Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Terbaik untuk Menghemat Data jika Diperlukan

Paspor Digital Barat saya. (Digital Barat)

Kelasmekanik.com – Setiap tanggal 31 Maret diperingati sebagai Hari Cadangan Sedunia, untuk memperingati pentingnya memiliki data cadangan dalam kehidupan sehari-hari. Segera simpan datanya sebelum menyesal di kemudian hari.

Perayaan ini jatuh pada tanggal 31 Maret, agar kita tidak melakukan kesalahan dan kehilangan data penting hanya karena lupa menyimpan, seperti menyontek di Hari April Mop.

Apalagi di masa epidemi ini, dimana dalam dua tahun terakhir hampir semuanya memiliki waktu dan jaringan Pekerjaan Rumah (WFH), jumlah konten dan data digital meningkat sangat cepat.

Pada tahun 2020, jumlah data yang dihasilkan di seluruh dunia telah mencapai 54,2 miliar (zettabytes), meningkat 56,6% dari tahun sebelumnya. Angka ini diperkirakan akan meningkat di atas 180 ZB pada tahun 2025. Sebagai perbandingan, 1 zettabyte sama dengan 1 triliun gigabyte.

Seiring dengan banyaknya konten digital yang diproduksi, baik di PC, laptop, tablet maupun smartphone, backup data menjadi faktor penting yang tidak boleh dilupakan.

Padahal, data digital yang kita miliki saat ini bukan lagi sekadar foto dan video biasa, melainkan file pekerjaan, dokumen penting, dan informasi penting lainnya.

Oleh karena itu, dengan Hari Pencadangan Sedunia ini, sangat penting untuk menetapkan rutinitas baru pencadangan data. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan Western Digital, untuk menyimpan data dengan benar dan sesuai kebutuhan:

Western Digital My Passport Ultra.  (Digital Barat)
Western Digital My Passport Ultra. (Digital Barat)

1. Gunakan flash drive USB.

USB Flash drive adalah solusi sederhana, cepat dan murah untuk menyimpan file, foto, dan video dari ponsel cerdas Anda.

Saat ini terdapat dua konektor USB seperti SanDisk Ultra Dual Drive Luxe, yang dapat dengan mudah mentransfer file antara smartphone, tablet, Mac, dan komputer/laptop dengan colokan Type-A.

Bagi pengguna iPhone yang sering tidak memiliki pilihan untuk menambah memori ponselnya, maka Flash Drive SanDisk iXpand Luxe hadir dengan koneksi ganda untuk memudahkan dalam mentransfer dan menyimpan file ke iPhone, iPad Pro, Mac dan lainnya. perangkat yang menggunakan USB Type-C. , termasuk ponsel Android.

2. Siapkan Drive Eksternal Untuk Daya Ekstra

Saat dunia konten digital tumbuh (240.000 foto diunggah ke Facebook dan 65.000 foto diunggah ke Instagram per menit), penyimpanan 1TB mungkin tidak cukup untuk beberapa pengguna.

Profesional digital, seperti fotografer, pembuat konten, pembuat video, dan desainer, mungkin memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan untuk menyimpan file mereka.

Untuk kemampuan tambahan, Anda dapat menggunakan drive eksternal. Drive eksternal saat ini dibagi menjadi dua opsi: Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

Masing-masing opsi tersebut memiliki kelebihannya, sehingga Anda dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. HDD biasanya lebih murah dalam hal kapasitas penyimpanan dan SSD unggul dalam kecepatan dan daya tahan tinggi.

Memanfaatkan drive eksternal ini, Anda dapat menjadwalkan pengingat bulanan atau triwulanan secara teratur, menyimpan foto dan video di ponsel cerdas Anda di hard drive eksternal.

Untuk menyederhanakannya, Western Digital menyediakan perangkat lunak “cadangan” untuk perangkat HDD & SSD-nya, yang akan membantu menyimpan file berkapasitas tinggi, baik di perangkat maupun di akun cloud kami.

Pencadangan ini bekerja secara otomatis sesuai dengan preferensi Anda (harian, mingguan, bulanan, atau jadwal apa pun yang Anda inginkan). Dengan begitu, pengguna tidak perlu menyimpan file secara manual.

3. Untuk koneksi otomatis, Cloud adalah pilihan yang tepat

Drive dan penyimpanan USB bagus, tetapi terkadang Anda ingin Cloud Cloud menyimpan data digital Anda di satu tempat.

Pilihan lainnya adalah WD My Cloud Home, perangkat penyimpanan cloud yang mudah digunakan dengan menghubungkannya ke router Wi-Fi rumah Anda.

Tidak seperti Network-Attached Storage (NAS), WD Cloud Home adalah solusi sederhana dan skalabel untuk menyimpan foto, video, dan dokumen lainnya. Semua pengguna dapat mengakses file di mana saja dan kapan saja, selama ada akses internet.

Pencadangan digital adalah hal yang sama yang perlu dilakukan. Karena kita baru menyadari pentingnya membuat backup ketika kita merasa kehilangan file digital penting atau foto dan video penting.

Selain itu, menurut survei dari Western Digital dan Deka pada tahun 2019, dua pertiga orang Indonesia kehilangan data di smartphone mereka.

Berikut adalah tiga cara untuk membuat cadangan data Anda. Informasi aman segera serta Hari Buku Sedunia atau Hari Buku Sedunia.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/31/170643/3-cara-terbaik-untuk-backup-data-sesuai-kebutuhan


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news