Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vital Information Management System VIMS

 

kelasmekanik

    VIMS atau Vital Information Management System adalah suatu sistem pengelolaan informasi-informasi vital yang terdapat pada machine saat beroperasi. Sistem ini akan memantau kondisi sistem-sistem pada machine dan memberitahu operator apabila terdapat kerusakan/ketidaknormalan pada sistem-sistem tersebut. Selain memberitahu operator, VIMS juga mencatat data-data kondisi machine saat bekerja untuk kemudian digunakan sebagai bahan analisa bila terjadi kerusakan pada sistemsistem tersebut. VIMS dapat pula digunakan untuk menampilkan nilai parameter dari suhu, tekanan, kecepatan dan posisi suatu sistem.

    Setiap Electronic Control memerlukan sejumlah peralatan input untuk mengumpulkan informasi yang akan dikirimkan ke Controller untuk diolah/diproses datanya. Controller akan memproses semua masukan informasi dan mengirimkan sinyal electronis yang sesuai ke berbagai peralatan output seperti solenoid, lampu indicator, alarm, dan lain-lain. Mekanik hanya perlu untuk dapat mengidentifikasi berbagai jenis Controller yang digunakan pada Caterpillar machine. Kebanyakan Controller dibuat sedemikian rupa sehingga tidak diperlukan akses ke internal electronic component-nya. Mekanik perlu memahami berbagai jenis peralatan input dan output sebagai bekal untuk dapat melakukan diagnosa pada sistem elektronis.

Input Component

a. Switch
VIMS menggunakan beberapa jenis switch untuk memantau kondisi machine. Semuanya memiliki fungsi yang mirip dan disebut sebagai perlengkapan yang hanya bisa on atau off saja. Komponen ini mengirimkan informasi apakah suatu input terputus atau tersambung dengan electronic control.

b. Sender
VIMS tidak menggunakan input jenis ini.

c. Sensor
Sensors digunakan untuk mengukur parameter fisik seperti kecepatan, suhu, tekanan dan posisi. Electronic sensor mengubah parameter fisik menjadi sinyal elektronis. Sinyal elektronis bersifat proporsional terhadap parameter fisik.

Output Component

Peralatan output digunakan untuk memberitahu operator mengenai status sistem pada machine.
Peralatan output pada VIMS antara lain :
- Display module
- Action Lamp dan Alarm
- Speedometer
- Tachometer
- Payload Lamp
- Gear Position Indicator
- Solenoid, dan lain-lain.


Tombol pada VIMS

vims

Tombol OK
Tombol ini digunakan untuk menyelesaikan suatu instruksi pada VIMS dan juga untuk mengakui (acknowledge) suatu event. Dengan menekan tombol ini, event yang muncul akan menghilang sementara dari layar/display. Event yang kritis tidak akan dapat di-acknowledge.

Tombol F1
Bila tombol ini ditekan maka akan muncul informasi tambahan dari event yang sedang tampil di display. Untuk maintenance (system) events, MID, CID, dan FMI akan ditampilkan. Untuk data (machine), maka nilai parameter terkini akan ditampilkan (suhu, tekanan, rpm).

Tombol F2 dan F3
Saat ini tombol ini belum digunakan

Tombol Gauge
Digunakan untuk menampilkan nilai parameter sensor pada universal gauge dan display. Tekan tombol panah untuk menampilkan semua parameter. Untuk menampilkan nilai parameter tertentu, tekanlah nomor parameter diikuti dengan tombol ini.

Tombol Angka
Tombol-tombol angka digunakan untuk memasukan informasi numeris, misalnya nomor parameter, kode service program dan merespon permintaan VIMS

Tombol Panah Kiri
Digunakan untuk menampilkan parameter dengan urutan mundur.

Tombol Panah Kanan
Digunakan untuk menampilkan parameter dengan urutan maju.

Tombol ID
Digunakan oleh operator untuk memasukan nomor ID-nya. Nomor ini disimpan dengan semua informasi event yang mungkin muncul saat operator tersebut mengoperasikan machine sampai nomor ID lain dimasukan lagi (pergantian operator).

Indikator Merah
Terletak disebelah atas tombol OK, indicator ini akan menyala setiap kali ada tombol yang ditekan.

Indikator Data Logger
Empat buah indicator terletak di pojok kanan atas pada modul message center. Indikator ini akan menyala berurutan bila Data Logger-nya diaktifkan untuk merekam informasi dari sensor-sensor yang terdapat pada machine.

SERVICE PROGRAM

CODE NUMBER

 SERVICE OPERATION

PAYCONF

7292663

CONFIGUR PAYLOD MONITOR (REQ.VIMS PC CONNECTION)

PAYCAL

729225

CALIBRATE PAYLOD MONITOR

TOT

868

SHOW PAYLOAD CYCLE RESETTABLE TOTALS

RESET

73738

RESET DISPLAY DATA

SVCLIT

782548

RESET SERVICE LIGHT

SVCSET

782738

SERVICE LIGHT SET

TEST

8378

SELF TEST INSTRUMENT

MSTAT

67828

SHOW MACHINE STATISTIC (SOURCE&CONFIG FILES)

LUBSET

582738

 SET LUBE CYCLE TIMES

LUBMAN

582626

 MANUAL LUBE

EACK

3225

SHOW ACKNOWLEDGED EVENTS (ACTIVE)

ESTAT

37828

SHOW EVENT STATISTIC

ELIST

35478

SHOW EVENT LIST (INTERMITTENT)

EREC

3732

START EVENT RECORDER

ERSET

37738

 CONFIGURE 1 EVENT RECORDER (REQ.VIMS PC CONNECTION)

DLOG

3564

START / STOP DATA LOGGER

DLRES

35737

RESET DATA LOGGER

LA

52

CHANGE LANGUAGE

UN

86

CHANGE UNITS)

ODO

636

ODOMETER SET/RESET (REQ.VIMS PC CONNECTION)

BLT

258

CHANGE BACKLIGHT

CON

266

CHANGE DISPLAY CONTRAST

ATTACH

288224

CHANGE FUEL TANK SETTING