Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

XL Axiata Akan Menutup Layanan Jaringan 3G Akhir Maret 2022

Gambar menara jaringan seluler. (Pixabay)

Kelasmekanik.com – XL Axiata mengumumkan rencana penghentian layanan jaringan 3G dalam waktu dekat, yang ditargetkan pada akhir Maret 2022.

Keputusan penghentian layanan jaringan 3G perangkat seluler ini dilakukan oleh Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, oleh Gede Darmayusa.

Dia menjelaskan, operator seluler secara perlahan menutup layanan jaringan 3G mereka.

Diperkirakan pada akhir Maret, layanan jaringan 3G XL Axiata akan mati.

Sejauh ini operator seluler Indonesia sudah mulai melakukan uji coba, mulai mematikan layanan 3G dan ada juga yang menyelesaikannya secara tuntas.,” jelas I Gede dalam acara online Media Update – acara Outlook Network XL Axiata 2022, Kamis (24/2/2022).

Ia menjelaskan, jumlah BTS (Base Transceiver Station) yang ditutup sudah mencapai 5.000 BTS.

Jumlah ini meningkat setiap hari, sekitar 1.000 BTS akan dimatikan. Semuanya dilakukan perlahan. Pada Q1 2022 bulan depan, layanan 3G akan ditutup,” jelasnya.

Layanan jaringan 3G XL Axiata saat ini menjangkau 22 kota dengan total 22.000 menara BTS.

Gede mengatakan, tujuan penghapusan layanan jaringan 3G adalah agar jaringan tersebut dapat digunakan untuk layanan jaringan 4G yang dinilai lebih efisien dan lebih baik dalam penggunaan data.

Diakui Gede, selama ini XL Axixata sudah menjalin pertemanan dengan pelanggan 3G untuk segera beralih ke layanan jaringan 4G dengan cara mengonversi kartu ke SIM.

Bahkan, untuk memudahkan pelanggan 3G, XL Axiata menawarkan program integrasi dari layanan jaringan 3G ke layanan jaringan 4G.

Kami memperhatikan jumlah pelanggan 3G yang besar dan untuk itu kami terus menikmati persahabatan dan menawarkan berbagai iklan yang menarik.“Dia berkata.

Menurut Gede, 60 persen konsumen yang menerima layanan suara melalui OTT (Over the Top), seperti WhatsApp.

Ia menambahkan, kualitas VoLTE (Voice over LTE) semakin membaik.

Spektrumnya kami sesuaikan agar ketika pelanggan melakukan layanan melalui WhatsApp kualitasnya lebih baik lagi. Kami terus berbenah agar dapat terus memberikan customer experience terbaik,dia menyimpulkan.

Ini merupakan rencana XL Axiata untuk menutup layanan jaringan 3G pada akhir Maret 2022. (Suara.com/ Dythia Novianty).



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/24/192103/xl-axiata-akan-matikan-layanan-jaringan-3g-pada-akhir-maret-2022