Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial cara memindahkan kolom dan baris di Microsoft Excel

Sederhana dan praktis, cara membuat kolom dan baris di Microsoft Excel.

Microsoft Excel. (Microsoft)

Kelasmekanik.com – Cara membuat baris dan baris di Microsoft Excel Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan fitur freeware bawaan yang disebut Freeze Panes di Microsoft Excel. Ikuti tutorial Microsoft Excel tim HiTekno.com yang dirangkum di bawah ini.

Anda dapat menemukan fitur Freeze Pan di tab menu View di jendela Microsoft Excel.

Jadi, dengan menggunakan fitur Freeze Pan, scroll ke bawah atau ke samping, sementara kolom dan baris di dokumen Microsoft Excel Anda tidak bergerak.

Dengan demikian, fitur freeze pan sering digunakan untuk mencegah kolom pertama atau baris pertama dipindahkan dalam spreadsheet Excel.

Tampilan Dokumen Excel menggunakan fitur Freeze Pan akan ditandai dengan garis tipis tempat lembar kerja Excel terkunci.

Fitur Freeze Pane sendiri memiliki 3 opsi menu, dan Anda dapat menggunakan opsi menu Freeze Pane untuk mengunci beberapa kolom dan baris yang Anda pilih dalam satu lembar.

Anda kemudian dapat menggunakan opsi menu Freeze Top Row untuk mengunci baris pertama lembar saat ini dan opsi menu Freeze First kolom untuk mengunci kolom pertama lembar aktif saat ini.

Microsoft Excel.  (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Kemudian Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini jika Anda ingin mengetahui apakah kolom dan baris di Microsoft Excel bergerak untuk keseluruhan tutorial.

  • Buka dokumen Microsoft Excel Anda
  • Jika dokumen Microsoft Excel Anda sudah terbuka, letakkan kursor di atas kolom gulir atau kolom yang ingin Anda kunci ke kolom dan baris yang ingin Anda pindahkan.
  • Kemudian pilih tab Lihat Menu di bilah menu di bagian atas program Microsoft Excel
  • Temukan dan klik pada grup jendela yang berisi menu Panel Beku
  • Lalu ada 3 pilihan menu : Freeze Panes, Freeze High Row dan Freeze First Column.
  • Klik opsi menu Freeze Pane agar kolom dan baris di Microsoft Excel tidak bergerak
  • Selesai! Setelah itu, kolom dan baris yang Anda pilih tidak akan bergerak meskipun Anda menggulir ke kiri atau kanan.

Ini adalah bagaimana Anda dapat menjaga kolom dan baris di Microsoft Excel agar tidak bergerak, yang akan memudahkan Anda dalam melakukan proses dokumentasi. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffrey Francisco


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news