Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil boros bahan bakar dan cara mengatasinya agar lebih irit

autoilenia.com – Konsumsi bahan bakar mobil adalah salah satu hal yang harus diketahui pengemudi. Menggunakan terlalu banyak bahan bakar di mobil yang penuh sesak bisa mahal. Meski mobil Anda didukung oleh teknologi EFI, masih banyak mobil yang boros bahan bakar.

Semua orang menginginkan mobil yang irit bahan bakar saat pertama kali membelinya. Akibatnya, banyak produsen mobil mengembangkan produk ponsel terbaru dan paling hemat energi. Tapi kenapa masih banyak pengemudi yang mengeluh boros bahan bakar?

Secara teoritis, salah satu penyebab utama mobil boros bensin adalah tekanan yang dalam pada pedal gas. Ini karena semakin banyak tenaga yang dimiliki mobil, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk disalurkan.

Harus memperhatikan! Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa truk bahan bakar boros.

truk bahan bakar

Berikut adalah beberapa. Penyebab bahan bakar mobil rusak Yang perlu Anda ketahui termasuk yang berikut ini:

1. Usia Mobil

Seperti semua kendaraan lain, ketika mobil digunakan, kualitasnya akan lebih rendah. Ini adalah penyebab umum pemborosan bahan bakar di mobil. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan permintaan bahan bakar yang lebih tinggi.

2. Filter udara kotor

Sedikit yang diketahui, dan terkadang sedikit yang diketahui tentang polusi udara, salah satu penyebab mobil berbasis bahan bakar. Bersihkan filter udara secara teratur untuk menghindari knocking yang akan menyebabkan bahan bakar lebih cepat habis.

Filter udara di dalam mobil digunakan untuk menyaring kotoran yang masuk seperti debu, kertas dan lain-lain agar udara di dalam ruang bakar tetap bersih. Tumpukan debu yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan filter udara menjadi kotor dan bensin cepat habis.

3. AC sering terbang.

Faktor lain yang berkontribusi terhadap penipisan bahan bakar adalah AC, yang sering terlalu panas. Saat AC dihidupkan pada suhu tinggi, kompresor berputar lebih cepat dari biasanya. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan mobil kehabisan bahan bakar dengan cepat dan sia-sia. Gunakan AC sedang untuk menghemat bahan bakar.

Baca juga penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya

4. Ban kempes

Siapa yang mau berkencan dengan seseorang yang bahkan tidak bisa mengeja namanya dengan benar? Ya. Karena ban kempes, mobil Anda mungkin kehabisan bahan bakar. Ini karena dinding ban mengembang, menyebabkan tabrakan di jalan dan mobil membutuhkan lebih banyak tenaga untuk melanjutkan. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan bensin lebih cepat habis dari biasanya.

5. Pertukaran katalitik longgar

Sakelar katalis merupakan salah satu komponen penting pada mobil, yang mirip dengan filter udara, yang digunakan untuk menyaring limbah dari knalpot. Konverter katalitik akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehilangan bahan bakar. Meski pada akhirnya performa mesin mobil akan semakin sempurna dan kencang, nyatanya bahan bakar ini akan boros dan lebih cepat habis.

Cara mengatasi boros bahan bakar agar lebih hemat

Setelah mengetahui Penyebab bahan bakar mobil rusakHal lain yang kurang penting dalam berkendara adalah mengetahui cara menghadapinya.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda mengatasi penyebab mobil overcrowded:

1. Panaskan mobil dalam waktu yang relatif singkat

Sebuah mobil yang telah dipanaskan untuk waktu yang lama bisa kehabisan bensin dan kehabisan bensin. Panaskan mobil selama 1-2 menit sebelum digunakan.

2. Isi BBM di pagi hari

Setiap SPBU menyimpan jumlah bahan bakar yang sama di tangki bawah tanah. Di pagi hari tanah yang dingin Suhu bensin akan padat dan kental. Hal ini mempengaruhi jumlah bahan bakar di dalam mobil dibandingkan dengan jumlah bensin per hari.

Baca Juga : Penyebab Mobil Lemah dan Cara Mengatasinya

3. Pastikan ban tidak kempes

Seperti disebutkan di atas, ban dengan ventilasi yang tidak tepat akan mengeluarkan bahan bakar lebih banyak dari biasanya. Periksa ban sebelum Anda pergi, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

4. Servis mobil reguler

Menjaga performa mobil dengan rutin menghadiri bengkel resmi agar tidak merusak mobil dan boros bahan bakar. Pemeriksaan dan perawatan yang terus menerus pasti akan membuat kualitas mobil Anda semakin keren.

5. Jaga kebersihan filter udara

Filter udara merupakan faktor penting dalam menentukan kecepatan atau ketidakmampuan bahan bakar. Bersihkan mobil secara teratur agar tetap irit dan bersih.

6. Isi tangki sebelum kedaluwarsa

Keterlambatan pengisian dapat memperburuk performa mobil, sehingga terjadi pemborosan bahan bakar. Lakukan pengisian bahan bakar saat bahan bakar minimal setengah penuh.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menang dan Penyebab bahan bakar mobil rusak Yang perlu Anda ketahui adalah kualitas mobil Anda semakin buruk. Semoga berhasil.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news