Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Smartphone

Oppo A95. (oppo indonesia)

Kelasmekanik.com – Saat ini ponsel pintar telah menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan untuk tugas sehari-hari. Dari bangun tidur, Anda tidak akan pernah harus berpisah dengan ponsel Anda. Apalagi jika yang Anda miliki adalah ponsel Oppo A95 yang Anda beli dari Blibli dan memiliki segudang fitur menarik.

Tentunya mengandalkan ponsel ini tidak bisa dihindari karena terdapat banyak fitur dan fungsi yang membantu segala aktivitas Anda. Dengan ponsel, Anda dapat menghubungi banyak orang untuk bekerja atau berbicara dengan keluarga. Anda juga dapat menemukan hiburan dengan berkendara di media sosial.

Namun, tanpa disadari terkadang banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh kesalahan saat menggunakan smartphone. Jika Anda melakukannya untuk waktu yang lama, tentu saja, Anda mungkin merasakan konsekuensi yang buruk.

Lagi pula, apa saja kesalahan umum yang dilakukan oleh pengguna smartphone? Lihat ulasannya di bawah ini.

1. Telepon Tidur

Banyak orang yang membawa ponselnya ke tempat tidur, mungkin Anda salah satunya. Meskipun praktik ini tidak terlalu baik jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Ponsel memiliki pemancar dan penerima listrik, yang berarti mereka dapat menerima sinyal radio. Meski belum terbukti, dalam beberapa penelitian gelombang radio ini bisa mempengaruhi otak manusia jika sering terpapar.

Jadi cobalah untuk meletakkan ponsel di atas meja atau di ruangan lain saat Anda tidur. Anda juga perlu mendapatkan tidur yang berkualitas, bukan? Namun, jika Anda memerlukan ponsel untuk mendengar alarm, Anda dapat mengatur mode penerbangan untuk menghindari paparan gelombang radio.

2. Melihat layar terlalu lama di malam hari

Ketergantungan pemilik pada ponsel membuat Anda sering menatap layar terlalu lama. Jika Anda melakukannya dalam waktu lama, itu akan mempengaruhi kesehatan Anda. Cahaya biru di layar ponsel bisa menekan melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Ada banyak efek samping yang bisa dirasakan ketika terlalu lama menatap layar ponsel di malam hari. Antara lain susah tidur, kurang tidur, susah tidur, kurang tidur, sakit kepala, gangguan kesehatan mata. Karena itu, Anda harus mengatur layar ke mode malam untuk meminimalkan cahaya biru ini.

3. Biasanya tertangkap

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ponsel dapat menyebabkan kanker kulit. Terutama yang berkaitan dengan transmisi sinyal dan sinyal 900 MHz yang membuat kabel sangat panas. Kulit manusia sendiri lebih mudah menyerap panas setiap kali Anda menyentuh sesuatu.

Namun, tidak ada bukti langsung untuk penelitian ini. Tentu saja, tingkat hisap ini berkurang secara signifikan jika Anda menjauh dari ponsel. Oleh karena itu penting untuk menggunakan headset saat melakukan panggilan untuk meminimalkan kontak dengan ponsel dan kulit.

4. Biasanya Tas Ponsel

Apakah Anda ingin memasukkan ponsel ke dalam saku? Jika iya, maka hilangkan kebiasaan ini. Jika Anda sering membawa ponsel di saku, hal ini dapat mengurangi sensitivitas layar ponsel. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Ini termasuk DNA yang merusak, mempengaruhi kesuburan pada pria, mengubah metabolisme otak, menurunkan kepadatan tulang dan menurunkan pinggul.

5. Digunakan saat sinyal lemah

Apakah Anda suka menggunakan ponsel Anda bahkan ketika itu lemah? Harap dicatat bahwa ponsel memiliki sinyal rendah, yang berarti ponsel akan mematikan sinyal yang kuat seperti pemancar. Dalam hal ini, ponsel merupakan ancaman bagi kesehatan.

Para ahli menyarankan untuk menjauh dari ponsel dan tidak menggunakannya saat sinyal lemah. Jika Anda terus menggunakannya, ponsel biasanya akan cepat panas dan membahayakan kesehatan.

6. Jarang Memperbarui Aplikasi dan Unduhan Apa Pun

Mungkin Anda sering mengabaikan pembaruan aplikasi. Seringkali alasannya adalah untuk melanggar kuota. Tentunya mengupgrade aplikasi sangat penting agar bisa menutup celah dari ponsel dan lebih aman dari serangan hacker.

Selain itu, Anda mungkin sering mengacaukan unduhan aplikasi. Apalagi operasinya dikendalikan oleh orang lain, maka ponsel Anda akan berisiko terkena serangan malware berbahaya. Jadi, biasakan menginstal aplikasi dari PlayStore dan berhenti mengunduh aplikasi di mana pun.

7. Menggunakan Telepon Dalam Kondisi Tidak Benar

Penggunaan ponsel yang tidak tepat tentu akan menyebabkan cedera. Jika Anda sering menggunakan ponsel sambil melihat ke bawah, latihan ini akan meningkatkan tekanan pada sumsum tulang belakang Anda.

Jika ini terus berlanjut, leher akan menjadi 5 kali lebih berat dari kepala. Akibatnya, Anda akan sering mengalami nyeri dan masalah postur. Menggunakan ponsel juga dapat melukai ibu jari dan membuat Anda merasa pusing. Karena itu, gunakan telepon setinggi mata, agar leher Anda tetap lurus. Juga, jangan mengetik cepat agar tidak melukai ibu jari Anda terlalu banyak.

Berikut 6 kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat menggunakan smartphone. Apakah Anda sering menemukan pengalaman di atas? Jadi, mulai sekarang Anda bisa menguranginya untuk menghindari berbagai efek samping.

Jika kamu sedang mencari smartphone terbaru, kamu bisa mengunjungi website dan aplikasi Blibli! Dapatkan lebih banyak iklan menyenangkan dengan berbelanja di Blibli!



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/22/160157/7-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-menggunakan-ponsel-pintar


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news