Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil oleng di jalan dan cara tepat mengatasinya

Kelasmekanik.com – Mobil yang bergetar saat berjalan pasti mengganggu ketenangan pengendara dan penumpang. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami goncangan ketika mobil yang Anda kendarai tiba-tiba bergetar selama perjalanan. Penyebab getaran mobil harus diketahui oleh pengemudi mobil untuk menghindari getaran yang tidak diharapkan dan guncangan yang berpotensi membahayakan saat berkendara di jalan raya.

Banyak pengendara mobil mengalami hal ini saat sedang dalam perjalanan, yang menyebabkan pengendara mobil tiba-tiba menghentikan mobilnya dan mengganggu arus lalu lintas. Bagi Anda yang baru berkendara, sangat penting untuk memiliki informasi lebih lanjut tentang memiliki mobil yang bergetar saat bepergian.

Inilah beberapa di antaranya Apa yang menyebabkan mobil bergetar saat dikendarai? Dan tips cara mengatasinya. Semoga informasi dan tips ini bermanfaat untuk semua driver, bukan hanya untuk driver baru ya.

Penyebab mobil oleng di jalan

Mobil bergetar.

Merasakan getaran yang tiba-tiba saat mobil sedang melaju dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara dan ketakutan akan merugikan diri sendiri atau orang lain. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya, antara lain:

1. Kualitas ban

Salah satu penyebab mobil bergetar di jalan adalah kualitas bannya. Sebelum bepergian, perhatikan kondisi ban. Ban yang terlalu banyak benturan dapat menimbulkan getaran selama berkendara. Tidak hanya itu, ban yang rusak dan perlu diganti juga bisa menyebabkan mobil selip saat melakukan pengereman meski dalam kecepatan rendah.

2. Kondisi ban yang langka

Seperti yang diketahui banyak pengemudi, roda adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Perhatikan performa ban mobil dengan cara mengeceknya secara rutin. Ban yang rusak dapat menyebabkan mobil tiba-tiba bergoyang dan menyebabkan mobil kehilangan keseimbangan saat melaju, yang membahayakan nyawa pengemudi dan orang lain.

3. Gandar

Penambahan adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah mobil dan perlu diperhatikan. Lakukan servis rutin untuk mendeteksi adanya kerusakan pada gardan agar mobil tidak bergetar saat berjalan.

Baca juga: Penyebab mobil mogok dan cara tepat mengatasinya

4. Mesin rusak

Hal lain yang dapat menyebabkan mobil bergetar saat di jalan raya adalah kerusakan pada mesin. Meski kerusakan mesin dapat dengan mudah dideteksi, pemeriksaan performa mesin secara rutin akan membantu menghindari mobil goyang saat di jalan. Terjadinya fan belt yang keras dan retak bisa membuat mobil mogok dan menyulitkan untuk dijalankan. Selain itu, pengisian bahan bakar yang terlambat akan menyebabkan mobil cepat rusak dan menurunkan kualitas kerjanya.

5. Penutup kopling

Hal lain yang menyebabkan mobil bergetar di jalan raya adalah penutup kopling. Bantalan kopling yang aus atau aus dapat menyebabkan mobil bergetar. Selalu periksa kualitas penutup kopling mobil Anda dan lakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari getaran yang tidak diinginkan saat berkendara.

Selain cover kopling, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah flywheel. Ketidakseimbangan pada flywheel menyebabkan getaran yang sulit dihilangkan. Bengkel resmi telah menyediakan alat modern yang disebut dial gauge untuk melakukan smoothing pada flywheel.

Cara mengatasi mobil goyang di jalan

Setelah mencari tahu Apa yang menyebabkan mobil bergetar saat dikendarai?Saatnya mempelajari cara mengatasi mobil yang oleng di jalan raya agar tidak menimbulkan goncangan yang serius dan menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

1. Cek kondisi mobil

Selalu periksa kondisi mobil saat Anda melakukan perjalanan. Salah satu cara mudah untuk mengetes mesin mobil adalah dengan membuka busi dan menyambungkannya ke bagian logam mobil. Jika nyala api yang dihasilkan lilin tersebut memberikan warna biru, maka kualitas lilin tersebut sangat baik. Namun jika warna nyala api sudah merah atau kuning maka lilin tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi, maka sebaiknya diganti dan diperbaiki.

Baca juga: Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar dan Bagaimana Cara Mengatasinya!

2. Karburator penting

Hal lain untuk mengatasi mobil yang bergetar saat dikendarai adalah dengan memeriksa karburator. Karburator yang rusak tentunya akan menimbulkan getaran pada mobil. Segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan karburator baru yang cocok untuk diservis.

3. Instalasi mesin

Engine mounting merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menghindari getaran pada mobil. Hal yang paling berbahaya adalah saat ban dan dudukan mesin bergetar saat mobil sedang berjalan.

Pastikan karet dan baut dudukan mesin aman dan tidak bergetar dengan memeriksa sebelum mengemudi, yaitu hidupkan mesin dan lihat apakah ban dan baut dudukan mesin bergetar saat mesin dihidupkan.

Ada beberapa. Mengapa mobil bergetar saat mengemudi dan bagaimana cara memperbaikinya Kanan. Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, stabilitas saat berkendara menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.