Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Format Request Flash Disk (Recommended)

Flashdisk merupakan salah satu media arsip yang paling banyak digunakan. Ukuran Flashdisk juga relatif kecil, memungkinkan pemiliknya untuk membawa Flashdisk kemana saja, dan Flashdisk memiliki daya yang cukup.

Selain fungsi tersebut, Flashdisk juga sangat mudah digunakan untuk menyalin atau menyimpan data apapun di dalamnya. Flashdisk terjangkau dan memiliki banyak pilihan produk dan kemampuan yang ditawarkan di pasaran.

Namun selain dari berbagai kelebihan tersebut, seringkali terdapat berbagai permasalahan yang muncul pada flashdisk, salah satunya adalah Flashdisk request format. Ketika masalah ini muncul, itu sering menyertai pesan “Anda perlu memformat disk pada drive E: sebelum Anda dapat menggunakannya. Apakah Anda ingin memformatnya?”

Penyebab Format Aplikasi Flash Disk

Flashdisk yang menampilkan pesan seperti di atas disebabkan oleh berbagai faktor, terutama masalah atau kesalahan pada sistem dan komponen. Pesan tersebut sering muncul tanpa henti ketika Anda menginstal Flashdisk di laptop atau PC dan kami hanya memiliki opsi untuk menghapus pop-up yang muncul.

Jika kita mengklik opsi Format disk, Flashdisk akan teredit dan data di dalamnya juga akan hilang. Adapun mengenai penyebab request formatting Flashdisk, diantaranya sebagai berikut :

  • Ini berisi virus sementara
  • Itu dipengaruhi oleh malware
  • Flashdisk dikonversi ke RAW
  • Komponen Flashdisk rusak
  • Flashdisk sudah tua
  • Sering-sering melepas flash drive tanpa melepasnya
  • Ada sistem file yang tidak berfungsi dengan baik
  • Dan seterusnya

Cara Menang Format Permintaan Flash Disk

Flashdisk yang menghasilkan pesan “Anda perlu memformat disk pada drive E: sebelum Anda dapat menggunakannya. Apakah Anda ingin memformatnya?” atau hanya Flashdisk yang meminta continuous format yang bisa menang. Namun, tidak semuanya dapat diperbaiki dan data tidak hilang, karena situasi masalah yang berbeda juga memiliki solusi yang berbeda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menangani pemformatan permintaan Flashdisk, Anda dapat membaca ulasan di bawah ini.

Perbaiki dengan CMD

Cara mengatasi request formatting Flashdisk yang pertama adalah dengan memperbaikinya dengan Command Prompt (CMD). Cara ini tidak akan menghapus data yang tersimpan di Flashdisk, karena kami hanya melakukan instruksi perbaikan untuk sistem Flashdisk yang tersedia melalui Command Prompt.

Berikut cara melakukannya:

  1. Tekan tombol campuran Windows + R untuk membuka jendela Jalankan.
  2. Di jendela ini, silakan ketik cmd lalu Masuk.
  3. Anda kemudian akan dibawa ke jendela Command Prompt, di jendela ini silakan ketik perintah CHKDSK / R / F E: lalu tekan Enter.
  4. Tunggu beberapa saat, hingga proses selesai. Huruf Pada perintah diatas silahkan ganti dengan huruf Flashdisk yang sudah anda install di komputer atau laptop anda.
  5. Selanjutnya, silakan ketik attrib -h -r -s / s / d *.* di baris perintah baru dan tekan Enter.
  6. Selesai, biasanya dengan Flashdisk ini akan kembali normal.

Jika pada perintah di atas, Flashdisk masih menampilkan pop-up dengan pesan format, maka coba ubah perintah dengan angka 5. attrib -s -r -h *.* / s / d / l lalu tekan Enter. Lakukan langkah ekstra ini sebelum menuju ke tahap selanjutnya agar data Flashdisk Anda tetap aman.

Perbaiki Manual Flashdisk

Langkah selanjutnya dan tidak menghilangkan data Flashdisk anda adalah scan Flashdisk dan lakukan perbaikan manual. Metode ini bekerja dengan baik dan mudah ditangani dengan flash disk yang meminta pemformatan berkelanjutan.

Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pertama, buka Windows Explorer dengan mengklik tombol Selesai Windows + E.
  2. Jika sudah terbuka, silahkan pilih manual Flashdisk yang terhubung dengan laptop atau komputer anda.
  3. Kemudian, klik kanan pada direktori dan pilih itu Barang-barang.
  4. Kemudian akan muncul tab baru, silahkan scroll ke bagian tersebut Peralatan.
  5. Lalu klik Lihat.
  6. Tolong, langkah selanjutnya Pindai drive / Pindai dan perbaiki drive lalu tunggu hingga proses scanning selesai.
  7. Setelah proses scanning, penyebab masalah Flashdisk akan sering muncul, meminta format serta cara atau solusi untuk mengatasinya.
  8. Harap ikuti hanya petunjuk yang tercantum di halaman perbaikan.

Edit Flashdisk

Jika kedua cara di atas sudah Anda coba, namun masalah flashdisk belum teratasi, maka Anda harus menyelesaikan aplikasi pop-up yang muncul di Flashdisk. Dengan cara ini data di Flashdisk serta pengaturan sistem Flashdisk akan terhapus, dan error juga akan hilang.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka File Explorer terlebih dahulu dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Jika sudah, pilih partisi flash disk yang dimasukkan, silahkan klik kanan dan pilih Struktur.
  3. Di jendela yang muncul berikutnya, silakan pilih jenis format Flashdisk di sistem File FAT32 atau ExFAT. Jangan lupa cek kolom Format cepat.
  4. Setelah itu silahkan klik Memulai untuk memulai pemformatan Flashdisk.
  5. Silahkan tunggu sampai proses selesai.
  6. Selesai, format permintaan kesalahan Flashdisk hilang dan data Flashdisk Anda juga hilang.

Saat menggunakan cara ini atau cara berikut, jangan lupa untuk menyimpan informasi penting yang masih dibutuhkan dari Flashdisk ke lokasi atau penyimpanan yang aman. Artinya, Anda dapat mengakses atau menyalin data ke Flashdisk setelah memformatnya.

Format Prompt Perintah

Opsi konfigurasi Flashdisk lebih sederhana dari yang sebelumnya adalah dengan perintah khusus yang hanya dapat ditemukan dengan Command Prompt. Pemformatan sebenarnya merupakan langkah terakhir dalam mengatasi berbagai masalah pada Flashdisk.

Cara pemformatan CMD adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol campuran Windows + R untuk membuka jendela Jalankan.
  2. Selanjutnya, ketik cmd di bagian Buka dan klik OK.
  3. Selanjutnya anda akan dibawa ke jendela Command Prompt, pada bagian ini silahkan masukkan perintah Untuk saya:.
  4. Huruf Pada perintah di atas, silahkan ubah script Flashdisk yang terpasang pada perangkat. Jika Anda memilikinya, cukup tekan tombol Memasuki.
  5. Kemudian jika sudah maka proses formatting akan dimulai, dan silahkan tunggu sampai proses selesai.
  6. Setelah mengisi format, Anda biasanya akan diminta untuk memberikan nama. Silakan beri nama sesuka Anda, ya.

Gunakan Format Tingkat Rendah HDD

Terakhir, kami memberikan salah satu cara terbaik untuk memformat Flashdisk, yaitu menggunakan alat HDD Low Level Format. Cara pemformatan ini tidak jarang, karena Low Level Format akan membersihkan data sampai ke akar-akarnya, sehingga membuat Flashdisk terlihat baru kembali.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan temukan perangkatnya Format Tingkat Rendah HDD Perangkat di internet. Atau Anda dapat mengunjungi tautan ini.
  2. Melepaskan permintaan saat itu kenya seperti biasa.
  3. Jika demikian, silakan membuka Alat Format Tingkat Rendah HDD.
  4. Kemudian pilih flash drive yang ingin Anda format, dan klik Melanjutkan.
  5. Maka Anda hanya perlu mengikuti panduan konfigurasi yang tercantum dalam aplikasi.
  6. Prosesnya hanya memakan waktu beberapa menit tergantung pada kemampuan dan banyak detail pada flash drive Anda.
  7. Tolong tunggu sampai selesai, oke?

Kata terakhir

Menangkan Flashdisk yang request mode continuous bisa dikatakan mudah dan susah. Namun, selama penyebab masalahnya bukan bagian darinya, tentu dapat dengan mudah diatasi dengan metode yang dijelaskan di atas.

Mungkin cukup artikel pertama dari seri ini tentang cara menangani Flashdisk untuk meminta format (paling kuat) yang dapat Anda gunakan sebagai panduan dan informasi. Kami harap Anda merasa berguna dan bermanfaat.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-flashdisk-minta-format/