Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 cara untuk mengalahkan Android yang lambat dan lamban

Penyebab android lemot dan ngelag Hal itu lebih banyak terjadi karena pengguna yang tidak merawat Android dengan baik Mempercepat kinerja smartphone android anda Lambat memang, ada hal yang perlu Anda lakukan agar Android kesayangan Anda kembali seperti baru.

Smartphone Android lama juga dianggap sebagai salah satu penyebab Android lemot Hal ini karena spesifikasi hardware sudah tidak bisa lagi menandingi kompleksitas aplikasi terbaru.

Baca Juga : 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android dan Laptop

Tutorial mengatasi android lemot dan lag

1. Bersihkan ruang penyimpanan/penyimpanan internal

Cara kerja smartphone Android tidak jauh berbeda dengan komputer pribadi, PC atau laptop selalu disarankan untuk digunakan. Berikan setidaknya 20% ruang kosong pada hard disk sistem untuk mempermudah proses kerja komputer.

Disarankan juga untuk tidak mengisi penyimpanan Android Anda dapat melihat contoh yang baik pada gambar di bawah ini:

Cara mengalahkan Android lambat dengan membebaskan ruang penyimpanan
Ruang penyimpanan gratis

Pada gambar di atas, Total penyimpanan ponsel adalah 7,43 GB. Dan ruang yang tersedia selalu tertata rapi Setidaknya tersisa 2 GB.

Lalu bagaimana cara mengosongkan penyimpanan internal Android? Ada banyak cara untuk melakukan ini, termasuk:

  • Cara menghapus cache Buka Pengaturan > Penyimpanan > Ketuk Data Tembolok > Hapus Data Tembolok? tekan OK
  • Uninstall aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan, biasanya aplikasi bawaan. Klik di sini untuk melihat caranya.
  • Hapus jalur pengunduhan file Buka unduhan > Pilih file yang ingin dihapus > Hapus
  • Transfer file pribadi seperti foto dan musik ke microSD

Baca Juga: Tidak Bisa Buka Play Store? Inilah cara memperbaikinya

2. Hapus cache

Cache adalah informasi yang disimpan pada sistem Android, yang digunakan untuk mempercepat proses eksekusi instruksi. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa pertama kali Anda membuka aplikasi, itu lambat, tetapi setelah kedua kali, aplikasi menjadi lebih cepat? Ini adalah cache, sayangnya cache memakan ruang penyimpanan internal, jadi Anda sangat disarankan untuk menghapusnya secara berkala. Cara menghapus cache di android

  • Buka Pengaturan > Penyimpanan > Ketuk Data Tembolok > Hapus Data Tembolok? tekan OK

3. Uninstall aplikasi bawaan yang tidak terpakai

Aplikasi bawaan atau Kembung adalah komoditas. Biasanya diinstal di Android sejak pembelian pertama tetapi tidak pernah digunakan oleh pemiliknya, aplikasi bawaan biasanya diinstal di smartphone yang dibundel dari penyedia layanan seluler. Cara menghapus aplikasi bawaan di smartphone android dengan Menggunakan aplikasi System App Remover.

Cara mengatasi android lemot dengan menghapus aplikasi bawaan
Menghapus aplikasi bawaan

Untuk menggunakan aplikasi dan menghapus aplikasi bawaan, kalian Harus melakukan ROOT. Di perangkat Android Anda.

Baca Juga: 10 Smartphone Paling Dicari Di Google 2015

4. Gunakan peluncur yang lebih ringan

Banyak launcher yang lebih cepat karena proses dan instruksinya lebih sederhana daripada launcher bawaan. saya, saya sendiri Menggunakan peluncur APUS Di semua smartphone Android yang saya gunakan. Selain APUS juga bisa. Gunakan launcher lain yang dipercaya dapat mempermudah dan mempercepat smartphone android anda :

Cara mengatasi android lemot dengan memasang light launcher
Selain APUS, pilihan peluncur ringan

Baca Juga: Oppo Luncurkan Teknologi Full Direct Charge 15 Menit

5. Jangan menjalankan banyak aplikasi

Selain menyebabkan smartphone android cepat panas RAM di Android digunakan untuk Menjalankan tugas atau menjalankan aplikasi di Android, jadi disarankan untuk meminimalkan jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan dengan melihat dulu aplikasi mana yang sedang berjalan.

  • Ketuk Pengaturan> Aplikasi / Aplikasi> Jalankan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Cara mengatasi android lemot dengan mengurangi tugas android
Aplikasi yang berfungsi di Android

Jika Anda tahu aplikasi apa yang berjalan di latar belakang dan Anda tidak membutuhkannya, Anda bisa. Copot pemasangannya atau hentikan prosesnya.

6. Hapus gadget yang tidak perlu

Cara mengatasi android lemot dengan membuang widget yang tidak perlu
Gadget kelebihan beban

Widget terkadang digunakan sebagai shortcut aplikasi atau dapat memperindah tampilan home screen android, namun terlalu banyak widget yang digunakan dan ditampilkan di home screen akan mempengaruhi kinerja android anda. Hapus widget jika tidak diperlukan.

Baca Juga: 10 Smartphone Dengan Kamera 4K 2160p @ 30fps

Jika 6 langkah di atas tidak berhasil untuk mempercepat Android Anda, coba langkah-langkah berikut.

7. Lakukan reset pabrik

Reset pabrik berarti mengembalikan semua pengaturan dan penyesuaian di Android ke default saat Anda membelinya.

  • Cara membuka Pilih Pengaturan > Cadangkan dan setel ulang Pastikan untuk mengaktifkan Cadangkan Data Saya dan kemudian instal Reset data pabrik.

8. Perbarui firmware Android

Pembaruan firmware adalah proses pembaruan sistem operasi yang berjalan pada ponsel cerdas Android. Dengan pembaruan firmware baru, ini berarti pabrikan ponsel cerdas Anda telah memperbarui sistem produk Android. Untuk memperbarui firmware, lakukan hal berikut.

  • membuka Pilih Pengaturan > Tentang Ponsel > Ketuk Pembaruan Sistem

Sebuah pesan akan muncul jika pabrikan ponsel cerdas Anda menawarkan pembaruan baru untuk Android Anda Pembaruan tersedia Lalu tekan Unduh.

Jika pabrikan ponsel cerdas Anda berhenti memperbarui atau tidak memberikan pembaruan bahkan untuk versi sistem Android Anda Anda dapat menggunakan ROM khusus. Seperti yang tertulis di langkah selanjutnya.

9. Gunakan ROM khusus

Custom ROM adalah sistem Android yang dimodifikasi oleh orang atau tim tertentu dengan tujuan memberikan performa terbaik pada smartphone Android dengan pengalaman di dunia Android. Anda dapat menggunakan aplikasi ROM Manager untuk menemukan ROM khusus yang cocok dengan perangkat Android yang Anda gunakan.

Cara mengatasi android lemot dengan install custom rom
Opsi ROM khusus di manajer ROM

Baca Juga: Mengenal Sistem Operasi Smartphone Rival Android, Tizen

10. Ganti smartphone Android

Kalau smartphone kamu masih lemot dan performanya belum juga membaik, mungkin smartphone kamu sudah minta pensiun hehe. Jangan khawatir, ada banyak smartphone murah yang bisa kamu beli dengan spesifikasi hardware yang bagus. Atau Anda dapat melihat beberapa smartphone terbaik di Mobile World Congress:

Itu tadi berbagai penyebab smartphone Android lemot. Jika dihitung, berikut 10 cara meningkatkan performa smartphone Android Anda.

Baca tutorial dan tips tentang metode perbaikan smartphone Android di bagian: Bagaimana cara melakukannya? smartphone Android