Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Cuma Yamaha Fazzio, Ini 10 Motor Hybrid di Dunia

Fazzio hadir sebagai pesaing baru Yamaha Indonesia di pasar domestik. Skuter tercanggih ini sangat canggih karena memiliki teknologi hybrid yang diklaim mampu meningkatkan performa dan menghemat bahan bakar.

TSELISO TS’OANE

  • Sistem apa yang digunakan Yamaha Fazzio Hybrid?

    Yamaha Fazzio merupakan mobil dengan sistem hybrid sederhana yang menggunakan genset

  • Theko Yamaha Fazzio

    Rp 21,7 juta untuk tipe Neo, Rp 22 juta untuk tipe Lux

  • PCX e: HEV

    Rp. 43.750.000

  • Mesin yang bekerja, teknologi yang terintegrasi ke dalam Yamaha Fazzio termasuk dalam kategori ringan. Fokusnya ada pada 2 sumber tenaga yang terhubung, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin konvensional dan tenaga dari Electric Power Assist Start (EPAS). Untuk mendukung 2 komponen tersebut, terdapat banyak komponen pendukung lainnya, antara lain Smart Motor Generator (SG), baterai (battery), dan Starter Generator Control Unit (SGCU).

    Dalam keadaan normal aki atau aki berfungsi sebagai sepeda motor pada umumnya, yaitu menghidupkan mobil. Setelah mesin dihidupkan, baterai akan diisi langsung oleh komponen SMG. Kemudian EPAS bertenaga baterai bekerja memberikan tenaga ekstra selama 3 detik pertama saat bilah gas berputar. Tenaga tersebut merupakan hasil dari mesin standar dan EPAS-nya, sehingga akselerasi awal akan semakin kuat saat Anda dalam posisi atau riding yang baik.

    Kemudian setelah rilis dari 3 detik pertama, EPAS akan dimatikan dan hanya teknisi standar yang akan bekerja. Tetapi ketika mesin berhenti lagi dan penumpang mengubah frekuensi lagi sistem EPAS dan mesin normal akan berjalan kembali dalam 3 detik.

    Yamaha Fazzio tidak memiliki baterai Lithium-Ion seperti mobil. Selain itu, sistem pergerakan motor masih membutuhkan sistem mesin standar. Nah selain Yamaha Fazzio, di bawah ini adalah motor dengan teknologi hybrid.

    Honda PCX e: HEV

    Honda PCX e: HEV merupakan salah satu produk hybrid yang dijagokan oleh Honda. Motor tersebut juga diluncurkan di Indonesia pada awal Maret 2021.

    Berbeda dengan Fazzio, PCX e:HEV memiliki Lithium-Ion 50,4 volt 4 ampere dan dipadukan dengan tenaga 156,9 tanpa mesin eSP+ dengan konfigurasi SOHC 4-valve.

    Daya baterai diperlukan untuk menghidupkan starter ACG, yang berfungsi sebagai motor assist dan meningkatkan tenaga dan torsi saat berakselerasi. Perhatikan bahwa teknologi yang disertakan dalam PCX adalah: HEV hanya bertujuan untuk meningkatkan daya saat berakselerasi dengan mengubah gas secara sukarela.

    Indonesia, jika Anda tertarik untuk memesan Honda PCX e: HEV, maka siapkan dana sebesar Rp 43.750.000 OTR Jakarta.

    Baca juga: Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fazzio Sebelum Memutuskan Membelinya

    Konsep TVS Zeppelin

    Produsen asal India, TVS juga tidak meremehkan desain roda duanya. Pada tahun 2018, di Indian Auto Expo, mereka memperkenalkan sepeda motor konsep hybrid bernama Zeppelin Concept.

    Mesin dengan tampilan mesin besar terdiri dari motor listrik 1.200 watt dan mesin standar 220 cc. TVS Zeppelin memiliki fungsi gas dan tenaga listrik yang bertujuan untuk mengurangi emisi.

    Konsep Yamaha Gen-Ryu Cruiser

    Jauh sebelum Fazzio, garpu reparasi menghasilkan sepeda hybrid besar. Di Tokyo Motor Show 2015, Yamaha memamerkan desain mesin listriknya dengan produk Gen-Ryu Cruiser-nya.

    Motor ini memiliki mesin standar 600 cc yang dipasang dari motor sport Yamaha R6. Mesin tersebut kemudian diintegrasikan dengan teknologi hybrid yang sama untuk memberikan daya ke generator untuk mengisi data baterai.

    Sejauh ini belum ada informasi apakah mobil tersebut akan masuk dapur produksi dan dijual secara massal.

    Eko ET-120 Hibrida

    Dari berbagai sumber, motor ini disebut-sebut sebagai motor hybrid pertama di pasar India. EKO ET-120 dirilis pada Desember 2009.

    Sepeda motor ini dikembangkan oleh Eko Vehicles Pvt. Ltd. produsen mobil listrik yang berbasis di Bengaluru, India. Spesifikasi pabrikan meliputi mesin standar 70 cc dengan bantuan motor listrik. Konon kecepatannya mencapai 65 km per jam dan dijual dengan harga RP. 77 juta.

    Baca Juga: Semua Tenaga Mesin New Honda Vario 160 dan PCX 160 Beda, Ini Definisi AHM

    Furion M-1 Konsep Hibrida

    Startup Prancis Furion memperkenalkan M-1 Concept Hybrid sebagai sepeda hybridnya beberapa tahun lalu.

    Furion M1 memiliki mesin rotary 654 cc yang mampu menghasilkan 125 tenaga kuda pada 9.000 rpm dan torsi maksimum 105 Nm pada 6.000 rpm. Mesin tersebut kemudian dipadukan dengan motor listrik yang menghasilkan 55 tenaga kuda dan torsi 100 Nm dengan tenaga dari baterai Lithium-Sulfur.

    Piaggio MP300ie Hybrid

    Pabrikan sepeda motor Italia, Piaggio, juga memiliki senapan sepeda motor berteknologi hybrid. Bahkan ketika mesin ini diluncurkan dikatakan sebagai skuter hybrid pertama di dunia.

    Piaggio MP3 Hybrid 300ie ditenagai oleh mesin bensin 278 cc. Mesin kemudian beroperasi dengan motor listrik yang dapat berinteraksi dengan baik dengan transmisi otomatis CVT.

    Dengan kombinasi tersebut, Piaggio MP3 Hybrid 300ie yang memiliki empat mode berkendara ini diklaim mampu menghasilkan tenaga setara skutik bermesin 400 cc. Ya, baterai Lithium-Ion bisa diisi saat mesin hidup, berkat tenaga dari mesin bensin yang mereka ambil. Namun, Piaggio MP3 Hybrid 300ie hanya dapat dioperasikan secara elektrik, yang menjadikannya mobil yang tahan lama.

    Igor Chack dari Vladivostok, Rusia pernah mengembangkan sepeda motor hybridnya sendiri, yang disebut Izh-1. Ini adalah sepeda motor memori dengan mesin 8.500 cc V-twin yang dilengkapi dengan mesin listrik ke roda belakang.

    Selain memberikan performa yang bertenaga, Motor Hybrid Izh-1 juga dikatakan irit bahan bakar, serta memiliki emisi gas yang prima.

    Baca Juga: 3 Harga Jual Yang Ditawarkan Yamaha Fazzio Hybrid Connected

    Kawasaki EV Endeavour

    Kawasaki juga terlihat kokoh menggarap motor listrik, terbukti pada ajang EICMA 2019 di Milan, Italia, mereka telah menunjukkan contoh motor listrik bernama EV Project. Kabarnya motor listrik dengan teknologi hybrid ini akan segera dijual ke publik.

    Pabrikan kemudian mulai mengejek saya dengan memposting video tes sepeda motor terdaftar bernama Endeavour di Jepang. Dari sisi desain memiliki fitur yang sama dengan Kawasaki Ninja 250 Fi yang kita kenal di Indonesia.

    Dilaporkan bahwa Endeavour akan dilengkapi dengan baterai lithium ion yang mampu menghasilkan hingga 27 tenaga kuda. Sayangnya, spesifikasi baterai yang digunakan tidak disebutkan, hanya Kawasaki yang mengatakan motor ini dapat menempuh jarak 150 km dengan sekali pengisian baterai penuh.

    elang pendiam

    Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) telah meluncurkan mesin bertenaga motor mutakhir, kombinasi motor listrik dan mesin minyak zaitun standar.

    Sepeda motor hasil kerjasama dengan Logos Technologies ini memiliki keunggulan untuk menjelajah area jalan lain dengan menggunakan tenaga listrik. Kecepatan maksimumnya adalah 88 km per jam. Tidak hanya itu, motor ini juga dapat di cover sesuai dengan lingkungan sekitar sehingga tidak mudah terlihat.

    Meski mesin konvensional memungkinkan untuk dicopot agar bisa berjalan dengan sempurna itu tergantung dari power supply. Saat terisi penuh, Silent Hawk dapat menempuh jarak hingga 80 km.

    Yamaha Fascino 125

    Yang terakhir adalah Yamaha Fascino. Sepeda motor hybrid ini diperkenalkan ke pasar India pada tahun 2021. Catatan, untuk mesin dan teknologi hybrid mirip dengan Fazzio Indonesia.

    Memiliki mesin 125 cc, SOHC, pendingin air, dan cetakan injeksi. Dengan kertas itu mampu menyemburkan tenaga maksimal 8,2 tenaga kuda dan torsi maksimal sekitar 10,3 Nm.

    Karena memiliki hybrid, sebenarnya juga memiliki kereta listrik yang bisa meningkatkan performanya. Sementara menggunakan sistem Smart Motor Generator (SMG), komponen ini berperan sebagai mesin listrik yang akan memberikan tambahan power supply dan power support pada kendaraan.

    Dengan penggunaan SMG, pihak pabrikan mengklaim keberhasilan barang bisa lebih irit, yakni sekitar 16 persen. Nah fitur ini akan meningkatkan konsumsi bahan bakar saat Anda berkendara di kemacetan lalu lintas dan berhenti dan berjalan. (Perlengkapan / Raju)

    Baca juga: Jangan Bingung, Ini Sistem Hybrid Nyata

    Sumber Artikel: https://www.oto.com/berita-motor/bukan-cuma-yamaha-fazzio-ini-10-motor-hybrid-yang-eksis-di-dunia