Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uni Eropa (UE) telah setuju untuk memaksa Apple untuk beralih ke USB C.

USB C atau USB Tipe-C. (Pixbay)

Kelasmekanik.com – Uni Eropa (UE) telah setuju untuk menerapkan kebijakan pengisi daya tunggal untuk semua perangkat elektronik, termasuk smartphone. Bagaimana dengan iPhone setelah itu? Akankah Apple mengonversi port petir ke USB C?

Menurut Suara.com, Uni Eropa (UE) pada Selasa (7/6/2022) menyepakati penggunaan USB sebagai standar untuk berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan kamera.

Kebijakan ini diyakini akan memaksa Apple untuk bergabung dengan USB C, pengisi daya baterai yang paling banyak digunakan untuk ponsel Android.

Banyak ponsel Android menggunakan USB C atau USB Type-C saat Apple menggunakan flash drive untuk mengisi baterai iPhone.

Mulai musim gugur 2024, USB Type-C akan dikenakan biaya untuk semua ponsel, tablet, dan kamera di Uni Eropa.Menurut Suara.com (8/6/2022), Parlemen Eropa telah mengumumkan.

Lightning, USB C atau USB Type-C, Micro USB atau USB Type-B.  (Pixbay)
Lightning, USB C atau USB Type-C, Micro USB atau USB Type-B. (Pixbay)

Uni Eropa percaya bahwa kebijakan ini akan memudahkan konsumen, mengurangi e-waste dan membuat konsumen lebih efisien.

Produsen smartphone, di sisi lain, mulai menjual smartphone tanpa charger dengan alasan ramah lingkungan.

Uni Eropa percaya undang-undang baru bisa menghemat hingga 250 juta. Kebijakan ini juga mendorong perkembangan teknologi baru seperti wireless charging.

Apple sendiri belum menanggapi aturan baru di Eropa. Namun, menurut beberapa laporan, perusahaan teknologi USBC Charger yang berbasis di AS sedang bekerja.

Akankah kebijakan UE ini membuat Apple mengonversi port petir ke USB C sebagai ponsel Android? (Suara.com/Liberty Jemadu).


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news