Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenisnya

Jaringan komputer adalah platform komunikasi untuk TI yang digunakan dalam berbagai cara dan dapat mencakup berbagai jaringan.


Pada abad ke-20 hingga ke-22, proses teknologi terpenting adalah mengumpulkan, memproses, dan mendistribusikan.

Komputer dan wawancara telah terintegrasi dan interaksi mereka memiliki efek yang mendalam pada sistem komputer. Sistem baru ini dikenal dengan istilah jaringan komputer atau computer network.

Model lama dari satu komputer yang melayani semua kebutuhan komputer organisasi telah digantikan oleh jenis baru sejumlah besar komputer yang terpisah tetapi terhubung.

Cara kedua ini disebut jaringan komputer.

Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian jaringan komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang menggunakan metode komunikasi digital umum untuk tujuan berbagi data melalui node jaringan.

Jaringan antar node terbentuk dari berbagai teknologi komunikasi jaringan dan didasarkan pada sistem kabel nirkabel fisik, optik, dan nirkabel. Dapat diatur ke dalam berbagai topologi jaringan.

Setiap printer, komputer, atau mesin yang dapat berkomunikasi secara online disebut “perangkat”. Perangkat itu sendiri dapat didefinisikan sebagai komputer pribadi, server, perangkat jaringan, atau host untuk tujuan umum.

kerja jaringan komputer

1. Manajemen Kesalahan

Manajemen Kesalahan

Jaringan komputer memiliki banyak tanggung jawab seperti mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, dari satu ujung ke ujung yang lain, dan dari perangkat ke perangkat lainnya.menerima, yang mencakup banyak langkah dan masing-masing dapat membuat kesalahan.

Dengan menggunakan metode error management maka dapat dipastikan data yang dikirim dan diterima adalah sama.

2. Kontrol Aliran

Alur kontrol

Ketika sebuah paket dikirim dari satu penerima ke penerima lain dengan cara yang sama, pengirim dan penerima harus bekerja pada kecepatan yang sama. Artinya, pengirim mengirim dengan kecepatan yang dapat digunakan penerima untuk memproses dan menerima data.

Jika pengirim dapat mengirim terlalu cepat, penerima mungkin terlalu penuh dan beberapa data mungkin hilang.

3. Kontrol akses

Kontrol akses

Akses ke jaringan adalah cara untuk meningkatkan keamanan jaringan organisasi swasta dengan mengurangi ketersediaan sumber daya jaringan ke pengguna akhir yang mematuhi kebijakan keamanan organisasi.

Program kontrol akses jaringan terdiri dari dua komponen utama, yaitu “akses terbatas” dan “perlindungan batas jaringan”.

4. Dekripsi dan Enkripsi

Dekripsi dan Enkripsi

Dekripsi dan enkripsi adalah sistem keamanan di mana informasi dimasukkan dengan cara yang hanya dapat dibaca oleh pengguna yang berwenang.

Beberapa jaringan menggunakan algoritma enkripsi untuk membuat ciphertext yang hanya dapat dibaca ketika dihapus. Dengan kata lain, jaringan komputer membuat semua informasi lebih aman.

5. Multiplexing dan Demultiplexing

Multiplexing dan Demultiplexing

Multiplexing adalah metode yang memungkinkan aliran transmisi analog dan digital yang berbeda dioperasikan secara bersamaan pada koneksi bersama.

Meskipun demultiplexing berbeda dari proses multiplexing, ini adalah proses mengubah sinyal dengan beberapa arus analog atau digital kembali ke sinyal asli yang terpisah dan tidak terkait.

6. Tingkatkan Penyampaian Informasi

Tingkatkan Penyediaan Informasi

Jaringan komputer membuat proses transfer data/berbagi data menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini memungkinkan setiap pengguna untuk lebih diperbarui dengan informasi yang mereka butuhkan.

Kelebihan jaringan komputer

Jika Anda menjalankan bisnis yang sedang berkembang, Anda mungkin memahami bahwa solusi TI berkualitas tinggi sangat penting untuk kesuksesan bisnis, dan jaringan komputer adalah salah satu solusi TI terpenting yang dapat Anda gunakan. .

Alasan mengapa jaringan komputer harus digunakan adalah karena memiliki banyak kelebihan seperti berikut ini:

1. Membantu Bisnis Anda Tumbuh

Membantu Bisnis Anda Tumbuh

Jaringan komputer memungkinkan Anda untuk menyimpan data bisnis penting di lokasi pusat. Anda juga dapat mengakses data dari komputer lain di jaringan yang sama, dan memodifikasinya bila perlu.

Jaringan komputer juga memungkinkan karyawan Anda untuk berbagi ide dengan lebih mudah dan bekerja lebih efisien.

Tentunya hal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan dan menghasilkan pendapatan yang lebih bagi perusahaan. Lebih penting lagi, jaringan komputer memungkinkan Anda mengirimkan produk atau layanan ke seluruh dunia dengan kecepatan tercepat.

2. Biaya Rata-Rata dari Biaya Bagus

Tarif Biaya Bagus

Katakanlah perusahaan Anda memiliki beberapa komputer yang tidak terkait, dan kemudian setiap komputer membutuhkan pencetakan agar karyawan dapat mencetak dokumen.

Membeli printer untuk setiap komputer, pada kenyataannya, mahal, yang dapat diinvestasikan dalam hal-hal lain.

Jika semua komputer dan printer terhubung ke jaringan komputer, maka Anda hanya membutuhkan satu printer.

3. Berbagi File jauh lebih mudah

Berbagi File Menjadi Mudah

Berbagi file bisa sangat mudah karena Anda tidak perlu lagi menyalin file dari satu komputer ke komputer lain melalui USB seperti dulu.

4. Tingkatkan Kapasitas dan Volume Penyimpanan

Tingkatkan Kapasitas dan Volume Penyimpanan

Katakanlah bisnis Anda memiliki 20 komputer dengan 2 drachma setiap terabyte. Saat Anda menghubungkan semua komputer, Anda memiliki penyimpanan gabungan sebesar 40 terabyte.

Ini sangat penting karena di sebagian besar bisnis, data digunakan oleh banyak karyawan.

Dikatakan Anda memiliki beberapa file gambar umum, yang akan digunakan setiap pengguna pada waktu yang berbeda. Jika 20 komputer Anda tidak terhubung ke jaringan, Anda harus menyimpan salinan file gambar ke 20 komputer yang ada.

Namun di jaringan, Anda hanya perlu menyimpan file ke salah satu dari 20 komputer atau server pusat.

5. Akses Pertukaran

Fleksibilitas Akses

Katakanlah Anda membuat laporan di PC Anda, tetapi Anda harus berhenti karena sudah waktunya makan siang. Namun, laporan ini harus segera diselesaikan.

Jika komputer kantor Anda terhubung ke internet, Anda masih dapat terus membuat laporan di tablet atau laptop Anda saat makan siang.

6. Melindungi Informasi Penting

Melindungi Informasi Penting

Informasi bisnis tidak akan pernah bisa sepenuhnya aman tanpa akses aman ke alat dan file jaringan. Profesional TI dapat merancang fitur keamanan untuk jaringan Anda berdasarkan standar keamanan tertinggi.

Setelah itu, Anda dapat memilih karyawan mana yang dapat memperoleh informasi terpenting tentang perusahaan, peralatan, dan sumber daya lainnya.

Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer

Ada banyak jenis jaringan yang dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda dan untuk berbagai jenis orang dan organisasi. Beberapa di antaranya adalah:

  • LAN (Jaringan Area Lokal): jaringan yang menghubungkan komputer ke ruang terbatas, seperti sekolah, kantor atau rumah.
  • PAN (Jaringan Area Pearson): jaringan berdasarkan tempat kerja individu. Perangkat individu berfungsi sebagai pusat jaringan, dan perangkat terkait lainnya.
  • HAN (Jaringan Area Rumah): jaringan yang mampu menghubungkan perangkat di lingkungan rumah, seperti komputer pribadi, tablet, smartphone, printer, TV, dan sebagainya.
  • WAN (Jaringan Area Luas): jaringan yang mencakup area yang lebih luas, biasanya dengan radius lebih dari 1 km.
  • MAN (Jaringan Area Metropolitan): jaringan lurus yang menghubungkan dua atau lebih LAN ke kota/daerah yang sama, yang dapat dihubungkan ke WAN.
  • Marang-rang: Hubungkan jaringan yang berbeda untuk membangun jaringan yang lebih besar.
  • Bisnis Online: jaringan independen yang digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan berbagai lokasinya sehingga lokasi yang berbeda dapat berbagi sumber daya.

Jaringan komputer adalah dasar komunikasi di bidang TI yang digunakan dalam berbagai cara dan dapat mencakup berbagai jaringan.

Gambaran singkat tentang jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung sehingga dapat saling berbagi informasi. Contoh jaringan komputer yang baik adalah internet.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news