Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin diesel mudah dirawat.

Mesin diesel Toyota Kijang Innova 2016

Mobil diesel kalah jumlah dengan bensin. Namun saat ini, mobil diesel dilengkapi dengan teknologi terkini, membuat berkendara semakin menyenangkan.

Salah satu teknologi mesin diesel yang paling banyak digunakan saat ini adalah common rail dan turbo. Akibatnya, mesin diesel saat ini sama kakunya dengan mesin bensin.

Tapi seperti yang dilaporkan di situs web Hyundai b Perbaikan mobil diesel Anda perlu lebih berhati-hati pada saat ini, karena tidak lagi kotor seperti mesin diesel tua.

Mau tahu bagian apa saja yang perlu diperhatikan untuk mobil diesel, berikut penjelasan mobil diesel di Hyundai.

1. Salep

Tekanan kerja mesin diesel lebih ekstrim, karena rasio akselerasi yang lebih tinggi. Ketika dikombinasikan dengan turbocharger, itu menghasilkan suhu dan tekanan tinggi. Akibatnya, mesin diesel saat ini memiliki viskositas yang rendah.

Untuk memilih oli mesin diesel yang dapat larut, pilihannya adalah SAE 10W-30, SAE 5W-40 atau 5W-30.

2. Bahan Bakar

Solar adalah bahan bakar untuk mobil diesel. Artinya, untuk pemilihan tipe, penggunaan solar yang berkualitas menjadi keharusan.

Jika menggunakan solar berkualitas tinggi, maka dapat menunjang performa mesin, terutama yang dilengkapi dengan mesin turbocharged. Selain itu, mesin diesel mencapai kinerja yang baik dengan kandungan belerang yang rendah.

Di sisi lain, jika mesin turbocodel mengkonsumsi bahan bakar berkualitas rendah (kadar sulfur tinggi), filter diesel bermasalah, yang berarti mati dan mengganggu fungsi induksi.

Karena itu, filter diesel mesin diesel modern harus sangat ketat. Tujuannya agar tidak ada limbah yang bisa menyumbat lubang inlet mesin turbodiesel.

Mesin diesel juga terhubung ke konverter katalis. Komponen ini berguna untuk menyaring emisi gas buang, sehingga umur dari konverter katalis tergantung pada kualitas bahan bakar.

Penggunaan bahan bakar berkualitas memperpanjang umur konverter katalis. Di sisi lain, jika tidak berkualitas tinggi, itu akan cepat rusak.

Perlu dicatat bahwa diesel berkualitas tinggi itu mahal, tetapi biaya kinerja mobil yang baik.

Artikel ini dipublikasikan di liputan6.com


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news