Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkaca dari kejadian Yusuf Mansoor, ini 3 tanda ban mobil bermasalah.

Kelasmekanik.com, Jakarta

iklan

TEMPO CO, Jakarta – Ustaz Yusuf Mansoor mengalami kejadian ban mobil meledak dalam perjalanan menuju Bandung di Jakarta beberapa hari lalu. Menurut pengakuan Yusuf Mansoor di akun media sosial Instagram miliknya, ban mobil pecah di sekitar KM 65 menuju Bandung.

Pecahnya ban mobil disebut karena banyaknya lubang di jalan tol Jakarta menuju Bandung. Atas nama manajemen Jassa Marga, Ketua Tim Komunikasi Perusahaan dan Pengembangan Masyarakat Jassa Marga Lisi Octaviana meminta maaf atas kejadian tersebut.

Selain masalah ban kempes, pengendara harus mewaspadai tanda-tanda lain dari masalah ban mobil. Salah satunya adalah ketidakstabilan ban mobil. Hal ini dijelaskan langsung oleh manajer penjualan nasional PT. Hancock Tire Sales Indonesia Aprianto Uwono.

Menurutnya, pemilik kendaraan roda empat harus melakukan pengecekan dan Menyeimbangkan pada ban mobil. “Menyeimbangkan Itu juga bisa memperpanjang umur ban, menghemat biaya pemilik kendaraan,” katanya dalam sebuah pernyataan. tempo.co.

Ia juga menjelaskan, ada beberapa tanda ban mobil bermasalah. Berikut tiga tanda ban mobil seperti dilansir dari laporan resmi Hancock:

Ban mobil yang berputar sendiri

Tanda pertama yang dirasakan pengemudi adalah stabilitas kemudi. Seorang pengemudi terdengar melintasi jalan lurus dengan kecepatan 50 km/jam, dan roda mobil sering berbelok ke kanan atau ke kiri dengan sendirinya.

Konon ban mobil yang sudah tidak stabil bisa kehilangan sebagian daya cengkeramnya. Sehingga dapat menyebabkan beberapa penampilan Tempatkan saus Itu dapat mengganggu permukaan ban, dan bahkan pada elemen yang ditangguhkan.

Bensin sangat boros

Selain itu, indikator ban mobil bermasalah akan ditampilkan untuk mengetahui apakah mobil Anda mengalami kebocoran atau tidak. Menurut Hancock, ban yang bermasalah bisa menyebabkan mobil tiba-tiba kehabisan bensin.

Hal itu terjadi karena ban mobil kehilangan traksi, sehingga mesin harus mengeluarkan tenaga lebih untuk menggerakkan kendaraan. “Biasanya, mobil mengeluarkan suara melengking saat berakselerasi,” kata Eprie.

Permukaan ban mobil tidak rata

Tanda terakhir adalah tampilan ban mobil yang tidak rata. Keausan yang tidak tepat dikatakan menghasilkan umur ban yang lebih pendek. Hal ini membuat ban mobil tidak dapat beroperasi secara optimal.

Kondisi tersebut, kata Apri, disebabkan tekanan angin yang tidak merata atau keausan pada permukaan ban. “Sehingga ban hanya akan menyebar di satu sisi aspal dan menyebabkan lapisan terkikis,” imbuhnya.

Pilihan Editor: KPK Sudah Mengantongi Nama Penjual Moge, Benarkah Orang Ditjen Pajak?

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news