Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat TV Digital, Bukan Hanya Gambar Cantik

gambar televisi. (Samsung Indonesia)

Kelasmekanik.com – Berikut enam keunggulan TV digital dibandingkan TV analog. Cari tahu juga apakah televisi Anda bisa menerima siaran digital atau tidak.

Saat ini Indonesia mendistribusikan siaran dari TV analog ke saluran digital.

TV digital adalah transmisi sinyal televisi menggunakan sarana digital dan non-digital. Meskipun TV analog merupakan teknologi televisi pertama yang menggunakan sinyal analog untuk mengirimkan video dan audio.

Siaran televisi analog, kecerahan, warna dan suara diwakili oleh besaran, langkah dan frekuensi sinyal analog.

Kualitas gambar digital dari sinyal TV digital tetap positif sampai level sinyal turun di bawah batas di mana penerimaan tidak lagi memungkinkan atau berubah dari waktu ke waktu.

gambar televisi.  (Pixabay)
gambar televisi. (Pixabay)

Cara memeriksa apakah TV dapat menerima siaran digital:

  1. Perhatikan usia TV Anda. Jika TV Anda dirilis pada tahun 2003 atau lebih baru, itu mungkin digital. Televisi yang dirilis sebelumnya mungkin tidak digital saat ini.
  2. Tonton buletin TV Anda. Jika Anda masih tidak yakin, Anda juga dapat memeriksa apakah TV Anda memiliki tanda yang mengatakan memiliki tuner digital built-in atau HDTV. Anda juga dapat melihat brosur jika tersedia.
  3. Nyalakan TV Anda dan periksa salurannya. Menggunakan layanan kabel digital, buka salah satu saluran digital yang sesuai. Jika ada suara, tetapi tidak ada gambar, TV Anda tidak kompatibel secara digital. Jika demikian, tidak diragukan lagi bahwa TV Digital memiliki kualitas yang lebih baik daripada TV Analog. Foto TV digital tetap jernih meskipun layarnya lemah, seperti yang disebutkan di atas tentang keuntungan menggunakan TV digital.

Manfaat TV Digital

Secara umum kelebihan TV digital dibandingkan TV analog antara lain:

  • Resolusi gambar tinggi (poin) untuk bandwidth tertentu
  • Di bawah bandwidth untuk resolusi gambar tertentu
  • Kompatibel dengan komputer dan internet
  • Kerja sama
  • Kualitas suara tinggi
  • Penerimaan penerimaan dalam berbagai bentuk

Itulah enam keunggulan TV digital dibandingkan TV analog, lengkap dengan kemampuannya untuk menentukan apakah televisi Anda bisa menyelenggarakan siaran digital atau tidak. 


Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/04/184529/6-kelebihan-tv-digital-tak-sekadar-gambar-bagus-saja