Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil ditanyakan dan cara terbaik untuk mengatasinya

kelasmekanik.com – Segera setelah Anda menghidupkan mesin mobil untuk pertama kali di pagi hari atau beberapa saat setelah Anda tidak menggunakannya, mesin atau mobil bergetar tidak normal. Inilah yang disebut dengan mobil pincang. Jika Anda mengalami hal ini, segera cari tahu penyebab mobil malas yang Anda miliki.

Mengapa penting untuk mengetahui penyebab mobil yang ditanyakan? Pincang yang terjadi berarti ada masalah pada mesin. Bahkan jika getaran abnormal hanya berlangsung beberapa detik, masalah dapat menyebar ke area lain jika tidak terdeteksi dan segera diselesaikan. Nantinya, kecepatan mobil bisa jadi tidak stabil.

Sebuah mobil lumpuh, di sisi lain, mungkin tampak tidak signifikan pada awalnya. Jika diketahui sebelumnya, Anda mungkin bisa memperbaikinya tanpa harus segera ke bengkel.

5 Penyebab Mobil Terbaik Yang Harus Anda Ketahui

Piston Mobil

Sudah dikatakan di atas bahwa Anda tidak boleh meremehkan mobil malas meskipun hanya terasa sesaat. Percepat temukan penyebab kecelakaan mobil dengan memeriksa berbagai komponen. Untuk membantu dan mempermudah dalam mendiagnosis masalah mobil lumpuh, cari tahu beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Masalah dengan Busi Pengapian

Ketika Anda mendengar masalah saat mesin mobil bergetar tidak normal, busi adalah hal pertama yang harus Anda periksa. Busi yang tidak tepat dapat menyebabkan kebakaran tidak berfungsi dan mesin tidak dapat dihidupkan.

Lihatlah busi dan perhatikan posisinya. Jika titik busi terlihat basah, Anda mungkin perlu menggantinya agar luka bakar lebih baik.

2. Masalah Kumparan

Kumparan biasanya terdapat di dalam silinder dekat busi. Ini bisa menjadi masalah ketika Anda mengembalikan busi dan Anda tidak melihat hasilnya. Bagian ini mungkin memiliki masalah dengan kabel atau silinder. Anda harus mengujinya dengan mengubah atau mengubah posisi ulir jika ingin mengetahui hasilnya.

3. Vaksin Kerusakan atau Pencegahan Lemak

Getaran halus yang menyebabkan mobil kram tidak selalu menjadi masalah pada busi. Mungkin komponen lain yang berhubungan dengan panas.

Salah satunya adalah injeksi atau kerusakan lemak tertutup. Injeksi dapat ditutup karena akumulasi puing-puing.

Baca juga: Penyebab Kematian Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Cincin piston rusak dan silinder aus

Masalah lain yang bisa menjadi penyebab kecepatan mobil Anda tidak stabil adalah tekanan yang berkurang. Jika Anda melihat tekanan seperti ini, itu berarti lingkaran piston berkurang untuk bekerja atau silinder kosong.

Disini penting untuk merawat dan mengganti oli mesin secara rutin agar mesin tidak cepat lelah akibat gesekan.

5. Filter Udara, Detektor Bahan Bakar, dan/atau Kontrol Iddle Peed Tertutup

Bukan hanya kerusakan atau penyumbatan pada injeksi bahan bakar yang menyebabkan mesin menjadi overheat. Filter udara, filter bahan bakar, dan kontrol kecepatan idle juga dapat terhalang oleh limbah.

Cara Terbaik Mengatasi Penyebab Mobil Lame

Apa yang harus Anda lakukan jika mobil bergetar tidak normal dan tidak terbuka? Hal ini dapat terjadi pada pagi atau sore hari sebelum workshop dibuka.

Jangan panik sekarang, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk mengetahuinya penyebab mobil lumpuh dan cara memperbaikinya sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke bengkel.

1. Jangan Takut Dan Siapkan Sarung Tangan Karet

Jika mobil yang Anda kendarai mengalami kecelakaan mobil, terutama hingga mesin tidak mau hidup, jangan langsung panik. Carilah sarung tangan karet yang sering dijumpai pada aksesoris mobil sederhana. Sarung tangan ini penting karena merupakan isolator sehingga dapat melindungi Anda dari panasnya mesin mobil dan keluaran tenaga.

2. Lihat Bagian Busi

Mobil lumpuh biasanya akibat kebakaran sebagian, seperti yang dijelaskan di atas. Bagian busi yang rusak mungkin menjadi penyebab pertama.

Baca juga: Penyebab Kekurangan Kendaraan dan Cara Mengatasinya

3. Periksa Silinder dan Kumparan

Saat mengganti busi tidak berfungsi, Anda harus memeriksa silinder dan kabelnya. Fitur ini sebenarnya adalah percikan yang mengarah ke busi. Dengan demikian, ada kemungkinan koil yang dimasukkan ke dalam silinder mengalami kerusakan.

Keluarkan drum dan coba tukar senar di dalam silinder sampai Anda menemukan kesalahan yang benar. Untuk memeriksa silinder dan koil, jangan lupa memakai sarung tangan! Karena untuk mencobanya sesekali harus mencoba menyalakan mesin.

4. Periksa Tekanan Tekanan

Tekanan kompresi biasanya dinyatakan dalam temperatur. Anda harus memeriksa silinder dan ring piston. Ganti dengan yang baru jika sudah terlihat lelah.

5. Membersihkan Semua Film Di Mesin

Langkah terakhir yang dapat Anda ambil untuk menaklukkan mobil yang skeptis adalah dengan memeriksa dan membersihkan semua mata-mata mesin. Udara kotor dapat mematikan mesin.

Harus 5 penyebab mobil mogok dan cara terbaik untuk mengatasinya Apa yang perlu Anda ketahui. Hal ini tidak penting tetapi sangat penting karena dapat membantu Anda ketika sulit untuk menemukan tempat untuk memperbaiki sesuatu, untuk memperbaikinya, bukan?

Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news