Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IDC: MediaTek Menjadi Pemasok Chipset Terbesar di Amerika

logo MediaTek. (MediaTek)

Kelasmekanik.com – Firma riset pasar, IDC, telah mengeluarkan laporan terbaru tentang segmen pasar chipset. Menurut laporan IDC, MediaTek sudah berada di depan Qualcomm di pasar AS.

MediaTek dikenal memperoleh pangsa pasar 48,1 persen sementara Qualcomm mengakuisisi 43,9 persen di Amerika Serikat pada Q4 2021.

IDC menjelaskan bahwa pilihan sistem dapur pacu MediaTek di beberapa ponsel Samsung telah mendorong pertumbuhan pangsa pasar chipset.

Angka penjualan yang mengesankan untuk Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A32 juga menjadi faktor pertumbuhan pangsa pasar MediaTek.

Pilihan dapur dimensity Ponsel T-Mobile telah menghasilkan keuntungan dengan MediaTek. Namun, ada pernyataan kontradiktif dari Counterpoint Research.

Dimensi MediaTek 1300. (MediaTek)
Dimensi MediaTek.(MediaTek)

Dikutip dari GSMArena, Counterpoint Research menyatakan dalam laporannya bahwa Qualcomm saat ini memegang 55 persen pasar ponsel Android AS. Sementara itu, MediaTek berhasil mengamankan 37 persen pasar di negeri Paman Sam itu.

Pada konferensi pers yang diselenggarakan oleh MediaTek tahun lalu, Wakil Rektor MediaTek, Finbarr Moynihan, mengatakan bahwa mereka sangat bangga mencatat pertumbuhan di tahun 2019.

Tahun itu, MediaTek melaporkan pajak hingga $8 miliar. Pendapatan mereka meningkat menjadi $ 10,9 miliar pada tahun 2020 di mana pangsa ponsel (smartphone dan laptop) telah mencapai 43 hingga 48 persen.

Pangsa pasar chipset di seluruh Amerika Serikat tahun 2021.  (PCMag IDC)
Pangsa pasar chipset di seluruh Amerika Serikat tahun 2021. (PCMag IDC)

MediaTek menghasilkan pendapatan sebesar US$3,8 miliar (Rp55 triliun) pada kuartal pertama 2021 dan naik menjadi US$4,4 miliar (Rp63,4 triliun) pada kuartal kedua 2021.

Pejabat perusahaan mengungkapkan bahwa kenaikan tersebut setara dengan berbagai segmen termasuk Mobile Phone, IoT, Smart Home, dan Power IC.

Dalam hal pangsa pasar global, data Counterpoint mengungkapkan bahwa MediaTek tetap menjadi yang pertama dalam hal pengiriman chip hingga 40 persen pada Q3 2021.

Angka ini meningkat dibandingkan Q3 2020 yang sebesar 33 persen. Qualcomm sendiri telah merebut 27 persen pasar chip global pada Q3 2021. Performa MediaTek diprediksi akan semakin bersinar mengingat banyak produknya yang berdaya saing tinggi di entry dan kategori tingkat menengah.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/03/112840/idc-mediatek-jadi-pemasok-chipset-android-terbesar-di-as