Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gandeng BMKG, Xiaomi Uji Fitur Peringatan Dini Gempa

Xiaomi Indonesia Ambil Peringatan Gempa Pertama (Xiaomi Indonesia)

Kelasmekanik.com – Xiaomi Indonesia telah mengumumkan peluncuran uji gempa pertama (EEW). Untuk itu, perseroan menjalin kerja sama dengan China Nursing Health Center dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dengan mengimplementasikan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi Indonesia akan diberi tahu saat terjadi gempa di wilayah tersebut, yang menjadikan sistem peringatan gempa pertama sebagai bagian penting dalam memberikan waktu kepada pengguna untuk menyelamatkan diri.

Apa itu EEW dan bagaimana cara mengaktifkannya?

Fitur peringatan seismik pertama akan mengingatkan pengguna hingga dua belas detik sebelum gelombang kedua tiba menggunakan kecepatan arus listrik yang lebih cepat dari gelombang kedua.

Setelah perangkat dibuka kuncinya di smartphone Xiaomi, setelah pusat pemantauan mendeteksi gempa, ia akan menghubungkan informasi server pra-peringatan Xiaomi melalui saluran khusus, dan Xiaomi akan menggunakan saluran tersebut terlebih dahulu untuk mendorong informasi peringatan tersebut ke hadapan pengguna. area yang terkena efek.

Setiap informasi di EEW akan menunjukkan besarnya gempa yang terkait dengannya, perkiraan tingkat kedatangan, dan besarnya akan dipantau di layar smartphone dengan membaca.

Kebutuhan smartphone untuk memulai peringatan gempa tergantung pada kekuatan dan lokasinya, dan indikator waktu dan energi yang dilihat oleh pengguna di lokasi yang berbeda akan bervariasi.

Peringatan yang akan diterima oleh pengguna Indonesia terjadi ketika magnitudo gempa mencapai IV atau lebih tinggi menurut skala MMI (Modified Mercalli Intensity) yang digunakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Fitur ini memerlukan koneksi data agar berfungsi.

Format EEW ini kompatibel dengan smartphone Xiaomi yang menjalankan MIUI 12, MIUI 12.5, dan MIUI 13. Xiaomi Indonesia telah menyelesaikan proses beta test untuk perangkat yang didukung sebelum memutuskan untuk membawa fitur ini ke Indonesia.

Fitur ini membutuhkan otorisasi dari pengguna untuk digunakan dengan mempertimbangkan privasi pengguna. Smartphone akan membunyikan suara peringatan saat terjadi gempa, Xiaomi Indonesia menyarankan pengguna untuk membiasakan diri dengan suara tersebut.

Xiaomi menyambut umpan balik pengguna selama uji coba ini dengan mengomentari Link ini.

Xiaomi Indonesia Ambil Peringatan Gempa Pertama  (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi Indonesia Ambil Peringatan Gempa Pertama (Xiaomi Indonesia)

Bagaimana peran EEW sampai ke smartphone Xiaomi Indonesia?

Teknologi EEW dikembangkan oleh Institute of Care-life (ICL) di Chengdu, China, sejak 2008. Institut ini telah berhasil mengirimkan hingga 65 alarm gempa tanpa kesalahan sejauh ini dalam implementasinya di China.

Pada tahun 2019, ICL dan BMKG dari Indonesia berkolaborasi untuk mengembangkan teknologi ini di Indonesia. Teknologi ini sedang dikembangkan dengan harapan dapat membantu lebih banyak pengguna Indonesia untuk menerima peringatan dan mencegah hilangnya harta benda dan nyawa.

Sementara itu, Xiaomi telah bekerja sama dengan ICL selama bertahun-tahun, memimpin penerapan fitur ELW ICL untuk smartphone Xiaomi. Xiaomi merupakan merek smartphone pertama di dunia dengan performa EEW di level sistem operasi. Saat ini, EEW berjalan dengan baik di China.

Melalui kemitraan antara ICL dan BMKG, Xiaomi juga telah meluncurkan proyek yang akan memfasilitasi proses ini untuk smartphone Indonesia, menjadikannya pasar terbesar kedua di dunia yang menerima saham EEW, smartphone Xiaomi.

Selamat datang di implementasi berkelanjutan dari sistem peringatan gempa pertama untuk smartphone Xiaomi. Review akan terus dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan di Indonesia. Semoga bagian ini bermanfaat bagi warga negara IndonesiaKata Rahmat Triyono, Kepala Pusat Seismologi, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Mengapa proyek ini dilaksanakan?

Direktur ICL Wang Tun menjelaskan bahwa Indonesia berada di tengah-tengah sabuk vulkanik paling banyak di dunia – sirkum-Pasifik, yang membuatnya rentan terhadap gempa bumi.

Kehadiran komponen EEW untuk smartphone Xiaomi di Indonesia akan membantu warga Indonesia dengan mudah menerima alarm gempa dengan perangkatnya dan membantunya.“dia berkata.

Xiaomi mengapresiasi dukungan pemerintah Indonesia terhadap proyek ini. Penggemar Xiaomi dan pengguna Indonesia selalu mendukung merek kami, sesuatu yang selalu kami banggakan. Dengan pemikiran ini, kami berharap dapat membantu warga negara Indonesia dalam kegiatan CSR sebagai perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial.,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Zhu Xi dari Komite Teknologi Perusahaan Xiaomi menjelaskan, “Merupakan suatu kehormatan bagi Xiaomi untuk dapat berkontribusi pada proyek yang berarti ini setelah bekerja dengan begitu banyak pemangku kepentingan selama lebih dari setahun. Selama masa uji coba ini, kami berharap pengguna Xiaomi dapat menerapkan fitur ini dan memberikan masukan yang berharga.. “



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/31/173753/gandeng-bmkg-xiaomi-uji-coba-fitur-peringatan-dini-gempa-bumi


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news