Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diikuti oleh Ericsson, Nokia mundur dari Rusia

logo nokia. (Nokia)

Kelasmekanik.com – Nokia telah secara resmi mengumumkan penarikannya dari pasar Rusia menyusul invasi Ukraina ke Ukraina. Ini menambah daftar perusahaan yang telah berhenti berdagang di Rusia.

Pengumuman dari perusahaan telekomunikasi tersebut tidak berlangsung lama setelah Ericsson memutuskan untuk menangguhkan operasinya di Rusia.

Ericsson, pesaing lama Nokia di industri telekomunikasi, telah memutuskan untuk menangguhkan bisnis dalam negerinya untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Meskipun pasar telekomunikasi Rusia telah dibebaskan dari sanksi Barat untuk filantropi, kedua perusahaan mengatakan memutuskan hubungan dengan Moskow adalah satu-satunya pilihan.

Kami hanya tidak melihat peluang bagi kami untuk melanjutkan di negara ini saat inikata CEO Nokia, Pekka Lundmark, dikutip The Moscow TimesKamis (14/4/2022).

logo nokia.  (Nokia)
logo nokia. (Nokia)

Hubungan Rusia yang memburuk dengan Finlandia dan Swedia, rumah bagi Nokia dan Ericsson, juga diyakini menjadi kekuatan pendorong di balik keputusan perusahaan tersebut.

Karena Finlandia dan Swedia telah menunjukkan minat untuk bergabung dengan NATO, aliansi Ukraina juga tertarik dan menginspirasi Rusia untuk menyerang di sana.

Kepergian Nokia dan Ericsson merupakan bencana lain bagi industri telekomunikasi Rusia. Sebelumnya, Huawei juga mengumumkan telah meninggalkan karyawannya di negara tersebut.

Huawei juga telah menangguhkan operasinya di Rusia dan telah berhenti memasok komponen jaringannya. Munculnya strategi ini bermula dari ketakutan perusahaan akan ancaman ‘kedua’ dari pemerintah Amerika Serikat.

Tetapi para ahli percaya bahwa Huawei akan menemukan cara untuk memasok Rusia, baik melalui agen pihak ketiga atau untuk mentransfer hak kekayaan intelektualnya ke perusahaan Rusia.

Semakin banyak perusahaan internasional menutup pekerjaan dari Rusia setelah negara itu meluncurkan invasi Ukraina. (Suara.com/ Dicky Prastya).



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/04/14/192227/susul-ericsson-nokia-cabut-dari-rusia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news