Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Coding Untuk Anak-Anak, Dijamin Seru

Alat pembelajaran coding untuk anak-anak – Scratch. (Mongoapa)

Kelasmekanik.com – Saran aplikasi pembelajaran kode untuk anak-anak dapat membantu meningkatkan daya ingat. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk belajar bahasa pemrograman atau coding untuk anak-anak.

Alat pembelajaran kode ini sangat penting untuk melatih anak-anak untuk meningkatkan keterampilan coding mereka untuk mempersiapkan mereka menghadapi revolusi industri 4.0 di Indonesia.

Coding atau bahasa pemrograman adalah salah satu kunci sukses sampai saat itu. Belajar coding atau bahasa pemrograman tidak terbatas pada orang dewasa yang bekerja di dunia IT.

Bahkan anak-anak sekarang dapat belajar coding sejak usia dini, dan dengan cara yang jauh lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa saran tentang cara menggunakan kode kode anak-anak yang telah dirangkum HiTekno.com untuk Anda.

1. Stensil

Alat pembelajaran coding untuk anak-anak - Stencyl.  (Stencyl)
Alat pembelajaran coding untuk anak-anak – Stencyl. (Stencyl)

Anda dapat menggunakan alat ini di perangkat Mac atau Windows 10. Stencyl sebenarnya adalah alat yang memungkinkan anak-anak membuat game atau game mereka sendiri. Mereka hanya perlu menarik dan melepas beberapa surat yang dikirimkan ke ruang kerja di layar lebar.

Dimungkinkan juga bagi anak-anak untuk mengetik kode secara manual. Menariknya, game besutan Stencyl ini bisa dimainkan di Android, iOS, Windows, hingga Mac.

2. Tynker

Alat pembelajaran pengkodean untuk anak-anak - Tynker.  (Tinker)
Alat pembelajaran pengkodean untuk anak-anak – Tynker. (Tinker)

Tynker adalah tempat di mana anak-anak dapat membangun proyek dan bermain game menggunakan HTML, CSS, JavaScript, Python, dan Java. Mereka memiliki daftar lengkap rencana, algoritme, dan tantangan struktur data.

Anak-anak dapat membangun proyek ini dalam editor Web dan berbagi rencana dengan komunitas. Ruang ini untuk anak-anak berusia antara 5-18 tahun.

3. Hopscotch

Alat pembelajaran pengkodean untuk anak-anak - Hopscotch.  (Main jingkat)
Alat pembelajaran pengkodean untuk anak-anak – Hopscotch. (Main jingkat)

Hopscotch menggunakan bahasa program yang menarik. Anak-anak dapat diajari mengasah kemampuan dan imajinasinya dengan menggunakan alat ini, tanpa harus menguasai dasar-dasar penulisan kode program.

4. Alice

Alat pembelajaran coding untuk anak-anak - Alice.  (Alice)
Alat pembelajaran coding untuk anak-anak – Alice. (Alice)

Alice adalah platform yang memperkenalkan program 3D baru kepada anak-anak. Alice memungkinkan anak-anak membuat boneka dalam permainan interaktif sederhana.

Alice sangat mudah digunakan. Anak-anak sebagai pengguna hanya perlu drag and drop literatur ke dalam ruang kerja untuk membuat program.

Literatur yang tersedia di Alice juga sesuai dengan standar bahasa pemrograman standar, seperti Java, C#, dan sebagainya.

5. Ngopa

Alat pembelajaran coding untuk anak-anak - Scratch.  (Mongoapa)
Alat pembelajaran coding untuk anak-anak – Scratch. (Mongoapa)

Scratch diproduksi oleh Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab. Scratch adalah permainan kode online gratis untuk anak-anak yang memungkinkan anak-anak membuat cerita, permainan, dan kartun mereka sendiri. Mereka juga dapat membagikannya dengan komunitas online.

Berikut adalah beberapa saran tentang cara menggunakan kode informasi ini untuk anak-anak. Semoga berhasil.

Asisten: Pasha Aiga Wilkins



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/04/18/101909/5-rekomendasi-aplikasi-belajar-coding-untuk-anak-dijamin-asyik


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news