Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan salah, inilah perbedaan antara E-Money dan E-Wallet.

Perbedaan E-Money dan E-Wallet adalah banyak orang yang bingung dan bingung.

Contoh dompet elektronik. (Pixbay)

Kelasmekanik.com – Kata e-money dan e-wallet pasti sudah sering terdengar di telinga. E-money dan e-wallet semakin berkembang di era digital seperti sekarang ini. Uang di E-Money dan E-Wallet dapat digunakan untuk transaksi.

Misalnya untuk membayar moda transportasi, tarif, ojek online, belanja berbagai barang dan makanan di platform offline dan offline.

Walaupun sekilas mungkin terlihat sama, bentuk dan biayanya dibayar secara digital, namun e-money dan e-wallet adalah dua hal yang berbeda.

Secara kognitif, e-money adalah alat pembayaran digital yang disimpan dalam media elektronik tertentu, seperti sistem perbankan. Transaksi elektronik menggunakan e-money biasanya berbasis chip pada kartu.

Sedangkan e-wallet merupakan salah satu jenis financial technology (Fintech) yang menjadi alternatif metode pembayaran online. Sesuai dengan namanya, konsep e-wallet adalah penggunaan kode QR untuk menyimpan uang untuk transaksi online atau offline.

Perbedaan antara E-Money dan E-Wallet.  (Dari Menkomominfo)
Perbedaan antara E-Money dan E-Wallet. (Dari Menkomominfo)

Penasaran Apa perbedaan keduanya? Berikut perbedaan e-money dan e-wallet, menurut HiTekno.com dari laman Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Senin (20/6/2022).

1. Bentuk yang berbeda

E-Wallet adalah pembayaran elektronik berbasis server. Oleh karena itu E-Wallet adalah sebuah aplikasi yang dapat diterapkan pada perangkat atau gadget. Akses internet juga diperlukan.

Sedangkan uang elektronik adalah uang elektronik berbasis chip atau chip. Oleh karena itu, uang elektronik berbentuk kartu. Nah, kartu itu penuh dengan chip. Orang tidak memerlukan koneksi internet untuk menggunakannya.

2. Mengisi

Pengisian keduanya dapat dilakukan melalui Internet. Namun, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengisi saldo e-money Anda dengan smartphone dengan NFC (near field connection).

Jika tidak, Anda perlu mengisi ulang kartu e-Moni Anda di mesin ATM, EDC atau penyedia layanan pembayaran lainnya. Ini berbeda dengan e-wallet, yang tidak hanya dapat mengisi ATM tetapi juga layanan perbankan berbasis Internet.

3. Penerbit

E-money disediakan oleh Bank Indonesia dengan bank atau Fintech. Saat e-Wallet dirilis oleh Fintech.

4. Menggunakan

Karena berbasis chip dan tidak menggunakan Internet, uang elektronik hanya digunakan di area mesin tertentu. Sumber uang elektronik yang paling umum adalah tempat parkir, gerbang tol, dan transportasi umum.

E-Wallet, di sisi lain, menggunakan Internet dan dapat digunakan berkali-kali. Itu sebabnya Anda dapat mengirim uang, melakukan pembelian online, dan membayar pajak.

Itulah perbedaan mendasar antara E-Money dan E-Wallet. Semoga informasi ini bermanfaat.

Disumbangkan oleh Pasha Aiga Wilkins


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news