Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Lambat Tanpa Harus Instal Ulang Windows

Gambar pengguna laptop. (Pixabay)

Kelasmekanik.com – Masalah laptop lemot itu banyak penyebabnya, baik karena software maupun hardware. Nah, ada banyak cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang yang bisa kamu coba dengan mudah.

Anda tidak harus pergi ke service laptop dan hanya menggunakan budget untuk menginstall laptop anda yang lemot. Anda hanya perlu menggunakan cara berikut ini di rumah.

Laptop yang lemot bisa disebabkan oleh banyaknya fitur yang terpasang atau kapasitas hardisk yang sudah mencapai batasnya. Apalagi usia perangkat keras itu sendiri juga bisa membuat laptop menjadi lambat.

Mencopot dan memasang aplikasi yang terlalu banyak dapat menyebabkan laptop terinfeksi malware atau virus yang akan memperlambat kinerja laptop itu sendiri.

Jadi, Anda harus mencoba proses memperbaiki laptop secara perlahan tanpa menginstal berikut ini agar laptop Anda tetap lambat.

gambar laptop.  (Pixabay / Concord90)
gambar laptop. (Pixabay / Concord90)

1. Hapus peralatan yang tidak digunakan

Anda dapat menghapus fungsi yang tidak Anda gunakan dengan panel kontrol. Selain bisa mempermudah proses RAM yang menggerakan layanan dari aplikasi ini, ternyata bisa menambah kapasitas hardisk.

2. Bersihkan file cache dan file sementara dari file yang tidak berguna

Anda dapat membersihkan file sampah di laptop atau Temporary Files Anda sebagai berikut:

  • Klik ‘Jalankan’ di menu pencarian Windows
  • Buka program Run atau tekan Windows + R pada keyboard
  • Tulis ‘% temp%’ di tempat yang tersedia
  • Tekan OK atau masuk ke keyboard

3. Instal dan Scan laptop dengan Antivirus terbaru

Anda dapat menginstal software antivirus terbaru atau terupdate untuk mendeteksi virus yang dapat menginfeksi laptop Anda. Virus biasanya berasal dari browser atau flash drive, yang dapat mengganggu pengoperasian sistem laptop.

4. Meningkatkan kapasitas RAM laptop

Anda dapat meningkatkan kapasitas RAM laptop Anda dengan daya maksimum, misalnya dari 4 GB menjadi 8 GB atau 16 GB untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

Namun, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi dan kapasitas RAM laptop Anda yang tinggi, ya!

Nah itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang yang bisa dengan mudah anda lakukan. Bagaimana? Mudah, kan?

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/20/121019/cara-mengatasi-laptop-lemot-tanpa-instal-ulang-windows