Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HarmonyOS 3.0 bocor, siap hadir tahun ini?

Perbandingan HarmonyOS. (YouTube / Huawei Seluler)

Kelasmekanik.com – Akibat sanksi dari Amerika Serikat, Huawei diketahui memilih mengembangkan sistem operasi perusahaannya, HarmonyOS. Versi terbarunya, HarmonyOS 3.0, diprediksi akan segera diluncurkan.

Pelajari tentang HarmonyOS 3.0 dari akun keterangan rahasia Weibo Changan Digital King. Menurut tips yang diberikan oleh keterangan rahasia, versi stabil Harmony OS 3.0 diharapkan akan dirilis pada September 2022.

Versi beta tersedia untuk Mei 2022. Perlu diketahui, versi sebelumnya, HarmonyOS 2.0, dirilis pada Juni 2021. Ekosistem untuk versi ini telah mencapai 100 juta unit yang terhubung.

Dikutip dari Gizmochina, Huawei 3.0 telah meningkatkan UI dan kinerja yang lebih baik. Namun, itu tidak datang dengan perubahan signifikan dalam tampilan dan nuansa OS.

Perangkat seluler lain seperti ArkUI juga telah dirilis. ArkUI adalah UI utilitas publik untuk membangun aplikasi menggunakan TypeScript atau JavaScript.

HarmonyOS 3 dari Lutla.  (Weibo)
HarmonyOS 3 dari Lutla. (Weibo)

Huawei Mate 50 diharapkan menjadi model implementasi pertama untuk HarmonyOS 3.0. Saluran telepon perusahaan diharapkan dapat dimulai pada kuartal ketiga tahun 2022.

Pada Konferensi Produsen Huawei pada Q4 2022, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari 150 juta perangkat (termasuk tablet, smartphone, dan jam tangan pintar) telah menggunakan HarmonyOS.

Perusahaan mengklaim bahwa jumlah ini menjadikan OS mereka yang paling cepat berkembang dalam sejarah. CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu, juga mengungkapkan bahwa Pratinjau Pengembang HarmonyOS 3 sedang dirilis.

Perbandingan HarmonyOS.  (Huawei untuk NokiaMob)
Perbandingan HarmonyOS. (Huawei untuk NokiaMob)

Ini bertujuan untuk meningkatkan tiga model inti yaitu desain sistem, terminal utama, dan penggunaan beberapa perangkat di lingkungan yang sama. Perusahaan berniat melebarkan sayap agar sistem operasinya tak hanya sebatas smartphone, tapi juga mendukung ekosistem IoT.

Huawei sejauh ini telah menggunakannya di smartphone, tablet, jam tangan pintar, TV pintar, router, dan banyak lagi. Sebelumnya mereka telah berspekulasi bahwa ratusan juta perangkat dapat terhubung ke HarmonyOS.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/04/13/132647/bocoran-harmonyos-30-siap-hadir-di-tahun-ini