Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menangkan Laptop Lambat untuk Windows 10, 8, 7

Sesuatu yang praktis dan mudah dibawa terhubung ke laptop membuatnya populer sekarang. Banyak orang beralih ke laptop daripada menggunakan PC karena kebutuhan.

Meski lebih hemat dan bisa dioperasikan di mana saja, laptop juga bisa mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu. Salah satunya adalah lambatnya pengoperasian laptop.

Penyebab laptop lemot

Berikut ini akan kami bahas satu per satu penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya:

  • Terlalu Banyak Program Memulai.
  • Tahun-tahun hard disk yang sangat tua.
  • Hard disk overload, ruang penyimpanan tidak terlalu kecil.
  • Browser Ditambahkan Terlalu Banyak.
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan.
  • Terlalu banyak tab browser yang terbuka.
  • Laptop Terinfeksi Virus.
  • RAM laptop sangat kecil.
  • Antivirus di Laptop bekerja dengan sangat baik.
  • Anda Tidak Selalu Melakukan Update OS di Laptop Anda.

Cara Menangkan Laptop Lambat Saat Membaca

Hal pertama adalah laptop yang bergerak lambat saat Anda membaca. Bagaimana menghadapinya? Saat membaca atau browsing web, kita sering merasa laptop kita bergerak lebih lambat atau lebih lambat dari biasanya.

Namun, kami ingin mengakses Internet sesegera mungkin sehingga kami dapat memenuhi berbagai kebutuhan. Berikut cara mengatasi laptop yang lemot saat membaca, antara lain:

1. Optimalkan Peramban

Browser bisa menjadi salah satu faktor yang membuat laptop Anda lemot. Pemilihan browser sangat penting untuk menunjang pengoperasian laptop sesuai dengan spesifikasi laptop kita.

Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah browser yang paling banyak digunakan saat ini. Namun jika data laptop Anda lemah, beralihlah ke browser yang lebih ringan.

Misalnya, menggunakan browser Palemoon mungkin menjadi pilihan lain. Selain itu history dan cache yang merupakan tumpukan data sejak kita baca perlu dihapus agar tidak menambah beban pada laptop.

Bagus untuk browser, sering membersihkan cache dan histori. Untuk browser, tidak disarankan untuk terlalu banyak add-on atau perangkat lain.

Terlalu banyak add-on dapat memengaruhi kinerja laptop. Laptop lambat juga bisa muncul di browser yang membuka banyak tab.

Untuk itu tentunya solusinya adalah dengan menutup tab dan tidak membuka tab lagi.

2. Matikan fungsi lain selain browser

Terkadang keadaan memaksa kita untuk melakukan banyak hal (menjalankan dua atau lebih program secara bersamaan) untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Jika demikian, yang terbaik adalah menutup program lain dan fokus pada browser saat ini untuk mengurangi beban RAM.

3. Lindungi Laptop dengan Antivirus

Salah satu penyebab keterlambatan membaca komputer adalah karena terinfeksi virus atau malware. Jadi kami menggunakan antivirus untuk mencegah hal ini.

Namun banyak juga antivirus yang membutuhkan resource memori yang banyak sehingga membuat laptop menjadi lemot. Apalagi jika antivirus memiliki fitur keamanan internet, pengoperasian laptop bisa lebih sulit lagi.

Jadi, gunakan antivirus terbaik yang bekerja dengan baik dan mudah. Gunakan hanya satu antivirus dan tidak memakan banyak memori. Contohnya antivirus asal Indonesia, Smadav.

Selain itu, berhati-hatilah saat membaca untuk menghindari serangan virus. Jangan menginstal situs yang dicurigai berbahaya, menghapus aplikasi yang tidak dikenal, dan menginstal flash drive di laptop.

Mempercepat Booting

Kasus ketiga yang biasanya kita miliki adalah laptop yang melambat saat dinyalakan (pertama kali dibuka). Oleh karena itu, mempercepat booting laptop ini perlu dilakukan.

Padahal, penyebab paling umum dari hal ini adalah banyaknya program yang harus dijalankan saat laptop dinyalakan.

Start adalah proses yang harus dilalui laptop mulai dari pertama kali tombol power ditekan hingga muncul tampilan sistem operasi laptop. Langkah lain untuk mengatasi proses slow start pada laptop antara lain:

1. Hapus program dan file yang tidak perlu

Tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses restart komputer Anda adalah dengan mencopot dan menghapus program atau proses yang awalnya berjalan.

Ini akan mempercepat peluncuran karena tetap mempertahankan kapasitas memori yang digunakan. Jika laptop Anda memiliki sistem operasi Windows, Anda dapat mematikannya dengan:

  • Masuk ke menu RUN, atau langsung tekan tombol Windows dan R.
  • Ketuk msconfig dan tekan Enter.
  • Anda akan menghadapi menu jendela MSconfig. Di tab, pilih tab mulai.
  • Akan ada banyak pilihan program atau proses yang bekerja di tempat pertama.
  • Hapus daftar fungsi, misalnya perangkat yang ingin Anda kurangi ketika Anda memulai dengan Winamp, dropbox, dan sebagainya.
  • Klik OK dan segera restart laptop Anda.

2. Matikan volume saat startup

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik Mulai, pilih Panel Kontrol.
  • Buka Panel Kontrol, pilih tab “Suara”.
  • Di bawah, hapus centang opsi untuk mengaktifkan suara untuk memulai sistem.
  • Klik Oke.

3. Blokir Kontrol Akun

Proses ini juga dapat mempercepat start laptop. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu masuk sebagai komandan dan mengatur izin untuk mematikan mode.

  • Setelah itu, cukup tekan tombol mulai, cari Manajer Akun Pengguna dan tekan Enter.
  • Ketika jendela Manajemen Akun Pengguna muncul, pilih Pengaturan Manajemen Akun Pengguna.
  • Anda akan menemukan slide di sebelah kiri, gulir ke bawah dan geser ke bawah dan pilih Never Notify.
  • Klik Oke.

4. Instal ulang Windows

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja laptop di Windows adalah dengan menginstall kembali program tersebut (Baca: Cara Instal Ulang Windows 10).

Dengan menginstal ulang, Anda juga akan mengetahui apakah ada kesalahan yang disebabkan oleh perangkat lunak atau perangkat keras. Misalnya, laptop sangat lambat setelah memutakhirkan windows.

Selain itu, dengan menginstal atau memutakhirkan windows, laptop Anda akan ditingkatkan sehingga file atau perangkat lunak yang tidak penting dapat dihapus.

Berikut cara menginstal ulang Windows:

Ini hanya beberapa shareware pengaturan tujuan yang dapat Anda gunakan.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news