Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Operasi Berbeda All New Honda Vario 160, Lihat Detail

Astra Honda Motor resmi merilis All New Honda Vario 160. Penampilan berubah total. Desainnya lebih agresif. Ukuran tubuh terlihat lebih besar dalam bentuk garis olahraga. Mesinnya juga menggunakan generasi terbaru, mirip dengan PCX 160 dengan mesin 160cc 4-valve ESP+ yang berpendingin air. Model saat ini tidak lagi diidentifikasi oleh garis atau gambar. Saat ini dibagi menjadi CBS dan ABS.

TSELISO TS’OANE

  • Mesin Honda Vario 160

    160cc 4-katup ESP + kapasitas, berpendingin air

  • Honda Vario 160

    CBS dan ABS

  • Harga Honda Vario 160 CBS

    Rp 25,8 juta OTR DKI Jakarta

  • Harga Honda Vario 160 ABS

    Rp 28,5 juta OTR DKI Jakarta

  • Jadi apa perbedaan antara keduanya? Lihat komentar:

    Kedua tipe yang dijual memiliki warna yang beragam. Untuk tipe CBS tersedia cat Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Dari tiga opsi yang disediakan, hanya Active Black yang memiliki lini permainan. Itu muncul di perisai depan di setiap sisi dan di belakang tubuh.

    Grande Matte Black sesuai dengan namanya, perpaduan warna merah dan hitam. Sementara itu, Grande Matte Red memiliki corak hitam di sekujur tubuhnya. Dan tipe ini tidak menggunakan lampiran 3D yang mengatakan 160 spesies, tetapi hanya stiker perak. Harganya Rp 25,8 juta OTR DKI Jakarta.

    Untuk tipe ABS ada Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte White. Seperti versi CBS, hanya Active Black yang diberikan gambar game dalam warna perak dan emas. Dua sisanya menggunakan judul yang sama, melukis pola doff. Berbeda dengan versi di bawah, ia memiliki logo 3D di bodi belakang dan velg titanium panas. Sehingga memiliki kesan mewah sekaligus modern. Biaya legalnya Rp 28,5 juta OTR DKI Jakarta.

    Honda Vario 160

    Khusus untuk tipe yang lebih mahal dipasang Anti-lock Braking System (ABS). Pengereman belakang juga sudah cakram. Sedangkan tipe CBS masih sama dengan yang lama. Gunakan disk depan dan jenis drum (drum) di belakang.

    Untuk beberapa bagian masih sama. Lain halnya dengan charger USB tipe A dengan daya maksimal 5V 2.1A. Letaknya di sisi kiri lantai depan dan lengkap dengan penutupnya. Seluruh sistem penerangan dilengkapi dengan teknologi LED, Side Stand Switch, Brake Lock System, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm serta perangkat digital lengkap dengan pola tampilan yang buruk. Bentuknya masih sama dengan model lama, hanya saja untuk tipe yang lebih mahal ada indikator ABS.

    Tidak ada perbedaan di jantung kedua jenis mesin. Keduanya memiliki mesin 160cc empat katup, SOHC, teknologi berpendingin air dan peningkatan Smart Power Plus (eSP+). Ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,3 hp pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Bore x stroke berukuran 60 x 55,5 mm dan rasio kompresi 12:1.

    Komponen-komponen ini juga terintegrasi dengan cara yang sama. Keduanya menggunakan teknologi eSAF (Bingkai Arsitektur Cerdas yang ditingkatkan). Fitur ini membuat skutik game ini semakin mudah dikendarai. Namun berbeda dengan saudaranya yang mulai menggunakan model bingkai ini. Di Vario 160 itu tidak menurunkan berat badan, itu meningkat. Dulu 112 kg sekarang 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS). Ketinggian bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga tidak berubah, masih sama dengan model lama. Pada gilirannya, 5,5 menghasilkan 18 liter dan menghasilkan 10 liter. Mungkin karena bobot panel bodi yang saat ini terlihat lebih bengkak.

    Baca juga: Lihat All New Honda Vario 160 Update Series

    Honda Vario 160

    Di bidang desain juga tidak ada perbedaan. Meski konsepnya masih mode permainan skuter, versi saat ini memiliki garis desain yang solid. Terlihat jelas di depan perisai. Itu terlihat seperti panel bodi multi-tahap. Ada sistem pencahayaan Dual Keen LED Headlight. Tapi tanda belok tidak pernah turun. Penghalang disediakan dengan menarik penutup lampu depan. Itu terlihat kejam dan berkelas.

    Bagian belakang tetap ditunjang dengan tampilan yang mewah, karena menggunakan bohlam terpisah dan mengubah bentuk tampilan. Pola lampu stop light sudah berubah total tapi masih tinggi. Uniknya, timing point-nya dilapisi aluminium, sama seperti PCX 160. Konsep gamenya pun semakin berubah.

    Karena memiliki desain yang sama, dimensinya pun sama. Namun dibandingkan dengan model lama, hanya ada sedikit perbedaan. Dulu 1.919 x 679 x 1.062 mm, sekarang menjadi 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi jok yang semula 769mm menjadi 778mm. Jarak sumbu roda lebih pendek dari 1.277, model lama 1.280 mm. Titik terendah ke tanah telah meningkat 8mm menjadi 140mm.

    Juga tidak ada perbedaan di cabang ini. Suspensi depan menggunakan model teleskopik dan bagian belakang menggunakan trigger arm yang diangkat oleh single “shockbreaker”. Kulit bundar lebar, 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban tidak memiliki tabung. Menariknya, ia kini memakai mistar gawang baru.