Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Pulang ke Indonesia, Subaru: Kami Tidak Ingin Mengulangi Kesalahan

Nama lama lainnya yang bersiap masuk ke Indonesia lagi adalah Subaru. Isu-isu ini sudah ada sejak lama. Merek Jepang itu bersiap untuk kembali berdagang di Indonesia. Mengenakan bendera “Plaza Subaru”, pemegang merek (APM) terbaru tahun lalu mengumumkan akan beroperasi penuh pada 2022. Namun, hingga bulan kedua belum ada indikasi bahwa mereka telah secara resmi menyatakan kehadirannya. Apa itu?

TSELISO TS’OANE

  • Subaru APM di Indonesia

    Plaza Auto Mega atau Subaru Indonesia

  • Pemimpin Subaru Indonesia

    Arie Christopher sebagai Chief Operating Officer

  • Pertanyaan tersebut akhirnya dijawab langsung oleh Arie Christopher selaku Operation Manager PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia). Ia menambahkan, saat ini Subaru sedang dalam tahap akhir persiapan untuk menjual beberapa produk andalannya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Subaru dapat memberikan lebih banyak layanan kepada pelanggan dan pengikutnya.

    Plaza Subaru merupakan APM keempat yang resmi memegang nama Jepang ini di Indonesia. Perusahaan yang pertama kali menjadi APM membuat sejarah tidak senang karena terlibat gugatan. Arie mengatakan itulah yang coba diulangi Subaru di bawah arahan tim Plaza.

    Subaru Indonesia Arie Christopher (tengah), Chief Operating Officer PT Plaza Auto Mega

    Mengapa banyak orang bertanya kepada kami, mengapa Subaru lama sekali menjual Indonesia? Tunggu apa lagi ? , itulah saatnya kita terpilih dari Februari 2020 hingga Februari 2022. Sudah dua tahun sejak kita memulai mobil? kata Arie saat konferensi pers, Rabu (9/2/2022).

    “Ini adalah wujud nyata atau tindakan atau komitmen sejati kami bahwa kami ingin memperbaiki kesalahan APM masa lalu di masa lalu. Kami ingin sesuai dengan hukum pemerintah Indonesia. Jadi ini semua baik dari visi. legal, baik dari sisi rencana produksi pabrik, komitmen dari Subaru Corporation Jepang, kami meletakkan fondasi, kami mengatur semuanya,” tambah Arie.

    Sebagai langkah awal kembali ke Indonesia, Plaza Subaru melihat ketersediaan layanan purna jual bagi pelanggan yang sudah ada. Maka, dari tahun lalu, didirikan dealer 3S (showroom, service, unit sisa) yaitu Alam Sutera, Tangerang. Setelah melakukan verifikasi layanan bagi pelanggan, selanjutnya akan dilanjutkan dengan peluncuran model-model baru.

    Subaru BRZ Subaru BRZ

    Arie bahkan sekaligus membeberkan sedikit tentang rencana Subaru Indonesia, dalam jangka pendek dan menengah. Termasuk perluasan jaringan peritel berlisensi ke banyak kota besar Indonesia setidaknya selama lima tahun ke depan.

    “Mungkin dalam waktu dekat, pasti akan kami kabari bahwa sejak tahap kedua, kami sudah mulai menjual banyak model baru Subaru Indonesia,” lanjut Arie, mantan leader Ferrari Indonesia.

    “Kemudian untuk rencana jangka menengah, kami menyesuaikan berdasarkan peningkatan penjualan. Kami akan membuka jaringan di dalam dan sekitar Jakarta, seperti Bandung, Surabaya, Batam dan kota-kota lainnya,” kata Arie.

    Adapun lini produk dan model yang akan didatangkan, Arie belum mau membeberkannya secara jelas. Namun, dari apa yang dikatakan dalam konferensi pers, sejumlah model Subaru dari SUV (Sport Utility Vehicle) hingga mobil sport akan diimpor. Artinya ada kemungkinan Impreza, Forester, BRZ, bahkan WRX akan menyapa penggemar di Indonesia. (Mengapa / Raju)

    Sumber Artikel: https://www.oto.com/berita-mobil/persiapan-comeback-ke-indonesia-subaru-kami-tak-mau-ulang-kesalahan