Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kata Tidak Tertulis di Laptop Windows

Microsoft Word adalah alat pengolah kata yang banyak digunakan. Kata tersebut banyak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan pengolah kata, misalnya digunakan untuk menulis surat, laporan, jurnal penelitian, diskon, dan sebagainya.

Menulis di Word mudah dilakukan. Tidak mengherankan, hal pertama yang dipelajari kebanyakan orang adalah Word jika dibandingkan dengan perangkat lain yang merupakan bagian dari keluarga Microsoft Office.

Bahkan bagi orang awam, mempelajari Word tidaklah sulit, dibandingkan dengan mempelajari Excel atau PowerPoint. Meskipun software ini mudah digunakan, namun ditemukan beberapa masalah yang sering muncul, salah satunya Word yang tidak bisa digunakan untuk mengetik.

Cara Mengatasi Suara Tidak Tertulis

Apakah Anda membuka aplikasi Word, tetapi Word tidak dapat digunakan untuk mengetik? Masalah ini sering terjadi. Tapi tenang saja, cara mengatasinya mudah kok.

Berikut kami berikan banyak cara mengatasi Word can’t type yang bisa anda coba.

Restart Laptop atau Komputer

Hal pertama yang harus Anda coba untuk mengatasi Word yang tidak dapat Anda ketik adalah me-restart laptop atau komputer Anda. Kemungkinan dokumen yang Anda buka berisi rusak.

Selain itu, mungkin juga karena laptop atau komputer Anda menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, sehingga membuat laptop atau komputer Anda menjadi lambat, dan tidak dapat menjalankan program dengan baik.

Coba restart laptop atau komputer Anda, Anda dapat melakukan ini:

  1. Klik ikon jendela di pojok kiri bawah.
  2. Selanjutnya pilih menu Kekuatan.
  3. Kemudian klik opsi mengulang kembali.
  4. Tunggu hingga proses restart selesai.
  5. Coba buka Word lagi, dan coba lagi.
  6. Ini sudah berakhir.

Dari Sistem Membaca

Ini adalah kejadian umum, bukan masalah Word tidak dapat digunakan untuk mengetik. Tapi, ternyata Anda sedang dalam posisi membaca. Ya, wajar jika Anda tidak mengetik dan mengatur dokumen Anda.

Solusinya adalah menjauh dari proses membaca dan beralih ke proses pengeditan dokumen. Berikut cara melakukannya:

  1. pilihan pencarian melihat dalam kata yang Anda gunakan.
  2. Klik opsi.
  3. Setelah itu akan muncul tab, silahkan pilih Mengedit Dokumen.
  4. Setelah selesai, Anda dapat menulis lagi di Word.

Lihat Papan Ketik

cara memperbaiki kesalahan suara karena keyboard

Jika Anda tidak dapat mengetik, keyboard Anda mungkin rusak. Coba perhatikan keyboard yang Anda gunakan, dan pastikan keyboard dalam kondisi baik. Namun, jika Anda menggunakan keyboard eksternal, pastikan konektornya berfungsi dengan baik.

Untuk mengetahui apakah keyboard berfungsi atau tidak, Anda dapat menggunakan keyboard yang tersedia di laptop. Jika Anda dapat mengetik di keyboard asli, itu berarti ada masalah dengan keyboard laptop Anda.

Silakan baca: Cara Menampilkan Keyboard di layar Laptop

Ya, ada kemungkinan lain terkait keyboard, yaitu keyboard di laptop dan komputer terkunci. Ini bisa terjadi jika Anda tidak sengaja mengunci keyboard.

Matikan Keamanan Dokumen

Alasan lain yang mungkin adalah bahwa file tersebut dalam status terproteksi. File Word yang diproteksi membuat file tidak dapat diedit atau diketik. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu membuka kunci file.

Cara mematikan keamanan dokumen:

  1. Pertama, buka file suara yang masih terkunci.
  2. Pilih menu Mengajukan ada di bilah alat.
  3. Pilih opsi berita, lalu tekan Dokumen Keamanan.
  4. Lihat opsinya Tandai Akhir, Blokir Entri le Batasan Pengeditan seperti pada gambar di bawah ini.
  5. Jika opsi berhasil, harap matikan agar Anda dapat mengedit file Word sebelumnya.
  6. Kemudian klik opsi Tandai Akhir, lalu tekan OKE.
  7. Buka file Audio yang baru saja Anda konversi, lalu klik Opsi Ubah Namun.
  8. Selesai, maka Word bisa digunakan untuk mengetik.

Lihat Num Lock Lock

Terkadang masalah tidak bisa menulis di Word tidak terbatas pada huruf. Anda juga mengalami masalah ini saat menulis angka. Untuk memperbaikinya, Anda dapat memeriksa Tombol angka yang merupakan keyboardnya.

Num Lock Lock akan membuat Anda tidak dapat memasukkan angka. Terkadang Num Lock terkunci karena Anda tidak sengaja menekan tombol. Kemudian, untuk menginstalnya kembali Anda hanya perlu menekan kembali tombol Num Lock.

Pergi ke Aktifkan Pengeditan

Terkadang masalah izin mengedit juga diperhatikan oleh orang lain dan membuat Word tidak bisa digunakan untuk mengetik. Pengeditan sangat sederhana, Anda hanya perlu mengklik notifikasi pengeditan yang muncul saat Anda membuka dokumen.

Setelah melakukan ini, Word akan menyebabkan dokumen diedit dengan sendirinya. Anda dapat mengedit, mengedit, dan mengetik dokumen seperti biasa.

Tidak ada Lembar Kerja

Jangan sampai hal absurd ini terjadi. Ini tidak hanya memungkinkan Anda membuka Word tetapi juga membuat atau membuka lembar kerja yang ingin Anda gunakan. Tanpa lembar kerja, tidak ada gunanya mengetik keyboard karena teks tidak akan muncul.

Jadi, saat Anda membuka alat Word pastikan Anda membuat lembar kerja baru, atau membuka halaman yang sudah ada. Kasus ini sering terjadi pada orang yang baru saja menggunakan komputer, dan sedang mencoba membuka Word.

Gunakan Google Dokumen

Cara yang terakhir ini mungkin bisa menjadi jalan keluarnya jika anda sudah mencoba cara-cara diatas namun tetap tidak bisa menulis Firman. Coba gunakan Google Documents untuk memulihkan Word kesalahan Anda.

Google Documents mendukung pembukaan semua format file Word. Google Documents sedang online, jadi Anda memerlukan browser web untuk mengaksesnya. Apalagi alat ini cenderung sederhana dan efisien.

Fungsi dan fitur Google Docs juga hampir identik dengan Word dan Anda juga dapat menyimpan file dalam format .docx sehingga Anda dapat membuka dan mengeditnya dengan Word. Dalam hal Word Anda kembali normal.

Berikut cara menggunakan Google Documents:

  1. Masuk menggunakan Akun Google Anda.
  2. Setelah itu, segera buka Google Docs.
  3. Buka dokumen baru dengan mengklik lembar kerja kosong.
  4. Atau Anda dapat membuka file yang ingin Anda modifikasi Buka File Pilih, lalu masukkan file yang anda inginkan.
  5. Selesai, maka Anda bisa menulis ulang.

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari solusi Word Anda. Silakan coba selesaikan masalah dengan metode yang telah kami tulis.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatsai-word-tidak-bisa-mengetik/