Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Bokeh Flare, buat selfie jadi lebih spesial

Fitur Bokeh Flare Portrait di ponsel Oppo Reno7 membuat selfie jadi lebih menarik.

Hasil Potret Bokeh Flare dari HP Oppo Reno7. (Opo Indonesia)

Kelasmekanik.com – Bagaimana bock bisa dibuat dalam foto selfie? Opo Indonesia membagikan cara menggunakan perangkat HP Oppo Reno7 dengan cara yang unik.

Sebelum Anda mengetahui apa itu Bokeh dan bagaimana itu bisa terjadi. Anda mungkin sering mendengar kata “bokeh” dalam fotografi. Meski makna keduanya berbeda, banyak orang yang salah mengartikan foto bokeh dengan foto blur. Kata boke berasal dari kata Jepang ‘boke’ yang berarti kebingungan, prasangka atau kebingungan.

Dalam dunia fotografi, bocce adalah tempat yang tidak terkena cahaya atau tidak fokus. Artinya ruang dalam foto memiliki ruang lensa yang terbatas sehingga ruang dalam foto menjadi redup dan bias. Hasil foto bokehnya unik dan menarik serta memiliki nilai estetika yang tinggi.

Bahkan jenis foto ini populer di kalangan pecinta foto. Di masa lalu, kamera khusus dengan bukaan lensa khusus digunakan untuk membuat foto Bokei.

Bok yang didapat tergantung pada ukuran iris lensa, yang biasanya dinyatakan dalam angka seperti f / 2.8, f / 2, f / 1.8, f / 1.4. Jika lubang lensanya besar, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan foto yang bocke.

Hasil Potret Bokeh Flare dari HP Oppo Reno7.  (Opo Indonesia)
Hasil Potret Bokeh Flare dari HP Oppo Reno7. (Op Indonesia)

Selain itu, panjang fokus lensa atau jarak antara pusat berkas sinar lensa dan gambar yang dibuat pada sensor kamera juga mempengaruhi hasil bocce. Semakin panjang panjang fokus, semakin banyak bokeh yang diambil.

Anda perlu memilih background yang tepat agar foto bokeh terlihat unik dan menarik. Anda dapat menggunakan latar belakang pohon yang kaya untuk menerangi lampu kota, senter di malam hari, atau lampu mobil di jalan.

Bock pertama kali diperkenalkan ke bidang fotografi oleh Mike Johnston, editor Photoshop Magazine pada tahun 1997.

Kini Boke Photos bukan monopoli kamera DSLR karena smartphone modern memiliki kemampuan yang sama. Misalnya, kamera depan OPPO Reno7 yang memiliki fitur Bokeh Flare Portrait dengan resolusi 32MP dan f/2.4.

Dengan fitur Bokeh Flare Portrait, pengguna ponsel Oppo Reno7 dapat membuat foto Bokeh yang memburamkan latar belakang dengan algoritma AI (Artificial Intelligence) saat mengambil foto kamera DSLR hingga hasilnya.

Saat pemotretan mulai gelap dan foto diambil di tempat yang terang, foto Boke Flare terlihat jelas efeknya pada HP Oppo Reno7.

Hasilnya akan menjadi hasil cahaya artistik di latar belakang subjek foto. Menariknya, fitur potret Bokeh Flare juga ada di kamera belakang perangkat berbendera Op Indonesia ini.

Op Reno 7.  (Opo Indonesia)
Op Reno 7. (Op Indonesia)

Bokeh Flare Portrait sebenarnya bukan fitur baru di Reno7, karena berada di kamera belakang perangkat Reno4, tetapi menggunakan nama Night Flare Photography.

Fitur Bokeh Flare Portrait ini terus dikembangkan agar bisa digunakan untuk merekam video pada kamera belakang pada Rino 5 dan Reno 6. Kini, fitur ini juga tersedia di kamera depan Reno7.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Boke Floor Photo pada subjek foto ponsel Oppo Reno7 tidak hanya dapat meningkatkan warna kulit tetapi juga memberikan efek Bokeh tekstur yang lebih jelas.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news