Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WOW.... Inspirasi Kisah Sukses dari Bawah

kelasmekanik


Inspirasi Kisah Sukses

    Akhir-akhir ini banyak orang yang mulai lebih melirik dunia bisnis daripada menjadi karyawan

sebuah perusahaan. Keberhasilan finansial yang dapat diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong masyarakat untuk memilih memulai usaha sendiri.
Banyak kisah sukses para wirausahawan yang memulai dari nol dan harus melalui jalan yang panjang dan berliku sebelum akhirnya mencapai kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin mencoba dunia wirausaha.
    Di sini Anda bisa menyimak kisah sukses beberapa pengusaha dari negara skala menengah hingga besar, tua dan muda, yang rata-rata memulai dari bawah dan semuanya sulit sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.
    Banyak yang berpikir bahwa menjadi wirausahawan adalah jalur karir yang sangat mudah dan nyaman untuk diikuti. Padahal, sisi yang mereka lihat dari para pengusaha ini hanya dari sudut pandang kesuksesan.
    Beberapa waktu lalu, sebuah penelitian menjadi viral yang menyatakan bahwa miliarder baru hanya dapat diciptakan dari orang-orang yang memiliki hak istimewa dan berasal dari kelompok itu juga. Publik kemudian menanggapi hasil penelitian ini dengan pesimisme yang memungkinkan Anda bekerja keras setiap hari tetapi tetap tidak mungkin menjadi orang kaya. Paling tidak, penghasilan Anda hanya cukup untuk membeli kebutuhan hidup dan beberapa kemewahan.
Sedangkan untuk menjadi orang yang bergelimang uang, sepertinya Anda tidak akan bisa melakukannya tanpa memiliki banyak uang. Hal ini pun membuat kisah sejumlah nama yang merintis bisnis dan bisa menjadi pengusaha sukses seolah-olah hanya bohong belaka. Untuk mencapai hal tersebut, konon perlu perlakuan khusus, baik dari segi teman, ketersediaan modal, maupun peluang yang bisa didapat.
    Sedikit yang memahami bahwa perjalanan yang ditempuh oleh para pebisnis sangatlah sulit. Tidak sedikit dari mereka yang bahkan harus memulai dari awal. Berikut ini adalah beberapa kisah sukses pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol.

1. Bob Sadino 

Lahir di Lampung pada 9 Maret 1939, Bob Sadino atau yang bernama lengkap Bambang Mustari Sadino adalah salah satu pengusaha sukses yang paling terkenal di Indonesia.
Bisnis pertama yang dia mulai adalah bisnis rental mobil, mengendarai Mercedes miliknya sendiri. Ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar harian. Saat bekerja sebagai kuli, ia melihat peluang bisnis lain, yaitu bisnis ayam dan telur. Dengan modal yang dipinjam dari tetangganya, Bob akhirnya mulai menjalankan usahanya. Awalnya, Bob menawarkan produknya dari rumah ke rumah di kawasan sekitar tempat tinggalnya, khususnya kepada para ekspatriat, di Kemang, Jakarta Selatan.
Bisnis telurnya akhirnya membuahkan hasil, bisnisnya sukses, dan dia juga mendirikan Kem-Chicks, supermarket populer yang menjual berbagai jenis produk pertanian dan peternakan.

2. Ciputra

Pebisnin Tjie Tjin Hoan tidak didasarkan pada hubungan keluarga yang kaya raya. Ketika dia berusia 12 tahun, aktivis anti-Jepang memenjarakan ayahnya karena diduga bagian dari penjajah. Sayangnya, ayahnya meninggal saat berada di penjara.
Kondisi kehidupan yang tidak menguntungkan ini tidak menghalangi Ciputra untuk mengejar mimpinya. Ia mampu menyelesaikan pendidikan tingginya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Arsitektur.
Setelah lulus, ia dan beberapa rekannya mendirikan perusahaan bernama PT. Daya Cipta didedikasikan untuk dunia konsultan arsitektur.
Ciputra dan rekan-rekannya pindah ke Jakarta dengan harapan mendapat proyek besar dari Pemprov DKI. Kerja keras mengantarkan Ciputra menuju kesuksesan.
Pemerintah DKI Jakarta akhirnya mengandalkan jasanya untuk mengerjakan berbagai proyek seperti pembangunan pusat perbelanjaan yaitu Taman Impian Jaya Ancol dan kota mandiri Bintaro Jaya.

3. Oprah Winfrey

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Oprah Winfr, seorang selebriti dan presenter terkenal di Amerika Serikat. Siapa sangka ia lahir dalam keluarga yang kurang mampu di Mississippi. Meski terlahir di keluarga yang demikian, hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus maju dalam dunia pendidikan.
Oprah menerima beasiswa ke Tennessee State University dan, pada usia 19 tahun, ia menjadi jurnalis televisi Afrika-Amerika pertama di negara bagian itu. Winfrey melakukan perjalanan ke Chicago pada tahun 1983 untuk mengerjakan acara bincang-bincang AM yang akhirnya dikenal sebagai The Oprah Winfrey Show dan meluncurkan karirnya. Dia dinobatkan sebagai pembawa acara utama di Amerika Serikat.

4. Michael Dell

Pengusaha ini adalah pencipta Dell, sebuah perusahaan komputer. Anda pasti pernah mendengar merek unik yang satu ini, bukan?
Sebelum menjadi pengusaha sukses, pria 54 tahun ini bekerja sebagai pencuci piring di sebuah restoran Cina.
Setelah menjadi pencuci piring, ia juga bekerja sebagai inspektur pelanggan baru untuk Houston Post. Namun, Michael sangat ingin mendirikan perusahaan komputer karena begitu berkecimpung di dunia teknologi.
Dia akhirnya bekerja keras dengan tekad besar untuk mendapatkan pendanaan awal untuk konsep bisnis yang ingin dia luncurkan. Dia akhirnya mendapatkan beberapa peralatan komputer yang dia butuhkan untuk membangun model komputer pertamanya setelah mendapatkan dana.
Selain masalah uang, Michael menghadapi keinginan orang tuanya yang menginginkan dia menjadi ahli narkoba.
Dengan penjelasan yang baik, orang tua Michael akhirnya menyetujui pilihan kariernya. Jadi sekarang, bisnis yang dia mulai sudah sangat besar.

5. Hamzah Izzulhaq

Pemuda kelahiran 1993 ini telah menjadi pengusaha muda yang sukses. Ia dikenal memiliki bakat bisnis sejak kecil, seperti berjualan kelereng, petasan, dan koran. Ia juga pernah bekerja sebagai tukang parkir dan tukang ojek.
Saat menghadiri seminar bisnis mahasiswa ketika masih duduk di bangku SMA, seorang pemuda yang juga masih muda namun sudah memiliki bimbingan belajar di 44 cabang menawarkan kepada Hamzah bisnis waralaba bimbingan belajar.
Dia mendapat cabang yang menawarkan untuk membelinya seharga 175 juta rupee dengan modal 5 juta rupee dan pinjaman 70 juta rupee dari ayahnya. Sisa Rs 100 juta dibayarkan dalam pembayaran pendapatan setengah tahunan.
Usahanya semakin berkembang, dan kini Hamzah sudah memiliki 3 lisensi franchise bimbingan belajar dengan lebih dari 200 mahasiswa per semester. Sejak akhir tahun 2011, usaha Hamzah resmi berdiri dengan nama CV Hamasa Indonesia. Pria berusia 22 tahun ini adalah direktur utama.

6. Steve Jobs

Nama ini mungkin sudah sangat familiar bagi Anda yang mengenal atau menggunakan perangkat iPhone. Namun, kesuksesannya tidak dimulai dengan mudah.
Steve adalah anak angkat Paul dan Clara Jobs, dan mungkin dulunya adalah pasangan yang kurang beruntung.
Bahkan dalam pendidikannya, Steve tidak pernah menyelesaikan studinya di Reed College di Oregon. Ia pun harus melakukan berbagai hal untuk bertahan hidup, seperti tidur di lantai kamar teman, menjual botol bekas, bahkan makan gratis dari vihara.
Meski kondisi Steve sangat menyedihkan, tidak menjadi penghalang baginya untuk memulai bisnis gadgetnya.
Akhirnya, pada tahun 1976 Steve Jobs bersama rekan dan temannya Steve Wozniak memulai bisnis bernama Apple. Kini, kekayaan bersih bisnis yang dibangun dari garasi belakang rumah Steve itu sudah sangat menggiurkan.

7. Azhar bin Ibrahim

Pria bernama Azhar bin Ibrahim adalah penyandang tunanetra atau berkebutuhan khusus dari Malaysia.
Berkat ketekunannya, ia berhasil membangun bengkel sepeda motor. Berkat kesuksesannya, Azhar bin Ibrahim pun menarik perhatian. Banyak orang yang penasaran dengan sosoknya dan memadati bengkel Azhar Motosikal yang terletak di Kampung Batu Enam, Jalan Tanjung Tualang, Perak, Malaysia.
Azhar yang berkebutuhan khusus atau penyandang gangguan aktivitas ini merupakan anak kelima dari enam bersaudara dalam keluarga sederhana. Meskipun dia buta, ibunya mengajarinya untuk mandiri sejak usia sangat muda.
Hal inilah yang membuat Azhar bin Ibrahim selalu bersemangat menjalani kehidupan sebagai manusia normal. Kemudian Tuhan menunjukkan kekuatannya, Azhar tidak bisa melihat, tetapi dia diberi lebih banyak pendengaran.

Itulah beberapa kisah sukses dalam berusaha dan berkarir, semoga kisah sukses tersebut dapt menginspirasi kita agar selalu berusaha dan pantang menyerah serta jangan lupa untuk tetap berdoa.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news