Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ditemukan bahwa lampu laser LED untuk sepeda motor hanya membutuhkan jenis daya listrik ini

Kelasmekanik.com – Dibandingkan dengan jenis pencahayaan lainnya, apakah lampu LED laser membutuhkan lebih banyak listrik?

Karena saat diuji, sinar laser LED jauh lebih terang dan memiliki fokus yang terfokus dibandingkan dengan lampu konvensional atau lampu LED.

Meski lebih terang, kemungkinan saat diuji hasilnya hanya membutuhkan sedikit energi atau setara dengan bola lampu sepeda motor yang terpasang pada sepeda motor.

“Bahkan dengan lampu neon kecil, cahayanya bisa lebih baik dari lampu konvensional,” kata Agus, dari Bengkel W9, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Alternatif Memasang Proyektor LED di Lampu Motor, Apa Manfaatnya?

Sebagai informasi, bohlam standar HS1 yang dibangun dengan sepeda motor tipe sport biasanya memiliki daya 35 watt.

Meskipun produk lampu LED standar untuk soket tipe HS1 hanya membutuhkan daya 6-16 watt untuk hasil yang cerah.


Nah untuk produk lampu LED laser yang spesifikasinya di atas lampu LED biasa, konsumsi dayanya hanya sekitar 18-36 watt yang setara dengan lampu bohlam standar.

“Selama kondisi motor listrik sehat, dalam arti aki dan chiprok normal, tidak boleh dipindahkan atau rusak,” tegasnya.


Bagi anda yang ingin memasang lampu LED dengan daya lebih dari lampu konvensional, solusinya adalah komponen chiprok dan baterai juga perlu diganti.

Selama Anda menggunakan lampu yang kurang bertenaga atau setara dengan lampu standar sepeda motor, jelas tidak akan menyebabkan chiprok atau aki berlebih.