Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Create Simple Dashboard (membuat dashboard excel) cepat dan menarik

 

kelas mekanik

Create Simple Dashboard (membuat dashboard excel) cepat dan menarik

Dalam dunia kerja saat ini kita lebih dituntut untuk mengusai sistem computerisasi,

salah satu aplikasi yang paling umum digunakan adalah Wondows, Excel.

Mungkin pelajaran tentang excel ini sudah mulai diajarkan di bangku sekolah atau bahkan kuliah, namun masih banyak yang mungkin baru merasakan kesulitan pada saat terjun di dunia kerja, meski sebenarnya sudah pernah diajarkan di sekolah/kuliah.

Hal ini bisa jadi dikarenakan pada saat belajar di sekolah atau kuliah kurang fokus atau kurang minat dan bakat kita untuk mempelajari lebih detail.

Item yang bisa dibilang penting serta bisa menunjang kebutuhan pada laporan kerja kita adalah pembuatan dashboard atau bisa diblilang summary atau ringkasan tentang laporan yang akan disuguhkan. Dashboard ini biasanya dibawakan pada saat meeting atau pada saat review performa, karena tampilannya yang ringkas dan simple, akan tetapi dapat membaca semua laporan yang diperlukan.

Diperlukan kemampuan dalam mengolah excel untuk pembuatan dashboard, agar data atau ringkasan dari laporan yang disampikan bisa terbaca dengan baik dan ukurat tidak ada yang salah. Karena kemungknan faktor kesalahan dalam membuat summary sangatlah tinggi, terutama saat ada pembaruan atau update data yang terbaru dan belum terupdate di summary atau dashboard.

Begitu pula dengan tampilan dashboard, harus disesuaikan mana data yang harus ditampilkan dan mana data yang harus disembunyikan, tidak lepas pula dari review atau kehendak user atau biasanya para pimpinan agar lebih frendly atau mudah untuk dipahami.

Berkiut kami berikan tutorial pembuat dashboard yang paling sederhana, akan tetapi memiliki fitur yang bisa dibilang cukup baik untuk penyajian dan filterisasi data.

SILAHKAN DISIMAK VIDEO DIBAWAH :





Jika telah menyimak Video step by step pembuatan dashboard sederhana daiatas, maka bisa langsung dicoba dan diaplikasikan. Untuk fitur filtering bisa disesuaikan dengan item yang diperlukan, begitu juga warna tampilan ataupun model tampilan bisa disesuaikan dengan selera atau keinginan User yang bersangkutan.


Demikian tutorial sederhana untuk pembuatan dashboard report pada excel, adapun jika ingin mengembangkan lebih lanjut bisa dipelajari pada tutorial-tutorial excel berikutnya, semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan.





Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news