Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menang Windows Script Host Dinonaktifkan (100% Work)

Windows Script Host (WSH) adalah salah satu fitur bawaan Microsoft yang penting untuk transfer teks di komputer atau laptop. Contoh format teks antara lain teks java, file batch, huruf VB dan sebagainya. Jika WSH sedang berjalan, administrator sistem akan menjalankan skrip secara independen dari sistem Windows.

Namun, jika Windows Script Host dimatikan, laptop atau komputer biasanya akan mengirimkan pesan kesalahan “skrip host run.vbs” atau “Akses host skrip kesalahan terkunci di mesin ini”. Salah satu penyebab WSH mati adalah antivirus Smadav yang menjalankan Windows Script Host.

Smadav mematikan WSH karena tidak ingin sistem operasi Windows berjalan secara independen yang dapat mengganggu penggunaan. Di sisi lain, sangat bertentangan dengan kebutuhan pengguna yang akan mengirim surat tertentu ke Windows yang membutuhkan WSH, dan akibatnya masalah ini muncul.

Cara Menangkan Host Skrip Windows dinonaktifkan

Untuk mengatasi Windows Script Host Disabled ini anda bisa melakukannya tanpa bantuan alat pihak ketiga. Jadi, Anda bisa mengatasinya hanya dengan memanfaatkan software dan fitur yang disediakan oleh Windows. Proses pembuatannya juga sangat sederhana, dan Anda hanya perlu mengikuti uraian di bawah ini.

Theha Smadav

Antivirus Smadav secara otomatis memblokir penggunaan Windows Script Host yang sudah berjalan secara permanen. Ini mencegah WSH bekerja dan menyebabkan kesalahan Windows Script Host Disabled muncul.

Jika Anda menggunakan Smadav, kami sarankan untuk mengambil langkah ini terlebih dahulu, tetapi jika Anda tidak menggunakan Smadav, silakan lewati langkah pertama ini. Nah, untuk memenangkan Windows Script Host Disabled bagi pengguna Smadav, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan klik simbol nampan di sudut kanan bawah pisau kerja.
  2. Setelah itu, perangkat Smadav akan muncul kembali. Pada bagian ini, silahkan klik kanan pada icon Smadav.
  3. Kemudian opsi akan muncul di jendela yang ditampilkan. Silahkan pilih saja Izinkan Skrip Windows & Makro Office (Permanen) atau Izinkan Skrip Windows & Makro Office (Permanen).
  4. Jika sudah, pada pop up baru akan ada notifikasi yang menandakan bahwa Windows Script Host telah berhasil dijalankan secara permanen.
  5. Ini sudah berakhir.

Gunakan Regedit

Registry Editor (regedit) adalah komponen OS Windows yang berfungsi sebagai sistem database untuk sistem Windows. Berbagai publikasi, pengaturan dan fungsi perangkat lunak dan perangkat keras juga direkam secara otomatis dan data diregedit.

Namun, Anda dapat menggunakan regedit untuk mengatur Windows untuk menginstal WSH lagi. Untuk melakukannya ada dua langkah yang harus Anda ambil, dan untuk perincian berikut:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik Regedit lalu klik OK.
  3. Jika Anda telah menginstal halaman Registry Editor, silakan buka HKEY_LOCAL_MACHINE> PERANGKAT LUNAK> Microsoft> Host Skrip Windows> Pengaturan.
  4. Selanjutnya, silakan klik kanan pada Pengaturan > Baru > DWORD (32) bit Boleng.
  5. Kemudian pada registry baru yang muncul silahkan klik kanan dan pilih Ganti nama. Setelah itu silahkan ganti namanya menjadi Diizinkan.
  6. Setelah itu, silakan klik dua kali pada Diizinkan maka silakan ubah Detail kualitas dari 0 Itu berubah 1. Selanjutnya, cukup klik oke hanya.
  7. Terakhir silahkan restart komputer atau laptop anda.
  1. Setelah laptop atau komputer anda mulai bekerja, silahkan buka Regedit seperti sebelumnya.
  2. Setelah itu, silakan pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE> PERANGKAT LUNAK> Microsoft> Windows NT> Versi Saat Ini> Winlogon.
  3. Jika demikian, silakan gulir ke bawah dan cari tahu Inisi pengguna.
  4. Kemudian di registri lain di bawah Userint, harap hapus semuanya.
  5. Jika sudah, tutup Regedit.
  6. Ini sudah berakhir.

Dengan Sistem Pengorganisasian

System Configuration adalah salah satu tool yang tersedia di Windows yang dapat membantu mengidentifikasi berbagai masalah ketika laptop atau PC mengalami masalah, terutama di StartUp. Salah satunya adalah masalah Windows Script Host Disabled yang dapat Anda selesaikan dengan mudah dengan System Administrator.

Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik MSConfig di bagian Buka dan tekan Enter.
  3. Jika sudah, Anda akan masuk ke halaman Manajemen. Di bagian Umum, hapus centang Unduh Item Startup.
  4. Langkah selanjutnya silahkan buka tab Melayanilalu periksa Sembunyikan Semua Layanan Microsoft.
  5. Kemudian, silakan klik pada opsi Menghapus semua lalu tekan oke Jika sudah ada.
  6. Terakhir, silakan restart perangkat untuk menggunakan pengaturan.

Prompt Perintah Ka

Command Prompt (CMD) kini biasa digunakan untuk melakukan berbagai perbaikan sistem pada perangkat laptop atau komputer. Namun, dalam hal ini Anda dapat mengaktifkan kembali WSH dengan perintah khusus yang tersedia menggunakan CMD.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Setelah itu, di bagian Buka, silakan ketik cmd lalu klik OK.
  3. Jika demikian, Command Prompt akan terbuka. Silakan masukkan perintah REG Hapus “HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMMicrosoftWindows Script HostSettings” / v Sederhana / f.
  4. Setelah memasukkan perintah dengan benar, cukup tekan Enter.
  5. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Itulah tadi pembahasan kami tentang cara mengalahkan Windows Script Host Disabled di laptop atau komputer. Setelah Anda mengikuti cara yang telah kami tulis di atas, Anda akan 100% berhasil memulihkan WSH dan messaging. “Akses host skrip kesalahan terkunci di mesin ini” itu tidak akan pernah terjadi lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat. Terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-windows-script-host-disabled/