Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Membuat Tabel Pivot di Excel

Microsoft Excel. (Microsoft)

Kelasmekanik.com – Pelajari cara membuat tabel pivot dengan cepat dan mudah di Excel. Ikuti tutorial Microsoft Excel yang dirangkum oleh tim HiTekno.com di bawah ini.

Pivot Table adalah alat yang digunakan untuk membaca, meringkas, dan menganalisis data sehingga Anda dapat melihat ilustrasi, pola, dan teknik dalam data Anda.

Metode pembuatan tabel pivot di Excel sering digunakan untuk menganalisis data numerik secara detail mengenai data Anda.

Jadi jika Anda memiliki data dengan beberapa kolom atau bidang, maka Anda dapat menampilkan ringkasan data dalam tipe dan gaya yang berbeda dengan menggunakan metode penghitungan sesuai kebutuhan.

Anda dapat menggunakan fitur tabel pivot di Microsoft Excel. Ikuti tutorial untuk membuat tabel pivot di Excel, yang dirangkum oleh tim HiTekno.com di bawah ini.

Microsoft Excel.  (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Anda dapat membuat tabel pivot di Excel dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Klik salah satu sel yang ingin Anda buat di Tabel Pivot
  2. Kemudian tekan tombol Sisipkan dan pilih Tabel Pivot
  3. Kemudian akan muncul kotak dialog Properti Tabel Pivot, di bagian ini, klik pilih tabel atau berbagai opsi untuk memasukkan tabel atau daftar data yang ingin Anda tampilkan dan Pilih di mana Anda ingin laporan PivotTable mengatur opsi yang menentukan lokasi Pivot. Sebuah meja akan diatur. Jika Anda ingin menempatkan Pivot Table pada halaman baru maka Anda dapat memilih opsi New Task Sheet, tetapi jika Anda ingin menempatkan Pivot Table pada lembar kerja yang tersedia, Anda tinggal memilih opsi Task Page saat memilih opsi ini. . , jangan lupa tentukan sel yang akan digunakan. jadilah tempat Pivot Table
  4. Setelah sumber data yang ingin Anda analisis dan apakah lokasi Tabel Pivot ditentukan, klik OK dan Anda akan mendapatkan tampilan Tabel Pivot kosong.
  5. Kemudian Anda dapat mengatur dan menyusun laporan Pivot Table sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengklik kolom kosong tadi, maka akan muncul kotak Daftar Pivot List.
    • Di Bagian Bidang: daftar nama setiap kolom di sumber data Anda sebelumnya
    • Bagian tata letak terdiri dari empat bagian yaitu Filter, Kolom, Baris dan Kualitas yang menunjukkan bagaimana setiap bidang akan ditampilkan dalam Daftar Pivot.
      Filter digunakan untuk memfilter item dalam kolom
      Baris adalah sisi kiri Tabel Pivot yang menampilkan data dalam garis vertikal
      Kolom akan menampilkan nama-nama kolom di atas
      Nilai adalah tempat untuk mengolah nilai numerik dalam sumber data untuk membuat jumlah tertentu
    • Untuk mengatur tampilan tabel pivot yang diinginkan, Anda hanya perlu melakukan drag and drop di antara daftar bagian di setiap bagian yang Anda inginkan.
  6. Ini sudah berakhir! Hasil akhir Tabel Pivot setelah pengaturan ini akan muncul di dokumen Excel Anda

Itulah cara membuat tabel pivot di excel yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk membuat perhitungan data umum sehingga tidak harus anda lakukan secara manual. Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Excel!

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/04/12/113443/tutorial-praktis-cara-membuat-pivot-table-di-excel


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news