Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Cara Cepat Tidur yang Sederhana

 

tidur


Kebutuhan normal untuk tidur dapat dikelompokkan bedasarkan usia,
misalnya sebagai berikut :


Bayi atau lima tahun : 16 sampai 18 jam per hari
Anak kecil sebelum SD : 11 sampai 12 jam dalam 1 hari
Anak setingkat Sekolah Dasar :  10 jam perhari
Tingkat Remaja : 9 sampai 10 jam perhari
Orang Dewasa dan lanjut usia: 7 sampai 8 jam sehari


Tidur memanglah sangat diperlukan dalam kehidupan, dengan manfaat yang diperoleh dalam tidur diantaranya adalah sebagai berikut :

Meningkatkan daya tahan tubuh

Selama tidur, sistem kekebalan mengeluarkan zat yang disebut sitokin. Zat  ini memiliki dampak anti-inflamasi pada sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat penting dalam memerangi peradangan dan infeksi. Jika Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda mungkin tidak membuat cukup sitokin untuk membuat Anda tetap sehat. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan jumlah zat inflamasi dalam tubuh, penyakit ini mirip dengan asma atau alergi.

Meningkatkan suasana hati

Beristirahat saat dibutuhkan dapat membantu Anda merasa lebih segar dan bahagia. Plus, tidur yang cukup meningkatkan vitalitas, sehingga Anda merasa segar kembali saat bangun keesokan paginya. Anda tidak akan mudah terganggu oleh detail-detail kecil dalam situasi seperti ini. Anda akan senang tentang hal itu dan Anda akan mengirimkan energi positif dalam aktivitas Anda. Ini, tentu saja, tidak hanya memengaruhi Anda, tetapi juga semua orang di sekitar Anda.

Meningkatkan ingatan

Tidur selama tujuh hingga delapan jam membuat Anda melewati  dua fase tidur, tidur rem dan tidur gelombang lambat, yang dapat memicu proses memori dan berpikir kreatif. Jika dilakukan setelah belajar dapat membantu meningkatkan daya ingat. Akibatnya, jika ini tidak cukup, akan mudah bagi Anda untuk melupakan apa yang telah Anda lalui di masa lalu. Selama ini, orang yang kurang tidur akan mengalami hal-hal tertentu yang dapat mengganggu daya ingat.

Baca juga : Tips Interview - Terutama saat Online

Inilah 13 Cara cepat tidur yang mudah dilakukan

1. Membuat jam tidur konsisten

Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam yang menentukan siap atau tidaknya tubuh untuk tidur. Jam tubuh, yang melepaskan hormon untuk mendorong tidur atau terjaga, memiliki dampak besar pada ritme sirkadian. Tidur pada waktu yang sama setiap malam dapat membantu jam tubuh Anda memprediksi kapan harus tidur.

2. Mandi dengan menggunakan air hangat

Berendam atau mandi dengan menggunakan air hangat ternyata mampu membantu menenangkan pikiran dan dapat mempersiapkan tubuh lebih rileks untuk tidur

3. Menjaga Stabililitas suhu ruangan

Salah atu cara untuk membantu agar lebih cepat ridur adalah dengan menjaga kondisi suhu ruangan agar tetap stabil tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ternyata cara ini juga dapet membuat tidur lebih pulas dan lebih nyenyak

4. Perhatikan konsumsi makanan

Saat mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau lemak, sama pentingnya untuk memikirkan cara tidur. Tidak disarankan untuk makan makanan terlalu dekat dengan waktu tidur. Karena proses pencernaan bisa memakan waktu setidaknya 2-3 jam. Tidur menjadi lebih sulit karena ini. Kemudian, jika Anda segera tidur setelah makan, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan atau mual, yang memperlambat pencernaan makanan.

5. Melakukan olah raga rutin

Olahraga juga dikenal dapat meningkatkan kualitas tidur karena merangsang sintesis hormon serotonin sekaligus menurunkan hormon kortisol, menjadikannya metode cepat untuk tertidur di malam hari.

6. Memberikan Aroma terapi

Aroma terapi dapat membuat badan atau tubuh lebih fresh kembali. Beberapa aroma terapi bahkan dapat membuat pikiran kita lebih tenang dan lebih rileks. Silahkan pilih aroma terapi sebagai pengharum ruangan yang sesuai dengan selera dan kesukaan Anda.

7. Buat suasana gela saat tidur

Cara cepat tidur yang selanjutnya dalah membuat suasana kamar menjadi lebih gelap, cara yang paling mudah yaitu dengan mematikan lampu saat menjelang tidur. Sehingga Susana dalam kamar akan terasa lebih hening dan mudah untuk tidur

8. Membaca Buku 

Trik membaca buku ini juga dibilang cara tidur yang paling sederhana dan mudah dilakukan, akan tetapi teap ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membaca nuku sebelum tidur. Diantara hal yang harus diperhatikan tersebut antara lain: jangan membaca sambil tidur, pencahayaan pada buku bacaan, pilih buku bacaan yang tidak membosankan.

9. Kurangi menkonsumsi kafein

Mengkonsumsi kafein memang dapat dipercaya untuk bisa membuat tubuh lebih fresh dan bugar, akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi kandungan kafein sebelum tidur, akan membuat kita sulit untuk tidur. Untuk itu bisa menghindari mengkonsumsi kafein jika kita hendak berniat untuk tidur dan memulihkan stamina.

10. Melatih pernafasan

Mempraktikkan cara pernapasan tertentu dapat membuat seseorang melepas stres dan menhindari pikiran  cemas. 

Salah satu cara agar ngantuk lebih cepat dengan menggunakan metode bernapas ‘’’4-7-8’’’. 

Caranya adalah : pertama adalah berbaring dalam posisi yang nyaman di tempat tidur. Kemudian, sambil menghitung dari satu hingga empat, tutup bibir Anda dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Kemudian, sambil menghitung dari satu sampai tujuh, tahan napas Anda. Kemudian, hembuskan napas dengan lembut melalui bibir Anda sambil menghitung dari satu hingga delapan.

11. Hindari melihat jam

Bagi sesorang yang memiliki gangguna tidur, melihat jam berkali kali dapat menjadi hal yang menakutkan, maka dari itu sebisa mungkin hindari melihat jam saat hendak tidur.

12. Berfikir hal yang menyenangkan

Beberapa orang yang sulit tidur atau menderita insomnia ternyata dapat tidur dengan terapi memikirkan hal-hal yang menyengkan. Nah Anda bisa menggunakan cara ini jika suatu saat susah untuk tidur.

13. Berhitung

Cara yang terakhir bisa dibilang cara yang kuno atau jadul, akan tetapi cara ini masih layak dicoba sat cara tersebut diatas sudah dilakukan dan anda masih belum juga bisa tidur. Anda bisa mulai berhitung mundur dari bilangan 100 sampai 0, dan semoga anda bisa tertidur sebelum hitungan 0.

Demikian beberapa tips dan cara agar cepat tidur, semoga bisa bermanfaat.




Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news