Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Cara Mempartisi Hard Drive Windows 10 (Membuat/Menurunkan/Menambahkan)

Deskripsi: Ada dua cara untuk membagi hard drive Windows 10. Anda dapat memilih untuk menggunakan fitur bawaan Windows atau bantuan perangkat. Pelajari lebih lanjut di sini!


Mempartisi hardisk lebih disukai oleh masyarakat untuk membagi hardisk internal dan eksternal menjadi beberapa bagian. Anda dapat membaginya tanpa bantuan aplikasi dan Anda tidak perlu menginstal ulang terlebih dahulu.

Cara mempartisi hard drive Windows 10 itu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan Manajemen Disk. Partisi hardisk pada Disk Management dapat dibagi menjadi 4 tahapan yaitu, memperkecil ukuran partisi, membuat partisi baru, memperbesar dan menghapus partisi.

Berikut ini akan dijelaskan Cara mempartisi hard drive Windows 10.

Kecilkan ukuran Partisi Hard Disk

Partisi hard disk memiliki keunggulan karena dapat mempermudah dan mempercepat pengindeksan file. Pada laptop atau komputer biasanya terdapat dua komponen yaitu System C dan Data D.

Secara partisi, jika harddisk C terinfeksi, data masih bisa disimpan jika disimpan ke drive D.

Mengurangi ukuran partisi berarti membagi hard drive menjadi beberapa bagian dengan Shrink Volume. Nantinya split setelah Shrink akan menjadi unallocated area. Cara membagi partisi Windows 10 tanpa menghapus datalihat berikut ini:

  • Anda dapat membuka Manajemen Disk.
  • Pilih bagian yang ingin Anda kurangi lalu pilih Kecilkan Volume.
  • Berapa banyak daya yang akan diambil di bagian C tergantung pada preferensi Anda.

Tulis partisi dengan MB. Misalnya, Anda ingin mengambil 10 GB dari total catu daya yang tersedia, misalnya 40 GB.

  • Makan nanti ukuran split hingga hanya tersisa 30 GB. Hasil pengurangan ini nantinya akan tampak belum terselesaikan. Manfaatkan divisi baru di tempat yang Anda inginkan.

Membuat Bagian Baru

Partisi hard disk 320 GB yaitu dengan membuat divisi baru. Hal pertama yang Anda butuhkan adalah pemisahan kosong. Anda dapat menggunakan Volume Sederhana Baru untuk membuat pemisahan baru. Prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Anda dapat mengklik kanan pada Area Tidak Terbatas.
  • Kemudian Anda dapat memilih Suara Lembut Baru.
  • Jendela New Simple Volume Wizard akan muncul dan Anda dapat mengklik Next. Nanti ada batasan ukuran yang bisa kamu lakukan.
  • Kemudian klik Lainnya.
  • Tentukan siapa partisi tersebut atau sering disebut dengan drive letter. Umumnya, informasi disajikan dalam urutan abjad.
  • Setelah selesai, Anda dapat menekan tombol berikutnya lagi.
  • Halaman Format Format muncul. Buat nama split, lalu klik Lainnya. Anda bisa menunggu hingga proses selesai 100%, pilih dan klik Finish.

Hapus pemisahan

Sebelum menghapus split, Anda harus memastikan bahwa partisi tersebut kosong dan tidak ada data penting. Pertama, simpan data ke partisi yang perlu dihapus.

Setelah perpecahan menjadi ruang kosong, itu dapat diubah menjadi situs yang tidak terisi. Berdasarkan metode menghapus partisi hard disk sederhana dan efektif.

  • Sebelum Anda dapat menentukan bagian mana yang ingin Anda hapus. Kemudian klik kanan pada bagian Hapus Volume.
  • Akan muncul notifikasi untuk mengonfirmasi bahwa Anda akan melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Anda tinggal klik Yes untuk langkah terakhir.
  • Setelah itu tunggu hingga proses selesai dan akan muncul tampilan Free Space. Situs gratis ini terpisah tetapi tidak memiliki informasi.

Ubah ruang kosong ini menjadi ruang yang mudah didistribusikan, klik kanan pada ruang kosong dan klik Hapus Partisi.

Tingkatkan ukuran Partisi Hard Disk

Cara mengatur ulang partisi hard drive dengan memperbesar ukuran. Metode ini membutuhkan ruang yang tidak terisi.

  • Anda dapat mengklik kanan pada bagian yang ingin Anda perbesar ukurannya. Kemudian klik Extended Sound.
  • Nanti setelah muncul Extended Volume Wizard, kamu bisa klik tombol berikut. Anda dapat menentukan ukuran yang ingin Anda tambahkan. Ada juga ukuran besar yang dapat Anda tambahkan ke hard drive.
  • Tentunya ukuran ini akan cocok dengan ukuran ruang kosong yang Anda miliki. Karena sebagian besar diambil dari lahan yang belum teralokasi.
  • Tekan tombol berikutnya lagi.
  • Anda bisa menunggu hingga proses selesai lalu klik Finish.

Bagian Aplikasi Hard Drive [email protected] Manajer pembagian

Selain menggunakan fitur bantuan Windows, Anda dapat membagi hard drive menjadi beberapa aplikasi gratis. Cara berbagi partisi hard disk dengan perangkat lunak pilihannya adalah [email protected] Manajer pembagian.

Perangkat ini memiliki fitur yang sangat bagus dan mendukung banyak format disk. Mulai dari FAT hingga EXT4. Selain itu, ia juga menawarkan konversi MBR dan GPT. Ini membentuk komponen akses FAT32 ke satu terabyte dan mengubah catatan awal.

Tidak hanya Windows 10, aplikasi ini juga bisa digunakan di Windows 8, Windows 7, Windows Vista hingga XP. Perangkat ini juga sangat kecil dengan ukuran hanya 19,5 MB.

Edisi standar Asisten Partisi AOMEI

Alat ini dapat menjadi pilihan lain jika Anda tidak ingin menggunakan partisi dengan komponen bawaan Windows. Di bagian ini Anda dapat mengubah ukuran partisi, menggabungkan, membagi, memulihkan, dan membuat bagian baru.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat memungkinkan Windows dari satu hard drive ke hard drive lainnya. Namun, versi gratis AOMEI Partition Assistant Standard Edition memiliki fitur terbatas.

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak fitur, gunakan tipe berbayar dan profesional. Kelebihan lain dari sistem partisi ini adalah mampu menerjemahkan dari partisi basic ke partisi logical.

Berikut adalah beberapa di antaranya Cara mempartisi hard drive Windows 10 dengan atau tanpa bantuan software yang bisa anda coba lakukan. Namun sebelum Anda dapat membagi split, Anda harus terlebih dahulu membaca langkah-langkahnya dengan cermat. Karena jika salah, maka data atau harddisk bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress