Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia ! 2 Cara Menaklukkan Laptop Hang Tidak Merespon Tidak Tergerak


Cara Memperbaiki Laptop Hang dengan Mode BIOS

Masuk ke Mode BIOS jika laptop hang saat proses booting. Langkah pertama restart laptop, tekan dan tahan tombol F2 sampai muncul jendela login BIOS.

Setiap jenis laptop berbeda untuk masuk ke menu BIOS, ada juga tombol selain F2 yang tercetak. Setelah masuk ke BIOS, pilih Advanced BIOS Features, cari Bios Cache, dan pilih disable. Simpan dengan menekan F10, lalu enter.

Jika laptop hang baru dibuka maka kemungkinan besar penyebab masalahnya adalah program Windows yang sulit. Program windows mungkin karena sistem file yang hilang, rusak atau terinfeksi virus. Langkah yang dilakukan dengan melakukan pengecekan registry dengan CCleaner dan pengecekan virus dengan Antivirus.

Jika laptop tidak merespon saat menjalankan program, cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka task manager. Deskripsi manajer proyek akan dijelaskan pada wawancara berikutnya.

Cara Menangkan Laptop Lambat dengan Task Manager

Cara efektif terakhir untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan task manager. Task Manager biasanya dibuka untuk menjalankan program atau proses yang berjalan di latar belakang.

Anda dapat membuka Task Manager dengan tombol sudut Crtl + Shift + Esc. Klik Lainnya untuk melihat Pengelola Tugas lengkap. Sementara itu, untuk mematikan program atau proses yang berjalan di latar belakang, pilih Mulai.

Anda akan melihat berbagai program atau proses yang berjalan di latar belakang. Pilih perangkat atau program yang menurut Anda mengganggu pengoperasian laptop, klik kanan dan pilih “Blokir”.

Anda tidak perlu khawatir karena Anda mematikan aplikasi dan Anda tidak lagi dapat menggunakannya, tetapi program ini hanya berhenti setiap kali Anda menghidupkan kembali laptop.

Ini adalah dua cara mengatasi laptop menggunakan metode BIOS dan Task Manager. Silakan kirim tanggapan Anda jika ada masalah.