Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menambahkan VRAM ke Laptop atau Komputer Windows

Terkadang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada satu hal penting di dalam sebuah laptop atau komputer yaitu VRAM yang sering kita anggap remeh, dan sebagian orang bahkan tidak mengetahui apa jenis VRAM dan apa fungsinya.

VRAM sedang menunggu Memori akses video acak yang tugasnya menyimpan data dari unit grafis atau GPU. Ini sedikit berbeda dengan RAM biasa, di mana RAM memproses data atau menyimpan data dari CPU atau Pusat Operasi Pusatbukan dari GPU.

VRAM sering digunakan secara luas oleh para gamers atau gamer, karena VRAM merupakan komponen inti dari video card dan berfungsi untuk merender gambar ke browser. VRAM juga sangat membantu dalam menghapus kualitas gambar di laptop atau komputer.

Jenis-jenis VRAM

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kebanyakan orang masih asing dengan jenis VRAM dan aplikasi dari semua jenis VRAM di lingkungan aplikasi. kartu video. Untuk mengetahuinya, berikut ini kami uraikan 4 jenis VRAM dan fungsinya:

  1. SGRAM (RAM Grafis Sinkron) yang memiliki fungsi mengubah data yang diterima jam yang terhubung ke kecepatan jam CPU.
  2. MDRAM (RAM Dinamis Multibank) yang memiliki fungsi berbagi data berkualitas tinggi di beberapa bagian sebesar 32KB, dan dapat diakses secara terpisah.
  3. RDRAM (RAM Dinamis Rambus) berfungsi untuk mempercepat aliran data antara VRAM dan frame butter melalui bus khusus nya.
  4. WRAM (RAM) ia memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja dengan meningkatkan bandwidth sekitar 25% lebih dari VRAM normal.

Bagaimana cara menambahkan VRAM

Setelah anda mengetahui apa itu VRAM, jenis VRAM dan fungsinya, anda pasti tertarik untuk menambahkan VRAM pada laptop atau komputer anda. Ya, dalam melakukannya kami akan memberikan panduan dalam analisis di bawah ini.

Jadi, pastikan untuk membaca artikel ini sampai akhir!

Lakukan peningkatan RAM

Kebetulan dengan bertambahnya kapasitas RAM laptop atau komputer, VRAM juga akan bertambah, lho. Karena tentu saja memori VGA atau VRAM akan melakukannya bersama atau unduh dari RAM, dan pengaturan ini secara otomatis dikonfigurasi dari sistem berbasis RAM.

Semakin tinggi kapasitas RAM perangkat Anda, semakin tinggi nilai hasil VRAM bersama RAM. Tipe lain dari laptop dengan tipe kartu video tersedia (gabungkan dengan prosesor / papan utama) akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan VRAM dengan mengupgrade RAM.

Saya memberikan contoh penambahan RAM sebagai berikut:

kapasitas RAM Kemampuan VRAM
2GB 256 MB
4GB 512 MB
8GB 1024 MB
16 GB 2048 MB

Poin-poin di atas berlaku untuk kelipatan berikut, jadi ketika kapasitas RAM tinggi, VRAM akan mengikuti, terutama jika PC Anda memiliki 2 port RAM, yang mungkin lebih baik jika Anda menggunakan keduanya.

Memasang Registri VRAM Windows

Mengajukan Paling di Windows biasanya ada pengaturan sistem reguler, untuk memungkinkan Anda mengubah setelan tersebut. Ini juga berlaku untuk VRAM, karena VRAM juga memiliki pengaturan reguler di sistem.

Jadi, oleh karena itu, Anda dapat mengatur VRAM untuk meningkatkan efisiensi dengan menggunakan registri Windows.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik Regedit lalu klik OK.
  3. Jika sudah, maka Anda akan dibawa ke Registry Editor, di menu ini silahkan install HKEY_LOCAL_MACHINE dengan mengklik panah di sebelah folder.
  4. Selanjutnya, silakan pergi ke PERANGKAT LUNAK kemudian gulir ke bawah dan temukan folder kartu video yang Anda gunakan. Selanjutnya, buka folder kartu video.
  5. Kemudian geser ke kanan folder dan klik kanan dan pilih Baru lalu pilih Kunci. Jika sudah, silahkan buat file dengan nama GMM.
  6. Setelah itu di folder GMM, silahkan klik kanan pilih Baru lalu pilih Kualitas DWORD (32-bit). Yang berikutnya dinamai Ukuran Segmen Khusus.
  7. Pada bagian ini, silahkan atur DedicatedSegmentSize berdasarkan kualitas sesuai dengan VRAM yang akan Anda tambahkan. Misal anda ingin VRAM 1GB, maka anda harus mengubah nilainya menjadi 1024.
  8. Setelah selesai, silakan klik OK dan mulai komputer atau laptop Anda menggunakan pengaturan.

Menggunakan Pengaturan Ukuran Halaman

Bagi yang belum tahu bahwa ukuran halaman laptop atau komputer berubah secara tidak langsung dan juga berfungsi untuk meningkatkan kapasitas RAM dengan menggunakan hard disk atau memori penyimpanan serupa. Jadi, dengan mengatur Page Size, kamu juga bisa menambah kapasitas memori Video Card, lho.

Nah, berikut cara membuatnya:

  1. Pertama, masuk ke menu pencarian Windows dan ketik PC ini.
  2. Jika demikian, silakan pilih Barang-barang.
  3. Setelah itu anda akan dibawa ke jendela Setting, pada bagian ini silahkan pilih Pengaturan Sistem Lanjut.
  4. Selanjutnya pilih tab kemajuan lalu tekan Pengaturan di kolom kinerja.
  5. Jika demikian, silakan buka pengaturan Ukuran Halaman dan hapus centang opsi itu Kontrol ukuran file paging untuk semua drive.
  6. Anda kemudian dapat mengatur Ukuran Halaman sesuai dengan kebutuhan Anda.
  7. Jika demikian, silakan klik Nyatakan sebuah harapan dan simpan hasilnya.

Menggunakan AMD Graphic Overdrive

Bagi pengguna AMD, perlu diketahui bahwa prosesor ini memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi grafis. Untuk itu, AMD menawarkan fitur tambahan untuk mendukung pengguna menikmati performa tambahan pada GPU Radeon.

Fitur ini disebut AMD Graphic Overdrive. Jadi, untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Untuk pengguna AMD, silakan klik kanan pada komputer di rumah dan pilih Pusat Kontrol Katalis AMD di jendela kecil yang muncul.
  2. Setelah itu anda akan menginstall jendela AMD Catalyst, pada bagian ini silahkan pilih Pertunjukan lalu tekan AMD OverDrive.
  3. Harap terima lisensi dengan mengklik Menerima lalu tunggu sampai menu Gir tambahan liar.
  4. Jika demikian, silakan klik Perbaiki Grafis OverDrive lalu centang opsi Numella Graphic OverDrive.
  5. Setelah itu akan ada 3 pilihan yang bisa kamu ubah Grafis OverDrive yaitu, Pengaturan Jam GPU Kinerja Tinggi, Pengaturan Jam Memori Kinerja Tinggi, dan Kontrol Kipas Manual Noble.
  6. Di bagian ini, silakan pilih opsi Pengaturan Jam Memori Kinerja Tinggi dengan menggeser slide. Program ini berfungsi untuk meningkatkan VRAM dan meningkatkan kinerja VRAM.
  7. Untuk melihat ukuran jam di komputer atau laptop Anda, Anda harus mencoba terlebih dahulu dengan meningkatkan batas waktu memori 100 Mhz dan kemudian mencoba menjalankan program sebagai perangkat uji.
  8. Jika terjadi kesalahan atau crash, silakan coba turunkan waktu memori sampai Anda menemukan ukuran jam di perangkat yang Anda gunakan.
  9. Jangan lupa untuk meningkatkan kinerja GPU.
  10. Jika demikian, silakan klik Nyatakan sebuah harapan menggunakan pengaturan.
  11. Ini sudah berakhir.

Menggunakan Penganalisis 3D

3D Analyzer adalah software yang dapat digunakan untuk menginstall VRAM di laptop atau komputer anda. Software ini bekerja seperti VGA sungguhan dengan menggunakan ruang memori RAM yang akan dipinjam dan digunakan sebagai VRAM.

Jadi, cara kerja 3D Analyzer ini juga mengurangi kapasitas RAM perangkat Anda, dan jika RAM laptop atau komputer Anda masih lemah, sebaiknya jangan gunakan 3D Analyzer. Atau jika Anda ingin menggunakannya, saya sarankan untuk mengupgrade RAM laptop atau komputer Anda terlebih dahulu.

Penganalisis 3D ini sangat populer digunakan oleh pemain untuk membantu lingkungan pengiriman permainan yang dimainkan. Maka dengan bantuan software ini, performa VGA saat bermain game atau program berat akan berkurang.

Namun sayangnya tidak semua perangkat bisa menggunakan 3D Analyzer, karena software ini hanya mendukung atau kompatibel dengan jenis GPU tertentu saja. Jika Anda ingin mencobanya, kami akan memberikan panduan tentang cara menambahkan VRAM dengan 3D Analyzer.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan download software 3D Analyzer terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silahkan install softwarenya seperti biasa.
  3. Selanjutnya, gunakan VGA 3D Analyzer yang aktif.
  4. Anda kemudian akan menemukan panel di kolom kanan kotak dialog. Nah pada bagian ini silahkan anda atur sesuai dengan kebutuhan anda dan sesuai dengan gambar VGA.
  5. Setelah selesai, silakan pindahkan pengaturan dengan mengklik Lari.
  6. Aman! Anda telah berhasil menggunakan Penganalisis 3D.

Menambahkan Memori Virtual

Opsi terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan real memory untuk menambah kapasitas RAM. Mengapa demikian? Karena seperti yang saya sebutkan tadi bahwa jika RAM bertambah maka VRAM juga akan bertambah dengan sendirinya.

Namun jika tidak ingin mengeluarkan budget untuk mengupgrade RAM, maka saya sarankan menggunakan real memory. Memori virtual bekerja dengan meminjam sebagian memori hard disk dari perangkat yang terhubung.

Cara kerjanya, data dari RAM di laptop atau PC akan dikirim ke ruang memori hard disk, sehingga kapasitas disk berkurang dan RAM akan lebih besar.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, berikut ini caranya:

  1. Pertama, buka tab pencarian Windows, lalu ketik PC ini.
  2. Setelah itu silahkan pilih Barang-barang dalam hasil penelitian yang muncul.
  3. Jika sudah, maka anda akan dibawa ke jendela baru, pada bagian ini silahkan pilih Pengaturan Sistem Lanjut lalu pilih Pengaturan.
  4. Langkah selanjutnya, silakan pilih opsi Mengubah yang ada di tab Lanjutan.
  5. Kemudian hapus opsi Kontrol ukuran file paging untuk semua drive.
  6. Selanjutnya, pilih disk drive yang akan Anda gunakan sebagai memori sebenarnya. Kami menyarankan Anda menggunakan partisi sistem atau disk saja.
  7. Selanjutnya, atur ukuran memori yang akan Anda lakukan dengan menekan opsi Kebanyakan kustom. Untuk ukurannya kami merekomendasikan 1,5 hingga 3 kali RAM maksimum perangkat.
  8. Klik oke simpan pengaturan, dan mulai ulang perangkat Anda.
  9. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Itu tadi artikel tentang cara install VRAM di laptop atau komputer Windows yang bisa anda gunakan sebagai panduan install VRAM di perangkat anda. Banyak orang ingin meningkatkan VRAM agar performanya bisa meningkat, terutama saat bermain game.

Namun performa yang dihasilkan dari VRAM juga tergantung dari GPU yang digunakan. Tetapi tidak pernah menyakitkan untuk mencoba menjadikan teks ini sebagai panduan. Kami berharap dapat membantu, dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-menambahkan-vram/