Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 tips mengatasi jaringan WiFi lemot, perhatikan pemasangan router

Ada beberapa penyebab jaringan WiFi lemot, simak tiga tips berikut ini.

TP-Link Archer AX10. (TP-Link)

Kelasmekanik.com – Pernahkah Anda mengalami jaringan WiFi yang lemot yang berdampak pada koneksi internet yang bermasalah? Sumber masalahnya mungkin ada di router yang rusak. Dirangkum oleh tim HiTekno.com dari rilis resmi TP-Link, berikut tiga tips mengatasi jaringan WiFi yang lemot.

Internet sekarang menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Dengan kemajuan teknologi, orang didorong untuk melakukan berbagai tugas untuk mendukung produktivitas kerja melalui Internet.

Oleh karena itu, saat ini WiFi menjadi salah satu alat yang paling dibutuhkan oleh seluruh masyarakat sebagai solusi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Namun tidak dapat disangkal bahwa ada masalah lain yang dihadapi masyarakat, koneksi WiFi yang lambat berdampak negatif pada produktivitas kerja. Menurut hasil survei Speedtest Global Index yang dilakukan pada Desember 2021, Indonesia menempati peringkat ke-115 dari 138 negara sebagai negara dengan kecepatan internet terendah di Asia Tenggara.

Ada banyak penyebab yang menyebabkan jaringan Wi-Fi lambat, baik faktor internal seperti kerusakan perangkat router atau gangguan sinyal Wi-Fi, maupun faktor eksternal yang membuat Wi-Fi tidak berfungsi dengan baik, seperti kapasitas infrastruktur. , jangkauan sinyal, dan jumlah perangkat yang terhubung.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu memperlambat jaringan WiFi

1. Perhatikan lokasi router

WiFi adalah perangkat nirkabel, koneksi memiliki dampak besar pada objek dan lokasi. Lokasi router yang ideal adalah meletakkannya di area terbuka di dalam ruangan atau di lantai utama tempat aktivitas internet banyak digunakan.

Hindari menempatkan router di dekat televisi, microwave, dan benda lain yang dapat melemahkan sinyal WiFi.

Ada juga hal-hal yang dapat memblokir transmisi jaringan, seperti menempatkan dinding rumah dan router terlalu rendah. Pastikan juga antena router mengarah lurus, untuk memastikan sinyal WiFi menyebar ke seluruh ruangan.

2. Kelola penggunaan Internet

Tidak dapat disangkal bahwa internet telah memberikan berbagai pilihan kepada penggunanya untuk memenuhi kebutuhan pribadinya akan kebutuhan profesional. Banyak orang sering tanpa sadar melakukan hal-hal yang salah yang dapat merusak kualitas Internet.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol prioritas penggunaan setiap perangkat yang terkoneksi Wi-Fi agar jaringan internetnya baik.

Hal ini dapat dimulai dengan mencegah semua pengguna Wi-Fi menggunakan Internet secara bersamaan untuk aktivitas intensif seperti video streaming.

3. Gunakan router dengan teknologi terkini

Sinyal Wi-Fi sering dianggap sebagai penyebab utama masalah pada koneksi Wi-Fi yang lambat, tetapi memilih router yang tepat adalah salah satu kunci untuk mengoptimalkan kualitas internet.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh regulator media Inggris Ofcom*, salah satu solusi untuk memastikan internet cepat adalah dengan menggunakan router yang tepat.

Salah satunya dengan tetap memperhatikan penggunaan teknologi modern dengan menggunakan standar jaringan terkini seperti teknologi WiFi 6.

TP-Link Archer AX10.  (TP-Link)
TP-Link Archer AX10. (TP-Link)

Teknologi Wi-Fi 6 memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan internet dengan kecepatan lebih tinggi, selain itu, teknologi tersebut mendukung penggunaan lebih banyak perangkat secara bersamaan tanpa mengurangi kinerja Wi-Fi.

Fitur-fitur ini tersedia di router TP-Link Archer AX10.

Koneksi jaringan internet yang cepat, stabil dan merata di seluruh bagian rumah sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Dengan teknologi Wi-Fi 6, perangkat ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dengan kenyamanan maksimal dan teknologi modern.kata Biko Josiah, Manajer Pemasaran TP-Link Indonesia.

Selain itu, router ini menawarkan akses jarak jauh yang mudah melalui aplikasi TP-Link Tether yang dapat digunakan baik dari perangkat Android maupun iOS.

Selain itu, router AX entry-level Archer AX10 dilengkapi dengan teknologi WiFi 6 yang paling terjangkau di kelasnya. Router ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki produktivitas dan kenyamanan tinggi dalam menjalankan tugas sehari-hari.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news