Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Praktis Cara Menghitung Nomor Data Eksklusif di Excel

lembar kerja Microsoft Excel. (Pixabay)

Kelasmekanik.com – Cara termudah untuk menghitung jumlah poin unik di Excel dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi bentuk COUNTIF dan SUM. Bagaimana cara menggunakannya? Di sini, tim HiTekno.com merangkum tutorial Microsoft Excel untuk Anda.

Fungsi COUNTIF sendiri merupakan fungsi statistik pada Microsoft Excel untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi standar dan fungsi SUM digunakan untuk menggabungkan angka dalam format tertentu.

Detail unik itu sendiri bisa berupa teks atau angka, atau bahkan kombinasi teks dan angka. Data unik adalah data dari mana hanya data yang berbeda yang akan dibaca, sedangkan setiap data yang disalin akan tetap dibaca apa adanya.

Jadi jika Anda memiliki dokumen dengan data yang disalin, Anda masih dapat dengan mudah menghitung total data dengan menghitung data unik di Excel menggunakan formulir di bawah ini.

  • = SUM (1 / COUNTIF (RangeData; RangeData))
  • Akhiri dengan Ctrl + Shift + Enter, sehingga formulir Excel akan diapit tanda kurung ({…})
  • Cara kerja form excel diatas adalah sebagai berikut :
    RangeData dilengkapi dengan serangkaian nilai yang ingin Anda sering baca

Fungsi COUNTIF akan menghitung jumlah data individu dalam jaringan untuk menghasilkan angka, angka yang digunakan untuk membagi angka 1.

Setelah mendapatkan nomor, itu ditambahkan melalui proses SUM untuk menghasilkan jumlah data yang unik dalam dokumen Excel.

Namun, jika data yang ingin Anda baca jumlah data uniknya cukup besar, mungkin lebih baik menggunakan fungsi FREQUENCY. Fungsi FREQUENCY sering digunakan untuk menghitung seberapa sering suatu nilai muncul dalam daftar data.

Namun sayangnya fungsi ini hanya dapat digunakan untuk menghitung data numerik secara berurutan sehingga jika ada data berupa teks maka jumlah data unik tidak dapat dihitung.

Bentuk untuk menghitung banyaknya data unik berupa bilangan dengan menggabungkan fungsi SUM dan FREKUENSI adalah sebagai berikut:

  • = SUM (- (FREKUENSI (RangeData; RangeData)> 0))
  • Cara kerja form excel diatas adalah sebagai berikut :
    RangeData dilengkapi dengan serangkaian nilai yang ingin Anda sering baca

Ini adalah cara menghitung data unik di Excel yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Setelah mengetahui cara di atas, Anda tidak perlu lagi menghitung jumlah unit data satu per satu. Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Excel!

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/04/12/104609/tutorial-praktis-cara-menghitung-jumlah-data-unik-di-excel


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news