Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada 7 cara merawat hp bagus agar awet dan tahan lama

Contoh pengguna smartphone. (Pixbay / Pexels)

Kelasmekanik.com – Handphone sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok. Ada banyak fungsi yang terkait dengan ponsel yang dapat menyebabkan masalah jika ponsel dibatasi atau rusak.

Jadi penting untuk mengetahui cara merawat ponsel Anda agar ponsel Android yang Anda beli lebih awet dan tahan lama. Ingin tahu caranya? Sebelum Anda menyadarinya, perlu Anda ketahui bahwa pemasangan ponsel Traveloka kini dapat digunakan untuk membeli ponsel yang Anda butuhkan.

Anda bisa membeli ponsel dengan berbagai situs e-commerce yang bekerja sama dengan Traveloka dan membayar hingga 12 bulan. Nah, berikut ini cara merawat HP yang baik. Apa pun?

Cara merawat HP agar lestari dan berkelanjutan

1. Gunakan pengisi daya asli

Agar HP awet, langkah pertama adalah menggunakan charger asli. Pasalnya selain memperlambat pengisian daya, Anda tahu bahwa menggunakan charger asli atau KW dapat merusak ponsel Anda.

Selain itu, penggunaan power bank terlalu sering harus dihindari. Hal ini karena panas yang keluar dari power bank dapat menyebabkan kerusakan. Ini bukan yang Anda inginkan, bukan? Apalagi jika semua pekerjaan Anda melibatkan banyak ponsel. Anda harus ekstra hati-hati untuk menggunakannya. Sebaliknya, gunakan power bank hanya saat dibutuhkan.

2. Matikan ponsel saat tidak digunakan

Langkah penting lainnya adalah membuat ponsel lebih awet dan tahan lama. Dengan cara ini, ketika ponsel Anda dihidupkan kembali, Anda akan punya waktu untuk beristirahat. Anda dapat mengistirahatkan ponsel cerdas Anda sebelum tidur di malam hari.

3. Simpan ponsel cerdas Anda di tempat yang aman

Meskipun kelihatannya sederhana, menyimpan telepon Anda di tempat yang aman adalah penting untuk memperpanjang umur telepon Anda. Hal ini karena kecerobohan bisa terjadi saat Anda meletakkan ponsel secara sembarangan.

Dengan menyimpan ponsel Anda di tempat yang aman, Anda dapat mengurangi risiko hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada ponsel Anda. Misalnya, percikan air, gesekan puing atau kerikil, dan jatuh dari ketinggian.

Juga, perhatikan bahwa ponsel cerdas dengan layar sentuh lebih sensitif. Untuk itu, kamu harus bisa menyimpan smartphone kamu di tempat yang aman, baik yang berisiko tergores maupun terjatuh. Sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat menggunakan pelindung layar ponsel dan aksesori untuk melindungi ponsel Anda dari goresan dan goresan.

4. Hapus cache

Data yang di-cache juga harus dipertimbangkan agar ponsel berfungsi dengan baik untuk penggunaan jangka panjang. Faktanya, data yang di-cache membantu aplikasi berjalan lebih cepat dan lebih efisien. Namun, data yang di-cache memperlambat kinerja ponsel. Bahkan bisa menyebabkan error pada aplikasi.

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur menghapus data cache Anda agar ponsel cerdas Anda tetap berjalan. Anda dapat menghapus data cache sekali setiap tiga hari atau bahkan seminggu sekali.

Metode Buka menu pengaturan ponsel Anda lalu pilih menu aplikasi. Lalu buka bagian Manajemen Aplikasi dan sentuh aplikasi yang ingin Anda hapus data cachenya. Sangat sederhana, bukan?

5. Jangan mengisi daya hingga 100 persen

Anda tidak perlu mengisi daya ponsel 100% untuk membuatnya bertahan lebih lama. untuk apa Hal ini karena baterai ponsel pintar terbuat dari bahan lithium ion (Li-on), jika diberi tegangan tinggi, kualitasnya akan menurun.

Selain itu, lapisan logam litium pada baterai dapat menjadi tidak stabil jika terus menerima arus listrik. Hal ini menyebabkan baterai menjadi terlalu panas, dan dapat meledak jika dibiarkan. Tentu ini bukan yang Anda inginkan, bukan?

Jika baterai menunjukkan hingga 30 persen dan stabil 80 persen, disarankan agar Anda mengisi ulang ponsel cerdas Anda untuk jangka waktu yang lebih lama dan mendukung kinerja ponsel dengan lebih baik.

6. Hindari kebocoran saat mengisi daya

Menonton film berjam-jam sambil mengisi daya ponsel menyebabkan baterai smartphone lebih cepat habis. Ini karena fakta bahwa smartphone sedang diisi dayanya. Oleh karena itu, Anda harus menghindari praktik mendistribusikan film sambil mengisi ulang baterai.

Dengan begitu, smartphone Anda pasti dapat digunakan untuk aktivitas seharian karena lebih awet dan kualitas baterai tetap terjaga.

7. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Menginstal beberapa aplikasi di ponsel Anda dapat menghabiskan banyak ruang di memori internal ponsel Anda. Ini akan menyebabkan ponsel berkinerja buruk.

Oleh karena itu, sebaiknya hapus berbagai aplikasi yang tidak perlu dan tidak banyak digunakan. Hal ini memungkinkan ruang untuk disimpan dalam memori agar bekerja lebih efisien dan membuat ponsel lebih tahan lama.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat ponsel cerdas Anda bertahan lebih lama. Ini bisa berguna.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news