Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 5 Cara Menghapus Windows

Setelah memperbarui Windows di laptop atau komputer, Anda akan sering menemukan file sistem lama masih ada di hard disk perangkat. Mengapa demikian? Ya, sebenarnya OS Windows lama (sistem lama) masih disimpan karena sering digunakan sebagai langkah pemulihan saat dibutuhkan.

Namun, langkah pemulihannya misalnya jika proses upgrade OS Windows terganggu atau Anda mengalami masalah selama proses upgrade, sistem akan menggunakan file Windows lama saat OS sedang berjalan, menginstal dan menghapus versi OS baru.

Namun, jika Anda telah berhasil mengupgrade OS Windows ke versi terbaru dan merasa nyaman dengan versi tersebut, maka menurut saya file Windows yang lama tidak diperlukan lagi dan sebaiknya dihapus untuk mengosongkan penyimpanan sistem di laptop dan menghindari penggunaan disk 100%. masalah.

Cara menghapus Windows lama

Ya, meskipun bisa digunakan untuk backup sistem, masalahnya file tersebut terkadang membatasi memori perangkat. Pasalnya, file Windows lama terlalu besar sehingga memakan banyak ruang di disk perangkat. Ukurannya sendiri biasanya sekitar 5 GB hingga 30 GB.

Nah, jika Anda merasa file Windows lama sudah tidak diperlukan lagi, silahkan hapus file tersebut dengan cara yang akan saya uraikan di bawah ini.

Menggunakan Pembersihan Disk

Metode penghapusan normal (menggunakan tombol hapus), terkadang tidak berpengaruh pada file Windows lama ini. Jadi, Anda membutuhkan sistem khusus agar Windows lama bisa terhapus secara permanen. Cara lain adalah dengan menggunakan Disk Cleanup.

Disk Cleanup sendiri merupakan komponen Windows yang membantu membersihkan drive, dan tentunya dapat digunakan untuk membersihkan file Windows lama. Ya, untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka File Explorer terlebih dahulu dengan mengklik tombol komponen Windows + E.
  2. Setelah mengakses halaman Explorer, silahkan pilih dan klik kanan harddisk di laptop atau PC Anda dan pilih Barang.
  3. Selanjutnya, di jendela baru yang muncul, silakan pilih Membersihkan Disk yang dalam kasus Jenderal.Tunggu proses instalasi, setelah itu silahkan klik Sistem Sistem Bersih.
  4. Jika sudah, langkah selanjutnya, silakan, centang opsi Sistem operasi Windows sebelumnyalalu tekan Oke.Setelah itu akan muncul notifikasi. Silahkan klik Hapus File.
  5. Langkah selanjutnya, harap konfirmasi penghapusan dengan mengklik Ya.
  6. Setelah itu, proses penghapusan file akan dimulai. Silahkan tunggu sampai selesai.
  7. Waktu penghapusan itu sendiri bervariasi. Terkadang cepat, dan terkadang lebih lama tergantung seberapa besar file Windows Lama.

Prompt Perintah Ka

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file Windows lama di laptop atau PC adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menggunakan perintah khusus untuk menghapus file.

Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Composite Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik cmd lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah, halaman Command Prompt akan terbuka. Silakan masukkan perintah seperti /FC:Windows.old* / R / A lalu tekan Memasuki.Setelah file Windows lama berhasil diakses, silahkan masukkan perintah cacls C: Windows.old *.* / T / grant administrator: F dan penghinaan Memasuki lagi.
  4. Kemudian akan muncul pesan konfirmasi, silahkan ketik kamu ebe Memasuki juga untuk mengkonfirmasi.
  5. Terakhir, silakan masukkan perintah lagi, yaitu rmdir / S /QC:Windows.old ebe Memasuki.
  6. Setelah itu, tunggu prosesnya sampai selesai, dan restart komputer atau komputer Anda.

Dengan File Sementara

File sementara sebenarnya adalah cara untuk menyimpan berbagai hal, mulai dari cache, cookie, history, DNS, file Windows lama, dan sebagainya. Terkait, proses menghapus Windows lama dengan Temporary Files adalah metode yang direkomendasikan oleh Microsoft.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan terlebih dahulu dengan menekan tombol Komposit Windows + saya atau dengan masuk ke menu Start.
  2. Setelah halaman Pengaturan terbuka, silakan, buka Pengelolaan.Kemudian akan terbuka menu System, silahkan klik tab Storage di sebelah kiri.
  3. Setelah itu akan muncul deskripsi penyimpanan administratif yang digunakan beserta daftar kategorinya. Nah, di bagian ini silahkan klik Berkas sementara.
  4. Kemudian di jendela Hapus File Sementara, centang kotak Versi Windows sebelumnya.
  5. Setelah itu silahkan klik Hapus file di atas opsi itu.Proses uninstall Windows yang lama akan dimulai dan harap tunggu sampai selesai.

Melalui Sense Penyimpanan

Namun mengenai pengaturan Windows, ada cara lain untuk menghapus Windows lama secara permanen, yaitu Storage Sense. Komponen Storage Sense ini sering digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan, menghapus cache, menghapus konten Recycle Bin, dan menghapus Windows lama (Windows lama).

Oke, hapus Windows lama dengan Storage Sense sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Pengaturan Jendela dulu.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Pengelolaan ada di halaman pengaturan.Kemudian tekan tombol Penyimpanan terletak di sisi kiri menu Sistem.
  3. Selanjutnya silahkan install Storage Sense dengan menekan tombol Off Ini terbuka.
  4. Setelah itu, silahkan klik pada pilihan Ubah cara kami mengosongkan ruang itu sendiri di bawah sakelar Storage Sense.
  5. Jika sudah, maka Anda akan dibawa ke halaman pengaturan Storage Sense. Silakan centang / klik opsi Hapus versi Windows sebelumnya yang ada di area Free up sekarang.Jika demikian, silakan klik Bersihkan sekarang untuk menghapus file Windows lama.

Storage Sense juga memiliki situs gratis sekarang yang dapat membersihkan Windows lama dan cache sistem di dalamnya. Untuk itu saya sarankan Anda memasukkan langkah ini:

  1. Pada program Storage sebelumnya, izinkan Storage Sense seperti di atas.
  2. Klik pada opsi Rilis situsnya sekarang pada halaman Storage Sense.
  3. Jika sudah, maka Anda akan dibawa ke halaman Temporary Files. Silakan lihat kolom Pengenalan Windows Sebelumnya.
  4. Selanjutnya silahkan hapus opsi default karena kami hanya ingin menghapus Windows lama dan cache di dalamnya.
  5. Terakhir, klik Opsi Hapus file lalu tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Menggunakan CCleaner

Bagi pengguna Windows, cara di atas adalah cara paling umum untuk menghapus file Windows lama. Untuk membersihkan Windows lama dengan sendirinya dengan beberapa hasil, Anda dapat menggunakan alat CCleaner.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama-tama silahkan uninstall terlebih dahulu tool CCleaner. Gunakan tes atau formulir gratis sudah cukup.Setelah selesai mengunduh, silakan instal CCleaner sebagai instalasi umum.
  2. Jika demikian, silakan navigasikan perangkat dan buka menu Kebiasaan Murni.
  3. Selanjutnya, silakan lihat opsi Jendela lama atau Memasang Windows Lama di halaman itu.Setelah itu, klik Pembersih Matha untuk melanjutkan.
  4. Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan peringatan yang muncul, klik saja Melanjutkan untuk mempromosikan proses pembatalan.
  5. Tunggu sampai selesai.