Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Cara Mengatasi Petunjuk Pencetakan Printer Non-Responden

Printer secara bahasa dapat diibaratkan sebagai alat cetak, karena asal kata printer adalah “print” yang artinya mencetak. Nah, dalam dunia komputer, printer adalah perangkat eksternal yang digunakan sebagai alat untuk merepresentasikan gambar atau menulis di atas kertas atau media sejenis.

Selain itu, kini penerbit dibutuhkan oleh berbagai organisasi, misalnya pekerja kantoran, penyalin, guru sekolah, pelajar, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk menunjang kebutuhan tersebut, banyak individu atau karyawan memilih untuk memiliki mesin cetak.

Proses menggunakan printer juga sederhana, Anda hanya perlu menghubungkan printer ke laptop atau PC Anda, lalu mulai mencetak menggunakan perintah print. Namun, terkadang ada juga masalah, seperti printer yang tidak merespon perintah pencetakan dan membuat sistem pencetakan tidak dapat dioperasikan.

Penyebab Printer Gagal Menanggapi Perintah Pencetakan

Secara umum, ada dua kemungkinan penyebab masalah ini:

  1. Printer bermasalah atau rusak.
  2. Terjadi kesalahan atau masalah pada sistem operasi.

Kedua masalah ini bisa muncul secara umum semua jenis, tipe dan tipe penerbit. Saat mengalami masalah saat printer tidak merespon perintah print, biasanya akan muncul pesan error di layar PC atau laptop, dan lampu printer akan berkedip menandakan adanya masalah.

Cara Mengatasi Printer Tanpa Menanggapi Perintah Pencetakan

Bagi Anda yang mengalami masalah atau printer eror tidak merespon pesanan pencetakan, jangan buru-buru membawanya ke service professional. Sebaiknya baca artikel ini sampai selesai, karena di sini kami akan membagikan beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Untuk memperbaiki printer yang tidak merespon pencetakan, ada sejumlah prosedur dan langkah yang perlu Anda ikuti. Berikut cara melakukannya:

Nyalakan Ulang Pencetak

Langkah pertama yang perlu Anda coba adalah me-restart printer. Anda bisa mencoba langkah sederhana ini terlebih dahulu, karena terkadang printer tidak bisa merespon perintah print karena printer yang terhubung ke laptop atau PC tidak terdeteksi.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, matikan printer yang bermasalah terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, lepaskan kabel USB printer yang terhubung ke komputer atau laptop Anda.
  3. Selanjutnya, sambungkan kembali kabel USB.
  4. Nyalakan printer, dan tunggu beberapa saat hingga printer ditemukan.
  5. Kemudian coba lagi printer Anda menggunakan perintah print.

Setel Layanan Windows.msc

Services.msc adalah program Windows yang memiliki fungsi mengelola berbagai sistem operasi atau sistem operasi. Secara sederhana, fungsi Services.msc adalah untuk menyediakan aplikasi atau perangkat lunak ke laptop dan komputer.

Di services.msc, ada perintah yang disebut Print Spooler. Fungsi dari perintah ini adalah untuk mengatur dan menjalankan berbagai tugas dengan respons printer yang terhubung ke OS Windows. Oleh karena itu, Anda harus menyetel services.msc dengan benar agar printer merespons perintah cetak.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Di bagian Buka, silakan ketik Layanan.msc lalu tekan oke.
  3. Setelah tab itu muncul, silakan cari Pencetak Spooler.
  4. Klik Print Spooler, lalu klik lagi pada opsi Hentikan layanan.
  5. Jika Anda memilikinya, perkecil jendela layanan dan buka Penjelajah Berkas atau Penjelajah Windows.
  6. Setelah masuk, silakan masuk ke direktori C: WindowsSystem32spoolPRINTERSkemudian hapus file yang tersimpan di folder tersebut.
  7. Setelah itu, masuk lagi Layanan.msc. Kemudian pada menu Print Spooler silahkan tekan Memulai melayani.
  8. Jika Anda telah me-restart laptop atau komputer Anda, maka periksa kembali printernya.
  9. Semoga beruntung.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, catatan printer terlampir akan dihapus, dan printer akan diperbarui.

Instal Driver Printer lagi

Peran driver printer sangat penting agar printer dapat berjalan dengan baik di laptop atau sistem komputer Anda. Jadi jangan heran jika drivernya rusak atau error, hasilnya akan sama dengan printernya yaitu error pencetakan.

Jadi, mengatasi printer yang tidak merespons perintah pencetakan adalah dengan menginstal driver printer. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, buka Pengaturan perangkatAnda dapat mencarinya di menu pencarian windows.
  2. Setelah dibuka, cari printer yang terhubung ke laptop atau komputer Anda.
  3. Setelah tersedia, klik kanan untuk mencetak.
  4. Lalu pilih Hapus Alat Ini.
  5. Tunggu hingga proses selesai, lalu restart komputer atau laptop Anda.
  6. Setelah selesai, instal ulang driver printer sesuai dengan yang Anda gunakan, dan pastikan sudah diperbarui ke versi terbaru.
  7. Untuk operator cetak, Anda dapat mengunduhnya dari situs web atau situs web resmi jenis pencetakan Anda. Atau, jika Anda memiliki pemutar DVD biasa, Anda dapat mengunduhnya dari DVD.

Lihat Port Null or Not

Printer yang Anda sambungkan ke komputer atau laptop Anda, Anda harus membaca sistem operasi komputer secara akurat. Misalnya printer canon ip2770, epson l120, epson l3110 dan lain sebagainya. Namun, terkadang dalam kondisi tertentu sistem tidak dapat membaca jenis printer yang terhubung dengan USB.

Akibatnya, sistem komputer menerima printer USB yang terhubung seperti Nul. Akibatnya, printer tidak dapat menanggapi perintah, meskipun tidak dapat dideteksi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memeriksa port USB printer apakah Nul atau tidak.

Berikut adalah metodenya:

  1. Masuk ke daftar pencarian Windows, dan ketik panel kendali.
  2. Setelah hasilnya muncul, silakan klik dua kali untuk membuka Control Panel.
  3. Kemudian, lihat Perangkat Keras dan Suara lalu tekan menunya.
  4. Selanjutnya, silakan pergi ke Alat dan Printer.
  5. Temukan printer yang Anda gunakan, lalu klik kanan dan pilih Peralatan Penerbit.
  6. Jika demikian, ketuk tab Pelabuhan. Di bagian ini, pastikan bahwa tidak ada tidak efektif atau belum teruji.
  7. Kemudian centang kolom Pencetak USBlalu klik Nyatakan sebuah harapan ebe oke.
  8. Selesai, printer akan melihat kembali perangkat Anda, dan menggunakannya untuk membuat perintah cetak.

Lakukan Pemecahan Masalah

Jika Anda telah mencoba metode di atas tetapi masih tidak dapat menyelesaikan printer yang tidak merespons perintah cetak, Anda mungkin perlu menjalankan Pemecahan Masalah Windows. Ini bertujuan untuk secara sistematis mendeteksi sumber masalah di OS Windows dan menghilangkan potensi penyebab masalah.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Buka dulu panel kendali.
  2. Kemudian ketik kata kunci Menyelesaikan masalah di panel pencarian di Panel Kontrol.
  3. Kemudian tekan tombol Temukan dan Perbaiki Masalah.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke tab baru, silakan pilih Solusi lain untuk masalah.
  5. Gulir ke bawah untuk melihat dan memulai program pemecahan masalah, silakan klik alat yang bermasalah dan klik teks Masukkan solusi untuk masalah turun.
  6. Tunggu hingga masalah terdeteksi, dan sebuah jendela akan menampilkan masalah yang dihadapi.

Setelah selesai, Anda tinggal memindahkan perintah yang muncul di layar. Karena masalah yang terjadi bisa berbeda-beda, setiap laptop atau komputer berbeda dan dalam keadaan tertentu akan menimbulkan masalah yang berbeda pula.

Setel Ulang Pencetak

Menyetel ulang printer adalah cara lain untuk menghilangkan kesalahan di dalam printer, misalnya printer tidak merespons perintah pencetakan. Ini agak sepele, tetapi pendekatan ini sering kali dapat menjadi solusi sederhana untuk masalah pencetakan.

Dengan mengembalikan perintah, Anda dapat membuatnya baru dan diperbarui lagi sehingga kesalahan akan hilang. Cara setting setiap edisi berbeda-beda sesuai dengan jenis, tipe dan jenisnya. Jadi untuk reset anda bisa melihat manual di print atau dengan browsing web.

Layanan Penerbit

Setelah Anda melakukan prosedur yang telah kami cantumkan di atas, namun printer masih tidak dapat merespon perintah pencetakan, kemungkinan besar printer yang Anda gunakan rusak di salah satu bagian pencetakan.

Jadi silahkan bawa printer ke jasa percetakan, lalu tinggal komplain saja masalah yang anda alami agar nantinya bisa dilakukan pengujian lebih lanjut dan printer anda bisa diperbaiki.

Jadi, jika Anda tidak ingin menyebabkan kesalahan atau kerusakan pada printer, silakan periksa printer Anda secara teratur.

Baca Juga: Solusi Mengatasi Masalah Tidak Ditemukan

Kata terakhir

Kami berharap cara yang kami tulis di atas dapat membantu Anda mengatasi penerbit yang tidak merespon instruksi pencetakan. Tentu saja kesalahan atau masalah tersebut dapat terjadi pada berbagai jenis penerbit, sehingga cara di atas juga dapat diterapkan pada semua jenis dan jenis penerbit.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/printer-tidak-merespon-perintah-print/