Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran foto sebagai fungsi (tingkat cetak dan paspor)

Masih dalam rangkaian pembahasan mengenai ukuran dalam pengukuran kertas. Bukan hanya ukuran foto. Ukurannya sama dengan ukuran kertas. Karena hanya medianya saja yang berbeda: kertas dan foto.

Namun untuk ukuran seri R lebih mirip dengan foto. Dan karena fotografi adalah salah satu acara khusus yang paling banyak digunakan di masyarakat saat ini.

Dalam foto, momen-momen yang sudah lama tersimpan bisa mengingatkan kita pada kenangan. Nah, yayasan Tekanan Harga instan, foto juga tersedia untuk memberikan kesan berbeda.

Ukuran pencetakan foto dan paspor yang berbeda

Ukuran standar foto

Seperti yang Anda ketahui, banyak ukuran foto digunakan untuk tujuan yang berbeda. Menggunakan ukuran 3×4 untuk membuat buku pernikahan. Sedangkan untuk pembuatan CV menggunakan ukuran 4×6.

Atau, ukuran standar menggunakan unit R seperti 2R, 3R, 4R, dan seterusnya. Nah, huruf R adalah referensi resmi untuk memahami perbedaan ukuran dalam foto.

Artinya, pada huruf R, ukuran Indonesia sama dengan negara lain. Nah, detailnya dari R hingga cm dan inci sebagai berikut.

Ukuran R Dalam CM Dalam Inchi
Ukuran 2R 6×9 2×3.5
Ukuran 3R 8×12 3,5 x 5
Ukuran 4R 10×15 4×6
Ukuran 5R 12×17 5×7
Ukuran 6R 15×20 6×8
Ukuran 8R 20×25 8×10
Ukuran 8R Plus 20×30 8×12
Ukuran 10R 25×38 10×12
Ukuran 12R 30×39 12×15.5
Ukuran 16R 40×50 16×20
Ukuran 20R 50×60 20×24
Ukuran 24R 60×80 24 x 31.5
Ukuran 30R 75×100 30×40

Ukuran foto sebagai fungsi

Dari daftar di atas, terlihat ada banyak sekali ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya foto, media lain juga memiliki aturan terkait penggunaan ukuran ini.

Misalnya kartu nama dan spanduk sebagai media promosi. Kedua media harus menerapkan jumlah yang tepat. Lihat aturan dan peraturan tentang ukuran kartu nama dan x ukuran spanduk.

Untuk membantu Anda memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda, berikut beberapa penjelasannya.

Ukuran 3 × 4

Ukuran 3×4 ini biasanya digunakan untuk keperluan dokumentasi resmi seperti ijazah, CV dan lain-lain.

Selain itu, foto yang diambil akan lebih standar dibandingkan jenis lainnya. Nah, karena permintaan ini, orang sering memposting foto ini jika perlu.

Foto biasanya dicetak dalam ukuran 3×4 menggunakan latar belakang merah atau biru sesuai aturan yang telah ditentukan.

Ukuran 3R

Ukuran selanjutnya adalah 3R. 3R adalah salah satu ukuran yang paling banyak digunakan. Nah, ini ukuran postcard 3R.

Dalam sentimeter, ukuran 3 R sama dengan 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5. Untuk mencetak foto dengan ukuran ini, ukuran gambar dalam piksel harus diperhitungkan.

Foto ukuran 3R adalah 1051 x 1500 piksel. Ukuran ini harus diperhitungkan agar tidak merusak foto saat dipublikasikan nanti.

Ukuran 4R

4R memiliki level yang lebih detail daripada 3R. Ukuran ini sering digunakan untuk mencetak foto yang bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Nah, dalam hal ini ukuran 4R sama dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 jika dilihat dalam inci. Oleh karena itu, untuk mencetak foto dengan ukuran ini, ukuran gambar yang dibutuhkan adalah 1500 x 2102 piksel.

Ukuran 10R

10R terlalu besar. Ukuran ini sama dengan 25,4 x 30,5 dan 10 x 12 inci bila dikonversi ke cm.

Biasanya, 10R sering lebih disukai untuk mencetak foto yang unik dan terlihat di ruang tamu. Saat mencetak foto dengan ukuran ini, sebaiknya foto atau gambar yang ingin Anda cetak berukuran 3000 x 3602 piksel.

Jika Anda tidak memiliki ukuran gambar, Anda dapat meminta bantuan printer untuk mengedit gambar.

Atau Anda bisa mengeditnya secara manual menggunakan PC Photo Editing Apps atau Android Best Photo Editing Apps. Silahkan pilih sesuai keinginan.

Jenis kertas cetak foto

Nah, selain mengetahui ukuran dalam CM atau inch, penting juga untuk mengetahui jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto.

Ya, banyak jenis kertas yang digunakan untuk berbagai ukuran. Oleh karena itu, ada korelasi antara ukuran dan jenis kertas foto untuk menghasilkan kualitas foto yang tahan lama.

Lalu jenis kertas apa yang paling sering digunakan untuk mencetak foto-foto tersebut? Lihat beberapa ulasan di bawah ini.

1. Matt

Jenis kertas foto pertama yang paling umum digunakan adalah mat. Jenis kertas ini lembut tetapi tidak reflektif di permukaan.

Kertas ini sangat berguna dalam tekstur cetak dan dapat digunakan untuk mencetak foto dengan hasil yang baik. Selain itu, yang menarik dari jenis kertas ini adalah sidik jarinya tidak muncul.

Kertas ini sering digunakan untuk mencetak foto hitam putih.

2. Reflektif

Sesuai dengan namanya, ini adalah jenis kertas foto yang memiliki sifat lebih reflektif dan reflektif. Kualitas foto yang dicetak menggunakan kertas ini akan memiliki warna yang lebih hidup dan tajam.

Selain itu, kertas ini menawarkan kombinasi warna yang sangat cerah dan tidak membuat struktur yang terlihat seperti selembar kertas.

Namun dibalik kelebihannya, ada beberapa kekurangan dari jenis kertas ini. Salah satu kelemahan kertas glossy adalah dapat tergores dan foto dapat rusak.

3. Reflektif

Jenis kertas yang paling umum digunakan untuk mencetak foto adalah gloss. Kertas ini menawarkan skema warna yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas yang direkatkan.

Hasil kertas glossy ini sedikit mengkilat dan memiliki tekstur yang unik seperti mutiara. Nah, salah satu keunggulan kertas ini adalah tidak meninggalkan sidik jari.

Selain itu, jenis kertas ini juga tidak menghasilkan foto yang mengkilat dan membuat foto berkualitas tinggi muncul terutama di dinding.

4. Besi

Jenis kertas lain yang digunakan untuk mencetak foto dalam kualitas tinggi adalah logam.

Ini adalah salah satu kertas yang paling banyak digunakan karena menghasilkan foto non-abrasif berkualitas tinggi.

Selain itu, foto yang dicetak menggunakan kertas jenis ini lebih reflektif, menarik, dan memiliki nuansa metalik.

Nah, jika Anda ingin mencetak foto – terutama foto keluarga besar, maka metal foil mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca lebih banyak:


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news