Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Menggabungkan Huruf demi Kata, Terbaik untuk Surat Undangan

Gambar logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Kelasmekanik.com – Berikut tim HiTekno.com merangkum cara cepat membuat Merge Merge dengan Word. Tutorial Microsoft Word ini sangat membantu bagi anda yang merasa sangat kesulitan dalam menulis undangan.

Ingin membuat lebih banyak karakter dengan cara yang sama? Mudahnya di program Microsoft Word, Anda bisa memanfaatkan bagian Mail Merge.

Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengaktifkan Gabungan Surat di Word untuk menangani masalah dengan surat Anda sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Komponen Mail Merge pada program Microsoft Word mampu membuat field data dalam huruf, label dan amplop sehingga dapat diisi secara otomatis berdasarkan record data sumber.

Atau, dengan menggunakan format Gabungan Surat, Anda dapat mengirim surat yang sama ke beberapa penerima yang berbeda.

Jadi tidak perlu khawatir lagi, penerimanya banyak?

Microsoft Word.  (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Anda dapat melakukan Link to Word by Word dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat dokumen asli dengan format yang konsisten di program Microsoft Word dan tinggalkan celah di bagian untuk diisi dalam database menggunakan Mail Merge seperti nama, alamat, penerima email dan lainnya.
  2. Buat sumber data dalam format Excel, Daftar Daftar Outlook, file teks, dll, yang nantinya akan digabungkan menjadi dokumen asli.
  3. Selanjutnya, buka dokumen Microsoft Word asli yang Anda buat sebelumnya dan klik menu Mailings
  4. Kemudian pilih opsi menu Start Mail Merge
  5. Pilih jenis dokumen yang ingin Anda buat lalu pilih Lainnya: Untuk memulai dokumen di bawah ini
  6. Setelah itu, Anda akan masuk ke menu “Starting Document”, di dokumen pilihan Anda, pilih Use the current document untuk menggunakan dokumen yang Anda buat sebelumnya.
  7. Tekan menu berikut: Pilih penerima
  8. Dalam pemilihan penerima, pilih opsi menu Gunakan daftar yang tersedia
  9. Kemudian pilih opsi Browse untuk memilih lokasi penyimpanan dari sumber data yang Anda buat tadi
  10. Kemudian klik Ok, maka akan muncul sumber data yang akan ditautkan ke dokumen utama
  11. Tekan Ok untuk melanjutkan dan pilih menu berikut: Tulis surat Anda
  12. Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan Mail Merge di dokumen utama dengan cara klik Enter Merge Field di menu Mailings, lalu masukkan field sesuai dokumen seperti nama, alamat, penerima surat-swipe dan lainnya.
  13. Setelah selesai, Anda dapat melihat hasil gabungan teks yang Anda buat di “Hasil Pratinjau”.
  14. Terakhir, jika Anda ingin menyimpan dokumen, Anda tinggal klik menu Mailings lalu klik Finish & Merge, akan muncul 3 pilihan:
    • Personalize Documentation: menyimpan file ke dokumen baru dengan data sesuai dengan sumber datanya. Jadi jika sumber data memiliki 10 data, 10 file dokumen yang berisi setiap data akan muncul
    • Cetak Dokumen: mencetak dokumen langsung dari tampilan Microsoft Word tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu, jadi jika Anda ingin mencetak semua detail pada selembar kertas terpisah maka Anda harus menggantinya.
    • Kirim Email: kirim file melalui email
    • Pilih salah satu opsi di atas sesuai dengan preferensi Anda

Ini adalah cara menggabungkan Mail di Word yang dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas. Jadi ini bukan waktunya untuk membuat daftar penerima satu per satu! Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Word di atas!

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/19/142330/tutorial-cara-membuat-mail-merge-di-word-berguna-untuk-surat-hingga-undangan