Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu NFC? Ini dia pengertian dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari

Setiap tahun, sistem telepon global berubah. Di masa lalu, ponsel dengan kamera berkualitas tinggi sedang diburu, dan sekarang ponsel bertenaga NFC sedang naik daun. Lagi pula, apa itu NFC dan mengapa itu bisa menjadi kebutuhan lebih banyak orang, terutama di kota-kota besar.

Jika Anda tidak terbiasa dengan fitur ini dan ingin membeli ponsel, sebaiknya baca komentar di bawah terlebih dahulu. Dengan begitu, Saudara akan mengerti apa itu diskusi dinas lapangan dan apa manfaatnya.

Jadi, belilah ponsel ini karena Anda sangat membutuhkannya, bukan hanya karena kebiasaan.

Apa itu NFC?

Apa itu NFC 2

Anda yang masih muda saat ini pasti bingung dengan fitur-fitur yang mulai banyak digunakan oleh ponsel kelas menengah dan atas. Formulir ini sudah ada sejak tahun 1983. Bahkan, patennya adalah milik Charles Walton dan masih digunakan sampai sekarang.

Jadi, secara sederhana, komunikasi medan dekat adalah frekuensi radio gelombang pendek. Ketika dua perangkat terhubung, mereka dapat berkomunikasi secara instan tanpa gangguan.

Di dalam gadget atau ponsel dengan NFC, terdapat antena pendek yang tersembunyi. Karena sangat pendek, kemungkinan gangguan tidak mungkin terjadi. Dengan demikian, aman digunakan dan digunakan untuk beberapa hal termasuk pembayaran.

Aktivitas NFC dalam Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan NFC di seluruh dunia telah ada selama beberapa dekade. Namun, penggunaannya pada telepon seluler dan perangkat lainnya masih tergolong baru, terutama di Indonesia. Jika belum tahu apa saja fungsi atau manfaatnya, simak ulasannya di bawah ini.

1. Proses di Merchant

Harga untuk Merchant di NFC

Pernahkah Anda melihat film atau program yang menampilkan seseorang membayar sesuatu hanya dengan memegang ponselnya di sebelah perangkat? Mereka tidak menggunakan scan barcode untuk membayar, bagaimana cara kerja metode transaksi? Jawabannya adalah NFC.

Pengecer supermarket atau pengecer telah bergabung dengan NFC. Setiap biaya yang dibuat akan ditransfer ke perangkat. Jika Anda ingin membayar, Anda dapat mendekatkan ponsel ke perangkat pembayaran.

Dalam beberapa detik, transaksi akan dilakukan dengan cepat dan bukti pembayaran dapat dicetak. Di Indonesia, sistem pembayaran seperti ini sudah ada, bahkan di beberapa tempat. Jadi, pastikan Anda menggunakan ponsel NFC jika Anda sering melakukan transaksi.

Selain pedagang, banyak moda transportasi juga menggunakan metode pembayaran ini. Cukup ketuk gerbang transportasi, Anda akan melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang ditetapkan.

2. Isi e-Money

Menyelesaikan uang elektronik

Saat ini, hampir semua orang menghabiskan uang elektronik untuk melakukan pembayaran di perangkat dengan fitur ini. Biasanya formulir berbasis kartu yang dapat dilengkapi dengan sejumlah uang. Saat digunakan, kartu hanya perlu menyentuh perangkat hingga transaksi dapat berjalan dengan baik.

Selain e-money, e-toll juga menggunakan konsep NFC. Semua biaya di gerbang tol biasanya tidak membutuhkan biaya. Anda dapat membawa kartu di dekat panel NFC untuk melakukan transaksi. Timbangan dilepas dengan sendirinya dan kendaraan bisa langsung lewat.

Umumnya, kartu dengan komponen NFC memerlukan perangkat khusus untuk mengisi dayanya. Tidak semua orang bisa melakukannya. Untungnya, ada ponsel dengan komponen NFC yang banyak dijual di pasaran. Proses charging dapat berjalan dengan cepat dan tanpa masalah.

Beberapa bank domestik juga telah bermitra dengan penyedia layanan NFC untuk memfasilitasi operasi bisnis. Ingat, pengisian e-money harus menggunakan ponsel berkemampuan NFC, jika tidak memiliki fitur ini maka proses pengisian akan gagal.

3. Digunakan untuk Pengisi Daya Nirkabel

Digunakan untuk pengisi daya nirkabel

NFC adalah platform yang menggunakan frekuensi radio jarak pendek. Gelombang radio ini juga digunakan pada perangkat pengisian nirkabel yang digunakan pada jenis ponsel. Komunikasi kedua perangkat dapat menyebabkan baterai diisi dari baterai.

Meski bisa digunakan dengan baik untuk charging, pastikan Anda memiliki charger pendukung. Ini tidak akan berguna jika perangkat tidak tersedia dan telepon tidak mendukung pengisian daya. Ponsel dengan perangkat pengisian nirkabel biasanya menggunakan NFC.

Sayangnya, tidak semua ponsel berkemampuan NFC dapat digunakan untuk mengisi daya tanpa koneksi daya.

Jika Anda ingin mendapatkan ponsel dengan NFC dan dapat mengisi daya nirkabel, tanyakan pada dealer atau uji di konter sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

4. Nyalakan Aplikasi atau Perangkat

Nyalakan Perangkat atau Perangkat dengan NFC

Konsep NFC adalah komunikasi dua arah antara dua perangkat. Yang pertama adalah ponsel dengan NFC di dalamnya dan perangkat lainnya.

Nah, perangkat lain ini bukan sekadar ponsel untuk mengirim data. Ada perangkat atau perangkat lain yang bisa dibuka melalui NFC.

Misalnya, Anda ingin membuka kunci sesuatu tanpa harus khawatir menemukan remote. Anda cukup melakukan ini dengan mendekatkan ponsel ke perangkat. Dengan program yang disediakan tadi, maka perangkat atau device akan terbuka kuncinya dan bisa langsung digunakan.

Untuk mematikan perangkat yang matang, NFC dapat diperbesar. Artinya ada perintah untuk menutup atau mematikannya.

5. Hapus Informasi Lokasi

Hapus Informasi Lokasi

Beberapa perangkat NFC yang tersedia untuk pengecer atau pusat komunitas menyimpan banyak informasi terkait lokasi dan toko.

Jika Anda merasa bingung dan ingin mengetahui informasi lokasi dan penyimpanan, Anda bisa langsung mengecek panel NFC yang disediakan.

Fitur ini tentu sulit ditemukan di Indonesia. Namun, jika Anda pergi ke negara maju seperti Jepang, Korea, atau Amerika, prosedur ini bisa dilakukan. Dengan demikian, informasi yang akurat dapat diperoleh dengan segera.

6. Mengirim File Antar Perangkat

Mentransfer file antar perangkat dan NFC

Seperti disebutkan di atas, ini adalah fitur yang digunakan untuk komunikasi dua arah. Anda dapat berkomunikasi dengan perangkat yang Anda miliki, seperti ponsel, tentang perangkat lain yang keduanya memiliki komponen NFC.

Setelah Anda terhubung ke perangkat, apa yang bisa dilakukan? Itu dapat bertukar file besar yang berbeda dengan cepat. Konsepnya sangat mirip dengan inframerah. Artinya, modern dan prosesnya berlangsung sangat cepat.

Karena memiliki gelombang yang pendek, kedua perangkat yang ingin saling mengirim data harus berdekatan. Misalnya, dengan menyatukannya atau hanya mengumpulkannya di atas. Prosesnya akan berjalan lancar.

Transfer file dapat dilakukan dengan menginstal NFC di Pengaturan terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih file yang ingin Anda kirim. Kemudian tekan tombol kirim dengan opsi balok Android. Zoom in agar proses transfer data lancar.

Setelah membaca “Apa itu NFC dan Manfaatnya”, Anda akan mengerti bahwa manfaat dari ponsel ini banyak sekali.

Salah satunya digunakan untuk membayar sesuatu. Jika Anda pecinta drama Korea, Anda pasti tahu ini, terutama dengan bus.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news