Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah (Keluar dan Masuk) Fastboot Xiaomi Semua Tipe

Ponsel Xiaomi merupakan salah satu produk ponsel yang paling populer di Indonesia, karena ponsel ini memiliki banyak keunggulan, selain harganya yang murah, produk ini juga memiliki teknologi yang tidak kalah dengan jenis utama lainnya.

Produk handphone Xiaomi juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda, mulai dari tingkat masuk, tengah akhir, status tinggile bendera. Klasifikasi kondisi ini tergantung pada harga dan teknologi yang terlibat. Namun, kecuali terkadang ada masalah yang sering muncul, ponsel Xiaomi masuk ke fastboot secara tiba-tiba.

Fastboot sendiri adalah alat untuk paket Android SDK (Kit Pengembangan Perangkat Lunak) yang sering digunakan untuk berkilaumenjadi metode instalasi lain perbaikan le pemulihan. Tapi kesampingkan dulu, karena disini kita akan fokus membahas penyebab, dan cara keluar masuk fastboot Xiaomi.

Penyebab Xiaomi Fastboot

Alasan Xiaomi Fastboot bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik disengaja maupun tidak disengaja. Nah, disini kami akan memberikan beberapa fitur umum dan penyebab Xiaomi fastboot. Berikut beberapa alasannya:

  • Pengelolaan kesalahan atau firmware.
  • Fastboot terinstal karena masalah daya, terutama saat pengisian daya.
  • Tekan tombol secara tidak sengaja sepatu bot Xiaomi.
  • Menekan tombol volume bawah secara tidak sengaja, saat telepon dihidupkan.
  • Sistem tidak dapat dimuat dengan benar
  • Dan seterusnya.

Setelah itu, kami akan memberikan ulasan yang tepat untuk Anda yang ingin menginstal mode fastboot Xiaomi dengan sengaja, atau mereka yang memiliki masalah fastboot Xiaomi secara tidak sengaja dan tidak tahu cara keluarnya.

Jadi, silahkan baca artikel ini sampai selesai!

Cara menginstal Xiaomi Fastboot

Langkah pertama adalah menginstal sistem fastboot pada ponsel Xiaomi dengan benar dan akurat. Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol HP Xiaomi dan menggunakan command prompt di laptop atau komputer Anda.

Yuk, simak dua cara tersebut!

Menggunakan Bahan Esensial

Cara pertama adalah yang terbaik umum Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan tombol mix, karena Xiaomi sendiri telah membuat konfigurasi agar pengguna dapat masuk atau menginstal mode fastboot dengan kombinasi tombol tertentu.

Berikut adalah metodenya:

  1. tekan tombolnya Daya & Siaran Pers bersama-sama dan tahan selama beberapa detik.
  2. Anda biasanya harus menahan 8-10 detik untuk menginstal layar fastboot.
  3. Jika demikian, silakan lepaskan tombolnya.
  4. Anda kemudian akan menginstal mode fastboot.
  5. Ada opsi lain yang tersedia di beberapa versi ponsel Xiaomi, yaitu dengan menekan komponen Power + Volume Up dan beberapa di antaranya harus menekan tombol Power + Volume Up dan Down hingga masuk ke menu boot yang menggunakan bahasa Mandarin.
  6. Semoga beruntung.

Atas perintah CMD

Bagi para pengguna laptop atau komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan CMD (Command Prompt) yang merupakan tool yang powerful. Di sini Anda dapat menggunakan CMD untuk mengakses atau menginstal menu fastboot Xiaomi. Fitur ini juga bisa digunakan untuk ponsel Xiaomi yang power atau tombolnya rusak.

Namun, sebelum Anda dapat melanjutkan ke proses tersebut, Anda harus melakukan beberapa pengaturan, yaitu:

  1. Perbaiki kabel data USB.
  2. Komputer atau laptop dengan OS Windows 7, 8, atau 10.
  3. Pastikan Anda telah menyederhanakan USB Debugging dan Unlocking OEM.
  4. Instal Driver Fastboot ADB (gunakan driver Penginstal ADB 15 Detik).

Selanjutnya silahkan ikuti tata cara menggunakan CMD untuk install fastboot Xiaomi sebagai berikut :

  1. Pertama-tama, sambungkan ponsel Xiaomi Anda menggunakan kabel data.
  2. Setelah itu pastikan anda sudah memiliki driver ADB di laptop atau komputer yang akan digunakan, selanjutnya silahkan download dan install file fastboot driver ADB tersebut.
  3. Jika demikian, silakan hapus folder dari Local Disk C: (untuk menyimpan sistem).
  4. Kemudian pergi ke folder c: adb. Jika sudah, silahkan tekan tombol Shift + di sebelah kanan (tahan kursor di bagian yang kosong).
  5. selanjutnya pilih Buka Perintah Windows Di Sinidan Anda akan mengirimkan aplikasi CMD.
  6. Setelah itu, silakan ketik perintah alat adb lalu Masuk. Tunggu sampai muncul pesan terlampir.
  7. Kemudian masuk ke mode fastboot silahkan ketik perintah bootloader boot ulang adb.
  8. Setelah itu, ponsel Xiaomi Anda akan langsung masuk ke mode fastboot.

Cara keluar dari Fastboot Xiaomi

Nah, yang terakhir adalah menginstal sistem fastboot di hp Xiaomi, jadi sekarang kami akan membagikan beberapa ide tentang cara keluar dari mode fastboot Xiaomi. Ini juga sesuatu yang harus Anda ketahui, jika Anda terjebak dalam mode fastboot dan tidak bisa keluar darinya.

Ayo masuk, lihat!

Menggunakan Tombol Fisik

Jika tombol power dan audio pada ponsel Xiaomi Anda tidak rusak dan masih dapat digunakan, Anda dapat dengan mudah keluar dari mode fastboot menggunakan kombinasi tombol power dan volume. Sekarang, inilah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Saat ponsel Xiaomi Anda dalam keadaan fastboot, silakan tekan tombol Daya + Volume yang diperkecil bersama.
  2. Tunggu beberapa saat hingga mulai restart.
  3. Silakan lepaskan jika muncul logo Xiaomi.
  4. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Atau, jika tombol di atas tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menggunakan tombol kombinasi Daya + Volume angkat atau dengan kombinasi tombol Daya + Volume naik dan turun. Karena beberapa model Xiaomi bisa mengakses fastboot dengan dua tombol ini.

Cara membuatnya, hampir sama seperti di atas yaitu saat ponsel dalam “mode fastboot” sebaiknya coba tekan tombol mix di atas.

Menggunakan Command Prompt

Kecuali kamu menggunakan Command Prompt untuk menginstal fastboot di hp Xiaomi, kamu juga bisa keluar dari fastboot dengan CMD ini lho. Namun sebelumnya anda harus menyiapkan bahan-bahannya seperti yang sudah kami jelaskan tadi.

Jika demikian, silakan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama-tama, sambungkan ponsel Xiaomi Anda dalam mode fastboot menggunakan kabel data.
  2. Setelah itu pastikan anda sudah memiliki driver ADB di laptop atau komputer anda, selanjutnya silahkan download dan install file fastboot driver ADB tersebut.
  3. Jika demikian, silakan hapus folder dari Local Disk C: (untuk menyimpan sistem).
  4. Kemudian pergi ke folder ADB yang telah Anda pindahkan ke penyimpanan sistem.
  5. Jika sudah, silahkan tekan tombol Shift + di sebelah kanan (tahan kursor di bagian yang kosong).
  6. selanjutnya pilih Buka Perintah Windows Di Sinidan Anda akan mengirimkan aplikasi CMD.
  7. Setelah itu, silakan ketik perintah alat fastboot lalu tekan Enter.
  8. Jika demikian, silakan ketik perintah boot ulang cepat lalu tekan Enter.
  9. Tunggu sebentar dan ponsel Xiaomi yang Anda sambungkan akan restart sendiri.

Melepaskan Baterai

Sebagian besar model seluler Xiaomi saat ini sudah menggunakan baterai internal. Tetapi untuk ponsel Xiaomi model lama, mereka sering menggunakan baterai yang dapat dengan mudah dilepas dan diganti. Jadi, jika Anda menggunakan Xiaomi versi lama, maka Anda dapat menggunakan metode ini dari mode fastboot.

Untuk melakukan ini sangat sederhana, Anda hanya perlu melepas baterai saat ponsel Anda dalam mode fastboot, lalu tancapkan dan hidupkan ponsel menggunakan tombol power seperti biasa. Anda sekarang akan menginstal sistem Android seperti biasa.

Untuk ponsel Xiaomi yang menggunakan baterai built-in, Anda bisa menggunakan cara ini, tetapi Anda harus melepas casingnya terlebih dahulu. Ini tidak disarankan jika Anda tidak biasanya melakukannya, karena khawatir akan terjadi beberapa kerusakan.

Bersinar

Yang terakhir adalah menyalakan sistem lagi. Hal ini dilakukan jika ponsel Xiaomi tidak dapat keluar dari fastboot, dan ketika Anda mencoba keluar dari mode fastboot, hasilnya adalah Anda kembali ke mode fastboot lagi. Jika ini terjadi, berarti ponsel Xiaomi Anda mengalami bootloop.

Bootloop biasanya disebabkan oleh sistem yang salah atau rusak, yang membuat ponsel tidak dapat menginstal ulang sistem dan akhirnya membuka sistem fastboot sebagai alternatif. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengganti sistem Android dengan flash, atau mungkin ada reset khusus.

Kata terakhir

Ini mungkin artikel pertama dalam seri ini tentang cara mudah keluar dan menginstal semua jenis fastboot Xiaomi. Kami telah menjelaskan cara melakukannya dengan jelas, sehingga lebih mudah untuk Anda pahami.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-fastboot-xiaomi/