Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Digital Diluncurkan pada 30 April, Kominfo Ingatkan Orang untuk Beli Kotak Pertama

Gambar televisi. (Pixabay / afra32)

Kelasmekanik.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Komunikasi telah mengumumkan bahwa fase pertama siaran analog digital TV digital akan dimulai pada 30 April 2022.

Kemudian TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) fase 3 akan dimulai secara bersamaan pada tanggal 30 November 2022.

Untuk itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengingatkan masyarakat untuk mengecek apakah TV mereka mendukung format digital (DVB-T2) atau tidak.

Saya juga ingin mengingatkan orang-orang yang memiliki TV untuk memeriksa apakah TV mereka DVB-T2 atau tidak. Jika Anda memiliki DVB-T2, maka Anda bisa mendapatkan layanan digital secara otomatis. Tetapi jika tidak, Anda perlu menginstal STB,” kata Plate saat ditemui di Kantor Perhubungan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Untuk menyukseskan program tersebut, Plate mengaku bekerja sama dengan penyedia multiplexing untuk menyediakan Set Top Box (STB) kepada keluarga miskin agar mereka dapat menikmati TV digital.

Set top box TV digital.  (politron)
Set top box TV digital. (politron)

Kami bekerja dengan penyedia multiplexing untuk menyediakan STB bagi keluarga miskin“Dia berkata.

Sedangkan untuk masyarakat kelas menengah atau yang tidak tergolong miskin, Plate mengecek rata-rata TV mereka sekarang sudah digital.

Bagi masyarakat yang tidak tergolong miskin, yang memiliki televisi. Jadi segera pastikan TV bisa mengakses siaran digital. Efektif 30 April 2022dia menjelaskan.

Sebelumnya, Kominfo mengimbau masyarakat untuk segera membeli perangkat STB jika tidak memiliki TV yang mampu menangkap siaran TV digital.

Membeli STB sendiri bukanlah hal yang mudah, tetapi yang terbaik adalah mereka yang telah mendapatkan sertifikasi Kominfo untuk memiliki akses ke siaran TV digital di Indonesia.

Apakah TV Anda mendukung siaran TV digital atau tidak, jika hanya mendukung TV analog, diperlukan top box khusus. (Suara.com/ Dicky Prastya).



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/30/150840/tv-digital-mulai-berlaku-30-april-kominfo-ingatkan-masyarakat-beli-set-top-box


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news