Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Wireless Tiba Tiba Mati Pada Laptop atau Komputer

Wireless Capacity merupakan masalah yang sering terjadi pada pengguna laptop dan komputer. Pesan ini biasanya muncul ketika perangkat tidak dapat mendeteksi koneksi atau karena internet tidak terhubung ke WiFi.

Ketika Anda menerima pesan ini, Anda akan sangat kesal karena jika bagian yang menahan koneksi WiFi ditutup, sebenarnya akan mencegah jaringan untuk keluar atau masuk, sehingga Anda tidak dapat lagi menelusuri jaringan.

Akibatnya, Anda pasti membutuhkan solusi untuk mengatasi masalah Kemampuan Nirkabel agar Anda dapat menggunakan jaringan secara instan secara normal. Jadi, silahkan baca artikel ini sampai selesai karena kami akan memberikan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Perangkat Nirkabel Mati

Penyebab Wireless Capability Off adalah beberapa hal yang bisa terjadi, namun pada kenyataannya masalah ini sebagian besar disebabkan oleh driver WiFi yang tidak berfungsi normal atau sedang rusak. Ini akan membuat perangkat Anda tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi.

Namun ada beberapa hal yang bisa terjadi, antara lain:

  • Terjadi kesalahan saat mengatur BIOS
  • Kesalahan tombol
  • Pengemudi rusak atau ketinggalan zaman
  • Dan lain-lain.

Intinya, kebanyakan masih berhubungan dengan sistem.

Mode Perangkat Nirkabel Mati

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan Wireless Capability yang Dimatikan, silahkan coba beberapa solusi yang telah kami cantumkan di bawah ini untuk mengatasinya. Karena tidak semua kasus tersebut disebabkan oleh hal yang sama, maka pastikan Anda mencoba semua solusi yang kami tawarkan di bawah ini.

Pastikan Opsi Nirkabel diaktifkan

Meskipun ada perangkat baik itu laptop atau komputer yang WiFi-nya bisa hidup, ada juga beberapa yang harus kita nyalakan secara manual terlebih dahulu. Hal pertama yang dapat Anda coba adalah membuka pengaturan dan mencari opsi WiFi di sana, dan pastikan sudah ON.

Kemudian untuk pengguna laptop bisa menggunakan tombol WiFi di keyboard, dan di beberapa laptop terkadang ada lampu di samping tombol WiFi yang menandakan WiFi sudah menyala.

Sebelum laptop atau komputer dibuka, akan ada halaman peluncuran yang disebut Login Screen. Halaman awal berfungsi sebagai UI (User Interface) saat laptop dan program komputer diinstal. Selain itu ada juga beberapa fitur lainnya seperti Password.

Kemudian pada versi Windows 8 dan 10, layar Login sudah memiliki daftar koneksi WiFi. Jadi Anda bisa mencoba memasukkan WiFi ke dalam menu, dan siapa tahu dengan hal sepele ini pesan Wireless Capability Disable bisa teratasi.

Lihat Pengaturan Manajemen Daya

Jika Anda telah memastikan WiFi berfungsi tetapi masalah ini belum teratasi, maka Anda harus mencoba memeriksa pengaturan kontrol daya di laptop atau komputer Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa Wireless Network Adapter dalam kondisi baik.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Kemudian pada bagian Open, silahkan ketik devmgmt.msc lalu Masuk.
  3. Jika sudah, maka anda akan dibawa ke halaman Device Manager, dan pada bagian ini silahkan klik Adaptor jaringan.
  4. Selanjutnya, pilih Wireless Network Adapter yang terpasang di perangkat Anda, lalu klik dua kali dan Anda akan mendapatkan jendela baru yang muncul.
  5. Selanjutnya, pilih tab Manajemen daya.
  6. Kemudian hapus centang pada opsi Aktifkan komputer untuk mematikan perangkat ini untuk menghemat daya.
  7. Jika sudah, klik OK dan restart komputer atau laptop Anda.

Lakukan Power Cycling

Power Cycling adalah langkah untuk menghilangkan daya laptop, dan ini dilakukan dengan tujuan agar aliran listrik yang mengalir di dalam bagian-bagian laptop menjadi restart. Namun, hasil dari fitur pengaturan ulang adalah hilangnya pengaturan termasuk konfigurasi dan perbaikan WiFi.

Cara ini terutama berlaku untuk perangkat laptop yang bermasalah dengan Wireless Capability Off, dan tidak bisa dilakukan di komputer atau PC.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, matikan laptop (lock) terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, lepaskan semua perangkat eksternal yang terhubung ke laptop.
  3. Lepas juga charger laptop jika sudah terhubung.
  4. Jika sudah, silahkan lepas baterai laptop anda dan biarkan laptop selama 5 menit agar daya di dalam kapasitor hilang.
  5. Selanjutnya, masukkan baterai laptop dan restart laptop Anda.
  6. Setelah dihidupkan, silakan periksa WiFi untuk melihat apakah itu normal atau tidak.

Coba Gunakan Pusat Mobilitas

Mobility Center menyimpan pengaturan Windows yang paling penting, dan di mana Anda dapat menemukan pengaturan WiFi. Jika Anda memiliki masalah dengan Kemampuan Nirkabel, Anda dapat mencoba mengaktifkan WiFi di pengaturan Pusat Mobilitas Windows.

Cara ini sangat efektif dan mudah untuk diselesaikan. Sekarang, inilah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Pertama, buka menu pencarian Windows, lalu ketik Pusat Mobilitas Windows.
  2. Setelah hasilnya muncul, silakan buka dengan mengklik opsi buka atau klik dua kali.
  3. Jika demikian, silakan periksa pengaturan Nirkabel dan tekan tombol Nyalakan Nirkabel untuk mengimplementasikannya.
  4. Tunggu hingga WiFi menyala, dan mungkin pesan error Wireless Capability akan hilang.
  5. Ini sudah berakhir.

Instal ulang Driver WiFi

Driver WiFi yang terpasang mungkin perlu diganti jika ada masalah Wireless Capability dimatikan. Anda dapat menemukan driver WiFi di Pusat Perangkat, dan di mana Anda dapat menghapus semua driver yang diinstal, dan kemudian setelah memulai komputer akan menginstalnya secara otomatis.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, buka menu pencarian Windows dan ketik Pengaturan perangkat.
  2. Setelah hasilnya muncul, silahkan buka programnya.
  3. Sekarang jika sudah Anda akan menginstal halaman toolbar utama, lalu di sana, silakan pilih Penyesuai jaringan.
  4. Selanjutnya anda akan menemukan driver WiFi yang sudah terinstall, silahkan klik kanan dan pilih Menghapus pada driver di dalamnya.
  5. Setelah selesai, silakan restart komputer atau komputer Anda dan coba WiFi lagi.
  6. Metode ini sering digunakan untuk menyelesaikan masalah Kemampuan Nirkabel dengan Dimatikan yang disebabkan oleh driver yang salah.

Lihat Adaptor WiFi

Bahkan setiap adaptor yang mampu terhubung ke jaringan akan terlihat dalam sebuah program yang disebut Control Panel. Tentu saja, adaptor sering mati dan terkadang ini terjadi secara tidak sengaja dan tanpa sepengetahuan kita.

Jadi, silakan periksa adaptor untuk memastikan tidak tertutup. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka pencarian Windows dan ketik panel kendali lalu tekan Enter.
  2. Jika demikian, Panel Kontrol akan terbuka, silakan buka bagian itu Marang-rang le Marang-rang.
  3. Kemudian buka Jaringan dan pusat Berbagi lalu pilih Ubah Pengaturan Adaptor.Kemudian pilih adaptor WiFi di atasnya, dan klik Aktifkan Alat Web ini.
  4. Jika demikian, silakan periksa kembali WiFi untuk melihat apakah itu normal atau tidak.

Lihat Pengaturan Layanan WiFi

Hal terakhir yang dapat Anda coba adalah memastikan pengaturan layanan WiFi sudah benar dan berfungsi. Ini berbeda dengan driver WiFi karena layanan WiFi sendiri bertanggung jawab untuk menjalankan layanan koneksi WiFi di sistem Windows.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memastikan itu berhasil. Berikut adalah metodenya:

  1. Silakan buka bilah pencarian Windows dan ketik Jasa.
  2. Kemudian buka hasil pencarian.
  3. Setelah terbuka, silakan, cari Konfigurasi Otomatis WLAN.
  4. Setelah tersedia, silakan klik kanan pada daftar layanan dan pilih Barang.
  5. Di sebelah tab Umum, ubah jenis pengaturan Startup menjadi Secara default lalu pastikan lagi Persyaratan Layanan dari pada berlari.
  6. Karena jika Service Level aktif dan berjalan, layanan WiFi aktif dan berjalan. Dan jika Service Level mati, maka layanan WiFi sedang down dan Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.
  7. Ini sudah berakhir.

Baca juga: Cara Menangkan Laptop Tidak Bisa Konek WiFi