Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Traktat Mobil Tidak Bisa Dimulai Dengan Cara Mengatasinya

kelasmekanik.com – Menghadapi berbagai masalah dengan mobil terkadang menimbulkan ketakutan dan emosinya, e. Apalagi jika mobil yang akan Anda kendarai tiba-tiba tidak mau menyala. Anda dapat membayangkan betapa mengerikannya jika insiden itu terjadi dalam keadaan darurat dan di area di mana Anda perlu menyalakan mobil Anda.

Namun jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab mobil yang tidak bisa distarter, dan diakhiri dengan cara mengatasinya agar anda bisa mengetahui lebih dalam tentang cara mengatasi mobil yang tiba-tiba tidak bisa distarter saat anda memulainya. ingin menggunakannya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu tetap tenang dan tidak takut. Rasa takut berada dalam situasi yang sulit akan membuat Anda semakin sulit untuk menemukan jalan keluar. Bernapas dalam diam adalah cara jitu untuk menghilangkan rasa takut yang ada.

Karena mobil tidak bisa digunakan

Pusat Mobil

Mobil yang tidak bisa hidup atau pembukaan kembali seringkali memiliki sejumlah penyebab kausal yang sudah lama tidak terlihat. Coba ingat-ingat, apakah ada kerusakan ringan pada mobil kesayangan Anda dalam beberapa hari atau minggu terakhir ini?

1. Masalah Tiang Baterai

Kendaraan non-start-up sering mengalami masalah listrik. Segera periksa baterai dan bersihkan. Tiang (+) pada baterai biasanya yang tercepat dan terburuk. Kotoran dan jumlah yang terakumulasi dalam perhitungan tentu akan mengganggu kinerja baterai, yang dapat menyebabkan kerusakan, membuat mobil sulit untuk dihidupkan atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali. Memeriksa dan membersihkan aki secara teratur akan mengurangi risiko kecelakaan mobil dan menyulitkan untuk memulai.

2. Dinamo Starter

Alasan lain mobil sulit untuk dihidupkan adalah dinamo starter. Dinamo starter adalah komponen lain yang berfungsi untuk menggerakkan dinamo mobil agar mobil dapat menyala.

Jika dinamo starter rusak maka akan mempengaruhi tenaga mesin mobil itu sendiri. Untuk mobil tangan, masalah seperti ini masih bisa diselesaikan dengan mendorong mobil. Tetapi untuk kendaraan self-propelled, satu-satunya solusi adalah membawanya ke bengkel terdekat.

Jika dinamo starter mati, jangan paksa mobil untuk menstarter, karena hal ini akan meningkatkan suhu dinamo dan merusak dinamo starter. Temperatur panas dinamo juga dapat menyebabkan beberapa bagian penting mobil terbakar.

Baca juga: Penyebab Kendaraan Brebet dan Cara Mengatasinya

3. Periksa komponen Listrik Otomotif

Beberapa komponen kunci power supply mobil harus dijaga dalam kondisi yang baik agar mobil dapat terbuka penuh saat distarter. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap bagian-bagian penting kendaraan, sehingga segala jenis kerusakan dapat dideteksi dengan cepat sebelum Anda memulai perjalanan.

Cara Memenangkan Mobil yang Sulit untuk Memulai

Setelah mengetahui beberapa penyebab susah start up, sebaiknya lanjutkan membaca cara mengatasi mobil susah start, agar hal ini tidak menjadi masalah tidak mengganggu semangat traveling Anda.

1. Periksa Baterai dan Status Sekring

Jika mobil Anda tidak hidup secara tiba-tiba, periksa aki dan sekeringnya. Periksa baterai dengan memeriksa voltase untuk mengetahui ketinggian air. Jika baterai bermasalah, Anda dapat menabrak kendaraan lain.

Namun jika jumper sudah dibuat dan kendaraan tidak mau distarter, coba perhatikan kondisi sekringnya, apakah ada benda putus atau ada masalah power supply. Jika sekring putus, solusi terbaik adalah memindahkan mobil ke bengkel terdekat sesegera mungkin.

Baca juga: Penyebab Kematian Mobil dan Cara Mengatasinya

2. Periksa Karburator

Karburator yang tertutup debu dan kotoran akan membuat mobil tidak bisa distarter saat distarter. Periksa karburator untuk memastikan karburator bersih dan tidak ada masalah dengannya. Karena karburator yang kotor pada mobil yang menggunakan sistem EFI akan menimbulkan masalah yang cukup berarti bagi mobil, salah satunya adalah mengapa mobil susah untuk distarter.

3. Periksa Mesin Mulai

Menghidupkan mesin adalah bagian dari mobil yang berfungsi untuk menggerakkan roda pada mesin mobil. Jika mesin starter rusak, jelas mobil akan sulit dihidupkan. Lihat bagian dinamo dan periksa apakah ada suara yang datang dari luar bagian ini. Segera bawa mobil ke bengkel terdekat jika masalah belum teratasi dan mobil masih tidak mau menyala saat dihidupkan.

Yah, itu hanya beberapa Penyebab mobil susah di start dengan cara mengatasinya benar. Sebelum panik dan membawanya langsung ke bengkel, ada baiknya Anda mengecek beberapa bagian mobil, mis. Jangan lupa untuk memastikan mobil sudah siap jalan sebelum Anda berangkat. Jaga kebersihan dan kualitas suku cadang mobil agar mobil Anda tetap dalam kondisi baik dan prima, men. Mengemudi dengan senang hati.

Sumber Artikel: automilenia