selasa (19/7/2022).

Kebijakan Denmark itu adalah melarang penggunaan layanan Google di sekolah. Termasuk memblokir perangkat Google Workspace dan Chromebook. (Suara.com/Dicky Prastya).


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news